Table of Content

    Alasan Kenapa Kamu Perlu Memakai Aplikasi Inventori Barang

    Kenapa perlu menggunakan teknologi dalam kegiatan bisnis sehari-hari? Jelas bahwa kamu ingin lebih unggul dari pesaing dan lebih siap dalam memenuhi permintaan konsumen.

    Namun tentu ada alasan lain dari penggunaan teknologi, karena kamu ingin menikmati hal lain dalam hidup misalnya. Kamu tidak ingin menghabiskan waktu untuk memasukkan angka dan data ke dalam spreadsheet yang sangat panjang, menyimpannya di dalam komputer yang jika kamu ingin membuka data tersebut dari perangkat lain, kamu masih perlu mengunggahnya ke cloud dan melakukan sinkronisasi. Kegiatan yang mungkin membuat kamu harus lembur berjam-jam dan melewatkan makan malam bersama keluarga.

    Kamu ingin melakukan bisnis dengan lebih cerdas, cepat, dan efisien dengan aplikasi inventori barang. Biar sistem yang mengerjakan bagian sulit dan menyita waktu untuk kamu. Sehingga kamu bukan hanya memiliki waktu untuk makan malam bersama keluarga, bahkan mungkin bisa mengambil cuti untuk berlibur.

    Tentu saja penggunaan aplikasi sebagai bagian dari manajemen inventori bukan hanya dipilih untuk mencapai keleluasaan pribadi, melainkan karena memang dapat membuat bisnismu maju.

    Berikut ini alasan kenapa menggunakan aplikasi wirausaha, termasuk aplikasi inventori, bermanfaat untuk bisnismu.

    Operasional Bisnis Yang Efisien Dan Produktif

    Menyimpan stok artinya mengikatkan uang pada barang tersebut. Kamu tidak bisa mengalokasikan harta yang kamu miliki, sebab masih berbentuk barang.

    Kamu tentunya ingin stok dikelola dengan efisien supaya cash flow bisnismu surplus. Kita tahu apa yang akan terjadi jika bisnismu kehabisan uang, apalagi tidak ada laba.

    Maka, kamu perlu membuat keputusan pengadaan barang yang cerdas. Untuk bisa melakukan itu, kamu membutuhkan laporan terkait barang mana yang terjual lebih cepat. Kamu juga perlu data untuk bisa menganalisis tren penjualan.

    Apalagi jika bisnismu bergerak di bidang kesehatan, kecantikan, atau farmasi, kamu juga perlu mengatur barang berdasarkan batch produksi dan tanggal kedaluwarsa.

    Bagaimana dengan pengelolaan barang yang memiliki varian sangat banyak? Kegiatan pengelolaan stok akan semakin kompleks.

    Di sini aplikasi inventory barang memainkan peranan penting untuk membuat operasional bisnis kamu lebih efisien dan produktif. Sebab segala kebutuhan bisnis terkait pengelolaan stok seperti di atas, dapat dengan mudah kamu lakukan dengan bantuan aplikasi.

    Biaya Minimal, Penjualan Maksimal

    Pengelolaan inventori sangat penting bila kamu ingin menekan biaya penyimpanan stok barang. Seperti kita tahu, menyimpan barang di gudang itu memerlukan banyak biaya. Selengkapnya terkait manajeman gudang dapat kamu baca di sini.

    Untuk itu, kamu perlu aplikasi yang bisa membantu kamu untuk melihat posisi stok, menambah jumlah stok, mengubah data stok jika ada mutasi sehingga data stok selalu up to date, bahkan melakukan stok opname. Lebih baik lagi bila aplikasi tersebut bisa membantu kamu membuat Puchase Order (PO) dan mengatur stok masuk dari pemasok, yang semuanya terintegrasi dengan sistem keuangan.

    Selain itu, aplikasi inventori juga akan otomatis mengurangi data jumlah stok yang kamu miliki ketika terjadi penjualan. Dengan demikian, kamu bisa membuat keputusan akurat terkait pengadaan barang dan tidak perlu menumpuk stok di gudang. Kamu juga terhindar dari kemungkinan pengadaan barang yang perputarannya lambat. Artinya, biaya operasional rendah dan penjualan optimal.

    Dengan mengawasi stok barang mana yang tersedia juga memungkinkan kamu menghemat waktu dan tenaga untuk menghitung ulang inventori demi memastikan datanya akurat.

    Otomatisasi Operasional Bisnis

    Tidak ada yang ingin bekerja hanya duduk memasukkan data secara manual atau mengerjakan perhitungan kompleks untuk setiap transaksi pembelian atau pengadaan. Lebih baik memanfaatkan software untuk mengerjakan hal itu. Sehingga karyawan bisa fokus pada area bisnis lain yang lebih penting.

    Menyenangkan Untuk Pelanggan

    Manajemen inventori yang baik akan membantu kamu mencapai salah satu tujuan bisnis yang selalu kamu kejar, memiliki pelanggan setia. Penggunaan aplikasi inventori akan membuat pelangganmu senang.

    Kenapa aplikasi ini bisa membuat pelangganmu senang?

    Sebab aplikasi ini akan membantu kamu memenuhi permintaan pelanggan lebih cepat. Dengan sistem manajemen inventori, kamu bisa selalu menjaga stok produk-produk yang laku di pasaran tetap tersedia dan sesegera mungkin memenuhi permintaan pelanggan.

    Kalau ada di posisi konsumen, tentu kita lebih senang membeli dari penjual yang stok barangnya tersedia dibanding penjual yang butuh waktu katakanlah 2-4 hari untuk melakukan pengadaan barang. Konsumen jelas akan senang bila pesanannya bisa diterima lebih cepat.

    Banyak bisnis yang sulit maju karena operasionalnya dikerjakan secara manual. Jangan biarkan bisnismu menjadi salah satunya.

    Sekarang kamu sudah tahu bahwa kamu akan sulit mengelola bisnis dengan optimal, tanpa manajemen inventori yang memadai. Maka, menggunakan aplikasi inventori yang tepat untuk bisnismu perlu dilakukan.

    Saat ini cukup banyak pilihan penyedia jasa yang menyediakan aplikasi inventori. Namun jika kamu ingin mendapat bukan hanya aplikasi inventori, melainkan aplikasi wirausaha yang lengkap untuk bisnismu, majoo bisa menjadi pilihan.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?