Los Medellin: Peran Penting Data Pelanggan bagi Bisnis


Andi Iqbal sudah berani mengambil #langkahmajoo untuk bisnis kafenya.


Tempat nongkrong yang asyik adalah yang tempatnya menarik, estetik, dan makanannya enak, bukankah begitu? Tidak dapat dipungkiri, akhir-akhir ini ada banyak sekali bermunculan kafe dengan kriteria seperti ini. 


Los Medellin pertama kali hadir pada  pada tahun 2019 dengan mengusung konsep kafe yang dikhususkan bagi para anak muda. Pemiliknya, Andi Iqbal, menyadari bahwa saat ini tempat nongkrong yang sederhana, estetik, nyaman, dan memiliki menu yang enak adalah suatu peluang bisnis yang bagus dan mempunyai prospek yang cerah di masa depan. Salah satu penyebabnya adalah karena kafe dengan konsep seperti ini memang sedang sangat digemari oleh masyarakat. 


Setelah mengetahui peluang tersebut, maka langkah yang perlu diambil setelah mendirikan bisnis adalah mengembangkan dan mempertahankannya. Salah satu hal yang penting dalam mengembangkan bisnis adalah dengan mengikuti tren teknologi yang semakin maju dan juga memahami pelanggan dengan baik. 


Dari segi menu yang ditawarkan, Andi menekankan bahwa saat ini Los Medellin fokus pada menu kopi dan mocktail untuk minuman, dan burger pada makanan. Andi juga yakin dengan harga yang dianggap masih tidak memberatkan pelanggan, bisnisnya akan mampu bertahan. 


Sedangkan dari segi pelayanan dan operasional, Andi berani mengambil #langkahmajoo dengan memakai aplikasi keuangan digital dalam bisnisnya. Andi memilih untuk berlangganan majoo karena fiturnya yang banyak tapi biayanya cukup terjangkau.


Fitur member pada Majoo berguna untuk mengetahui database pelanggan.


Satu fitur dari aplikasi keuangan majoo yang dirasa sangat bermanfaat oleh bisnis kafenya Andi yaitu membership atau keanggotaan. Fitur ini dirasa membawa dampak positif dalam bisnisnya karena berguna untuk mengetahui dan mengobservasi data pelanggan. Pemilik bisnis juga bisa dengan mudah memberikan penawaran promo tertentu pada pelanggan setia Los Medellin. 


Permasalahan klasik dalam mendapatkan data pribadi seorang pelanggan adalah tidak semua orang mau memberikan datanya dengan sukarela. Salah satu cara jitu untuk mendapatkannya adalah dengan adanya program membership. Dari program ini juga bisa ditentukan promosi seperti apa yang akan diambil selanjutnya. Sebagai seorang pebisnis, Andi tampaknya menyadari bahwa perhatian khusus pada pelanggan seperti ini bisa berpengaruh pada perkembangan bisnisnya. Dia paham bahwa keberhasilan sebuah bisnis bukan hanya berasal dari tempat atau produk yang ditawarkan, melainkan juga dari tingkat kepuasan para pelanggannya. 


Fitur dan program keanggotaan ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mencatat  transaksi yang dilakukan oleh masing-masing pelanggan dalam sistem keanggotaan tersebut. Apa saja  produk yang paling sering dan banyak dibeli oleh pelanggan tertentu, akan mudah diketahui dari fitur ini.

Sementara itu, salah satu barista Los Medellin, Poppy Kaila menyatakan bahwa fitur dari majoo yang dianggap sangat berguna bagi karyawan adalah absensi. Fitur absensi ini real time dan dilengkapi dengan live photo yang bisa meminimalisir adanya kecurangan jam kerja. Salah satu keuntungan yang juga didapat dari fitur ini adalah akurasi perhitungan jam kerja karena aplikasi majoo yang selalu tersambung dengan internet. Perhitungan jam kerja yang akurat akan berpengaruh pada gaji karyawan. 


Bukan itu saja, naik turunnya income atau pemasukan kafe bisa diketahui dengan mudah dari aplikasi keuangan digital ini. Pemasukan bisa dicek secara tahunan, bulanan, mingguan, bahkan harian. Dengan begitu, sejauh mana perkembangan bisnis yang dijalankan akan mudah dianalisis. Kemudahan ini tidak akan didapatkan bila pemilik bisnis hanya mengandalkan catatan pemasukan dan pengeluaran manual. 


Mendapatkan banyak kemudahan hanya dari satu aplikasi keuangan, membuat Andi merasa bahwa bisnisnya mampu berkembang lebih jauh lagi. Tidak perlu repot mengurus persoalan operasional yang ada, dia hanya perlu fokus pada pengembangan bisnis dan pelayanan pelanggan. Yang lebih menyenangkan lagi, semuanya bisa didapatkan dengan biaya yang relatif murah dan mampu bersaing dengan aplikasi lainnya. 


Satu hal yang juga membuat Andi merasa tidak salah pilih menggunakan majoo adalah majoo supplies yang penggunaannya mudah, responsif, dan lagi-lagi dengan biaya yang tidak mahal. Apalagi tim majoo mau datang ke lokasi Los Medellin untuk membantu Andi dalam hal ini. 


Pada para pebisnis dan pemilik UMKM lain di luar sana, Andi berpesan agar terus berusaha, terus memutar otak karena pasti masih ada cara untuk bangkit dari keadaan ini. Tentunya juga agar para pebisnis ini tidak pernah takut untuk menentukan dan mengambil #langkahmajoo.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist
Setelah melakukan #langkahmajoo transformasi digital dari kinerja manualnya, kini Citra Florist merasakan makin keuntungan dan kemudahan yang didapat.
Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi
Aplikasi digital ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dalam analisis data. Pemilik usaha Garis Kota sudah membuktikan hal ini.
Hemat Waktu dan Energi dalam Jalankan Bisnis ala Mau Drinks
Berkat aplikasi Majoo, pemilik Mau Drinks dapat lebih hemat waktu serta tenaga dalam menjalankan bisnisnya.
Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.