Table of Content

    Manajemen Gudang yang Baik dengan Aplikasi POS



    Manajemen gudang, khususnya bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang retail, merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar. Jangan sampai pelanggan yang berkunjung ke tempat usahamu jadi kecewa saat tak menemukan produk yang dicarinya karena salah kelola inventaris. Untuk memastikan ketersediaan barang selalu terjaga, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

    1. Catat setiap barang yang masuk dan keluar

    Meski mungkin kamu sudah punya kesepakatan khusus dan menaruh kepercayaan yang tinggi pada supplier pilihanmu. Usahakan untuk tetap menghitung ulang setiap barang yang masuk ke gudang. Pastikan jumlah barang yang datang sudah sesuai dengan yang dipesan. Catat juga saat barang tersebut keluar, sehingga kamu punya perkiraan kasar kapan perlu memesan kembali produk tersebut untuk persediaan. Jika perlu, pisahkan catatan antara barang yang masuk ke gudang dengan barang yang masuk ke etalase, sehingga penghitunganmu akan lebih rapi lagi.

    2. Periksa data penjualan setiap produk yang kamu pesan

    Sudah wajar jika barang yang satu umumnya lebih cepat terjual dibanding dengan barang yang lain. Untuk itu, kelola inventaris bisnis perlu dilakukan dengan mempertimbangkan siklus jual setiap produk. Jangan sampai kamu justru kehabisan produk yang banyak dicari pelanggan karena kamu memilih untuk menunda restock produk tersebut agar bisa memesannya sekaligus dengan produk lain dalam satu waktu. Data penjualan ini akan sangat membantu jika kamu bermaksud untuk melakukan restock di jadwal yang khusus, misalnya sebulan sekali. Perkirakan berapa banyak produk yang bisa kamu jual dalam waktu sebulan tersebut, sehingga tidak ada produk tertentu yang stoknya menipis dan harus membuatmu melakukan pemesanan ulang di luar jadwal yang sudah kamu tetapkan.

    3. Buat sistem keluar masuk barang yang mempermudah karyawan

    Pengelolaan gudang bukan hanya sekadar memeriksa kembali jumlah barang yang dipesan, tetapi secara fisik juga dapat dioptimalkan dengan menempatkan produk-produk yang laku dijual di bagian depan atau di bagian yang mudah dicapai oleh karyawanmu. Dengan demikian, saat proses kelola inventaris yang ada di etalase pun karyawanmu dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Data penjualan dapat kamu manfaatkan lagi untuk memperkirakan mana produk yang perputarannya cepat dan perlu diletakkan di tempat yang strategis di dalam gudang.

    4. Kelola inventaris dengan aplikasi POS

    Aplikasi POS, atau aplikasi Point of Sales, saat ini tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi untuk membantu kerja karyawan yang berada di meja kasir saja. Sejumlah aplikasi POS berfungsi juga sebagai aplikasi inventory untuk mempermudahmu dalam mengelola inventaris. Dengan fitur yang terintegrasi satu sama lain, kamu dapat lebih mudah melakukan analisis data penjualan untuk menentukan produk terbaik untuk mengisi gudangmu, sekaligus melakukan pencatatan inventaris yang akurat.


    Kamu mungkin ingin mencoba aplikasi majoo yang sudah dirancang sedemikian rupa agar setiap produk yang kamu pesan lancar diproses mulai dari saat produk tersebut tiba di gudang, dipajang di etalase, dan dijual di meja kasir. Dengan manajemen gudang yang baik dan alur bisnis yang lancar ini tentunya pelanggan akan lebih puas dalam bertransaksi dan tertarik untuk melakukan pembelian ulang di lain waktu. Tertarik untuk mencoba?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Memaksimalkan Layanan Food Order Online? Coba Trik Ini!
    Usaha kuliner yang menerapkan order online tidak mudah untuk dikelola. Beberapa cara untuk memaksimalkan food order online ini bisa membantu.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Bisnis UMKM
    Produktivitas‌ ‌adalah‌ ‌hal‌ ‌vital‌ ‌untuk‌ ‌bisnis‌ ‌besar‌ ‌maupun‌ ‌kecil,‌ ‌seperti‌ ‌ UMKM‌.‌ ‌Simak‌ ‌‌cara‌ ‌meningkatkan‌ ‌produktivitas‌ ‌karyawan‌ ‌agar‌ ‌keuntungan‌ ‌juga‌ ‌ meningkat.‌
    Tips n Trick Foto Produk yang Menggugah Selera Pelanggan
    Foto produk yang menarik tentu akan meningkatkan potensi pelanggan dalam melakukan pembelian. Apa saja tips n trick untuk menghasilkannya?