Manajemen Gudang Yang Efektif Dalam 8 Langkah Mudah

Gudang yang dikelola dengan efektif bisa memberikan perbedaan yang signifikan terhadap produktivitas bisnismu. Dengan memastikan gudangmu terorganisir dengan baik, kamu akan mendapat banyak keuntungan, antara lain:

  • Membantu kamu memaksimalkan ruang penyimpanan secara efektif

  • Menghemat waktu

  • Memastikan kamu bisa mengontrol stok barang dengan baik

  • Mengurangi beban biaya

Semua keuntungan tersebut akan sangat membantu kamu dan dapat dicapai dengan menerapkan beberapa langkah mudah saja. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu terapkan dalam manajemen gudang yang efektif.

Buat Perencanaan Ruang Penyimpanan

Setiap inci dari gudangmu akan membebani kamu biaya: sewa, listrik, dan utilitas lainnya. Begitu juga dengan setiap langkah yang tidak perlu dari staf gudang. Biaya yang akan kamu tanggung memang bukan dalam bentuk uang secara langsung, melainkan waktu.

Dengan merencanakan seluruh ruang secara efektif, kamu bisa membuat rute yang sangat efisien untuk staf dan barang. Artinya, penghematan biaya dan waktu.

Hal ini juga berarti kamu tidak akan mudah kehabisan ruang penyimpanan. Risiko keamanan juga bisa ditekan karena kamu punya ruang yang cukup bagi alat-alat, seperti forklift atau alat pengangkut lainnya, untuk bergerak di area gudang.

Atur Posisi Barang Dengan Baik

Kamu tahu bahwa stok barang tertentu akan lebih sering digunakan dibanding yang lainnya. Buatlah pengaturan lokasi penyimpanan barang dengan mempertimbangkan hal tersebut.

Jangan menyimpan barang yang akan sering dibutuhkan di sudut gudang yang jauh. Untuk barang-barang seperti ini, justru pilihlah lokasi yang aksesnya mudah.

Dengan memprioritaskan barang yang pergerakannya cepat, kamu akan menghemat waktu dalam proses bongkar muat.

Buat Rencana Pengadaan Barang Jangka Panjang

Hampir di semua bisnis, permintaan pasar itu berubah-ubah. Sehingga hampir semua bisnis memiliki permintaan musiman. Buat rencana jangka panjang yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Pada waktu tertentu setiap tahunnya, mungkin permintaan barang akan lebih banyak dibanding waktu lainnya. Tentu jumlah stok barangmu harus menyesuaikan. Perkirakan permintaan pasar berdasarkan tren historis. Dan pastikan jumlah stok optimal pada saat permintaan pasar tinggi.

Mampu Beradaptasi

Kebutuhan bisnis berubah seiring berjalannya waktu. Apa yang berjalan baik untuk bisnismu hari ini, mungkin tidak berlaku lagi di tahun depan. Mengingat hal itu, maka kamu perlu melakukan audit. Evaluasi apakah ada perubahan yang perlu dilakukan untuk membuat manajemen gudang berjalan lebih efektif.

Sesekali, berkonsultasilah pada staf senior. Lihat apakah mereka memiliki saran tentang perbaikan apa yang perlu dilakukan.

Gunakan Bin Location

Secara sederhana, bin location merupakan sistem yang akan membagi gudang ke dalam segmen-segmen dan menunjukkan di mana suatu barang disimpan. Dengan begitu, diharapkan karyawan bisa mengetahui dengan cepat lokasi setiap barang.

Sebuah gudang yang didesain dengan baik, idealnya tata letaknya mudah dipahami. Meskipun kamu belum pernah memasuki gudang tersebut, bin location akan cukup untuk memandu kamu mengetahui lokasi setiap barang.

Contoh penggunaan bin location:

Kamu memiliki empat rak di gudang yang diberi kode A-D. Di mana setiap rak memiliki tiga tahap atau baris, dari bawah ke atas diberi kode nomor 1-3. Dan karena rak tersebut panjang, maka setiap rak memiliki delapan kolom, dari sisi paling kiri hingga kanan diberi kode nomor 1-8.

Maka, jika kamu menyimpan barang pada rak pertama, baris pertama, dan kolom kelima, kodenya menjadi A15. Aplikasinya sendiri akan sangat tergantung dengan kondisi gudang yang kamu miliki.

Gunakan Pelabelan

Gunakanlah label pada setiap barang yang ada di gudang. Label yang jelas akan memudahkan identifikasi barang sebelum dipindahkan atau dikirim.

Pelabelan ini bisa menggunakan nomor SKU (Stock Keeping Unit) atau sistem barcode. Hal ini tergantung pada kebutuhan dan seberapa besar bisnis yang kamu miliki. Apa pun sistem yang kamu gunakan, yang terpenting adalah memastikan label yang digunakan selalu diperbaharui dan tidak ada pengulangan penggunaan kode atau nomor.

Terapkan Cross Docking

Pada dasarnya, cross docking adalah proses membongkar barang dari kendaraan pengangkut dan langsung memuatnya ke dalam kendaraan lain untuk pengiriman, tanpa melalui penyimpanan terlebih dahulu. Ini berarti perputaran cepat untuk bisnismu. Menghemat waktu dan biaya.

Proses ini memang tidak ideal untuk semua situasi, tapi layak diterapkan untuk jenis stok tertentu.

Latih Staf Secara Efektif

Staf yang memahami sistem inventaris gudang akan bekerja dengan lebih efisien. Dengan demikian, kamu bisa memastikan gudangmu akan tetap terorganisir.

Tetapkan Standar Keamaan Dan Keselamatan Kerja

Semakin aman sebuah gudang, maka semakin efisien pula proses kerja di dalamnya. Kamu perlu menerapkan pelatihan rutin bagi karyawan terkait standar keamanan ini. Karyawan yang tahu cara mengoperasikan alat dengan benar dan aman akan membuat operasional gudang terkelola dengan lebih baik dan efisien.

Pastikan pula area yang berbahaya diberi tanda yang jelas. Dan keamanan serta keselamatan kerja harus menjadi prioritas setiap karyawan.

Kini kamu sudah mengetahui langkah mudah dalam mengelola gudang. Selanjutnya, kamu perlu memastikan bahwa stok barang yang kamu miliki juga dikelola dengan baik. Pengelolaan stok atau inventori ini kadang bisa sangat kompleks, tapi kamu tidak perlu khawatir sebab sekarang kamu bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi inventory, seperti majoo. Kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai alasan kenapa kamu perlu memakai aplikasi inventori barang.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Membuat Standar Operasional untuk Admin Online Shop!

Perlu tidak, sih, membuat standar operasional prosedur untuk admin online shop? Tentu perlu, dong! Simak langkah-langkahnya di sini!

Memanfaatkan Analisis Pola Konsumsi dari Data Pelanggan

Mengapa seorang pelaku usaha perlu memahami pola konsumsi yang dimiliki oleh pelanggan-pelanggan bisnisnya? Bagaimana cara mudah untuk melakukannya?

Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram

Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.

Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan

Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Whatsapp