• majoo blog
  • Tips
  • Lima Kiat untuk Memaksimalkan Pemasaran Digital bagi UMKM

Lima Kiat untuk Memaksimalkan Pemasaran Digital bagi UMKM

Pemasaran digital bisa dimaksimalkan bila pelaku UMKM memahami triknya Salah satu cara pemasaran yang sudah cukup dikenal masyarakat saat ini adalah pemasaran digital. Konsep ini sudah diterapkan oleh banyak perusahaan besar maupun bisnis UMKM. Di tengah kondisi pandemi yang sudah berlangsung cukup lama ini, pemasaran digital juga punya pengaruh sendiri dalam mempertahankan berlangsungnya sebuah bisnis baik besar dan kecil. 

 

Pelaku UMKM diharapkan untuk terus mampu beradaptasi dengan segala perkembangan teknologi jika ingin usahanya terus maju dan tidak ikut terpuruk di masa-masa sulit seperti saat ini. Termasuk juga dengan memahami bagaimana menjalankan pemasaran digita yang cocok untuk usahanya. 

 

Berikut ada beberapa hal yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM untuk memaksimalkan pemasaran digital produk dan jasanya: 

1. Digital Branding

Digital branding adalah proses membangun dan membingkai brand kamu secara online, seperti dengan menggunakan website, aplikasi, sosial media, dll. Digital branding adalah cara yang paling masuk akal dalam menyampaikan keunggulan produk kamu di masa seperti ini.

 

2. Buat Konten yang tidak basi

Yang dimaksud konten tidak basi adalah semacam template konten yang bisa meringkas hemat uang dan waktu utama kamu. Kamu dapat menggunakannya untuk promosi kamu berulang-ulang. 

 

3. Menyiapkan semua hal secara online

Jika kamu sudah memutuskan untuk menjalankan pemasaran digital, maka hal lain yang berhubungan dengan itu pastinya juga harus disiapkan. Mulai dari jalur pemesanan produk secara online, pembayaran online yang mudah diakses oleh pembeli, sampai  memilih ekspedisi yang tepat untuk pengiriman produk.

 

Menyiapkan detail urusan pembayaran online juga adalah salah satu cara yang harus diterapkan.

4. Tambahkan konten marketing yang menarik

Pemasaran secara digital tidak melulu menjual barang atau jasa yang dimiliki saja, kamu juga bisa memberikan konten yang menarik untuk membuat pengunjung tertarik untuk datang ke online shop milik kamu. Konten pemasaran ini bisa berupa artikel, video atau gambar yang sesuai dengan usaha dan bisnis yang dijalani.

 

Contohnya, jika kamu menjual produk-produk kecantikan, maka kamu bisa membuat video tentang tutorial makeup atau tips menggunakan produk kecantikan sehari-hari.

 

5. Bergabung dengan marketplace.

Saat ini bukan rahasia lagi jika pemasaran secara digital sudah semakin menjamur. Alasan yang membuat para pelaku UMKM disarankan untuk membuat toko online sendiri di marketplace adalah karena pembayaran yang lebih aman. Karena adanya pihak ketiga yang bertanggung jawab.

 

Dengan bergabung ke marketplace kamu juga berkesempatan untuk bertemu para pembeli baru yang mencari produk yang sesuai dengan deskripsi produk yang kamu miliki. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.