Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Sukses Berbisnis Laundry Ala Raesa Laundry


    Bisnis laundry memang bukanlah ide bisnis yang inovatif, tetapi masih cukup menjanjikan. Sebagai usaha dengan target pasar yang sangat luas, bisnis ini bahkan bisa menjadi salah satu usaha kala pensiun.

    Itulah yang dilakukan oleh Ameilia Riza Azmarin, pemilik Raesa Laundry. Bermula dari persiapan pensiun, ia kini memiliki bisnis laundry yang cukup maju. Penasaran dengan kisahnya? Silakan simak di bawah ini!

    Bisnis Laundry, Opsi Usaha Saat Pensiun

    Bukan rahasia lagi, banyak orang yang keadaan finansialnya terpuruk saat memasuki usia pensiun. Para karyawan yang memiliki uang pensiun pun tidak terhindar dari situasi ini sebab sering kali nominal uang pensiun jauh lebih kecil dibandingkan dengan penghasilan pada masa produktif.

    Nah, Ameilia tak ingin mengalami hal tersebut. Karyawan bank ini mulai merencanakan sumber penghasilan untuk masa pensiunnya ketika masih aktif bekerja.

    Baca juga: Mau Menjadi Pengusaha Sambil Bekerja? Buat Usaha Sampingan!

    Dari berbagai peluang bisnis yang ada, Ameilia memilih untuk membuka usaha laundry. Langkah yang terbilang tepat, mengingat usaha ini sebetulnya disiapkan untuk masa pensiun.

    Usaha laundry terbilang layak dipertimbangkan karena beberapa alasan. Pertama, biaya investasinya relatif terjangkau daripada berbagai jenis bisnis lain. Potensinya makin besar sebab berbeda dengan investasi yang tak terlalu tinggi, pangsa pasarnya justru sangat besar.

    Apalagi, bila kamu bisa memulai bisnis seperti Ameilia, yaitu mengambil alih laundry lain yang tak lagi beroperasi. Meskipun tidak banyak, laundry lama tersebut tentu sudah memiliki basis pelanggan sehingga kamu tidak memulai dari nol.

    Benar saja, dalam waktu lima bulan, Raesa Laundry yang dibangun Ameilia makin berkembang dan memiliki lebih banyak pelanggan. 

    Manajemen Bisnis Optimal, Strategi Bisnis Maju

    Tentunya, Raesa Laundry tidak berkembang ‘begitu saja’. Para pelanggan tidak datang dengan sendirinya tanpa ada strategi yang dijalankan oleh Ameilia.

    Kepada tim majoo, Ameilia menyampaikan bahwa manajemen bisnis merupakan salah satu kunci yang membuat usaha laundry miliknya makin maju. Setidaknya, ada tiga poin dalam pengelolaan bisnis yang menjadi titik fokus Ameilia, yaitu strategi bisnis, marketing, dan rekrutmen.

    Dalam mengelola bisnis, Ameilia mengidentifikasi tantangan dan kebutuhan Raesa Laundry. Dengan demikian, ia memahami strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis ini.

    Tak hanya itu, Ameilia juga menyadari transformasi digital yang menyentuh sektor bisnis. Merespons perubahan ini, ia menjalankan pemasaran melalui media sosial.

    Menariknya lagi, sebagai pemilik usaha, Ameilia memahami bahwa tidak semua aspek manajemen bisa ia tangani sendiri. Beberapa pekerjaan mungkin perlu didelegasikan kepada staf yang memiliki pemahaman lebih baik tentang tugas terkait.

    Untuk mendukung manajemen bisnis yang optimal, Ameilia merekrut staf dengan kapabilitas yang sesuai kebutuhan bisnis. Salah satunya, Ameilia merekrut staf untuk mengelola digital marketing.

    Jadi, strategi pemasaran yang dijalankan Raesa Laundry pun lebih tepat sasaran dan bisnis bisa makin berkembang.

    Baca juga: Media Sosial, Langkah Pilihan UKM Go Digital. Mengapa?!

    Jaga Optimisme Agar Bisnis Terus Maju

    Perencanaan dan manajemen merupakan aspek teknis yang mendukung kemajuan bisnis. Namun, aspek teknis saja tampaknya tidak cukup. Tak ada bisnis yang terbebas dari tantangan serta masalah sehingga pemilik usaha memang perlu memiliki mental yang tangguh.

    Dengan situasi bisnis yang pasang surut, Ameilia menganggap pemilik usaha perlu mempunyai sikap optimis. Menurutnya, optimisme akan melahirkan resiliensi. Melalui pengharapan yang baik, pemilik usaha akan terdorong untuk terus mencari solusi saat berhadapan dengan masalah atau kesulitan. 

    Memang terdapat riset yang menunjukkan bahwa optimisme meningkatkan produktivitas. Seseorang dengan pandangan optimis akan bekerja lebih keras. Diduga karena orang tersebut bisa melihat goal atau tujuannya dengan lebih jelas sehingga fokus berupaya mewujudkan target tersebut.

    Memahami hal tersebut, Ameilia sangat serius menjaga optimisme dalam dirinya bahwa bisnis yang ia kelola akan berhasil. Pandangan positif tersebut mendorong produktivitas yang berdampak terhadap perkembangan bisnis.

    Kisah Sukses Bersama majoo

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Ameilia sangat menyadari adanya akselerasi transformasi digital di dalam bisnis. Tak heran bila ia menggunakan aplikasi majoo dalam mengelola Raesa Laundry.

    majoo adalah aplikasi point of sale (POS) yang dirancang untuk membantu para pemilik usaha supaya bisa mengelola bisnisnya secara efektif dan efisien. Fiturnya lengkap, mulai dari kasir online hingga laporan keuangan.

    Ameilia dan Raesa Laundry sendiri merasa sangat terbantu dengan fitur laporan keuangan serta analisis bisnis di aplikasi majoo. Dengan fitur tersebut, Ameilia bisa memeriksa penjualan, kondisi keuangan, serta performa bisnisnya. 

    Berdasarkan laporan-laporan tersebut, Ameilia bisa menyusun strategi yang tepat untuk Raesa Laundry. Kamu juga mau susun strategi jitu untuk bisnismu? Yuk, pakai majoo!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
    Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.
    Kisah Sukses Pasar Kopi Meraup Untung Bersama majoo
    Pasar Kopi Pekanbaru adalah salah satu bisnis yang terdampak oleh pandemi. Namun, bersama aplikasi majoo, Pasar Kopi tetap dapat mencatatkan kisah sukses!
    Kopi Gincu dan Kisah Sukses Memanfaatkan Nilai Unik
    Keunikan nama bukan satu-satunya hal yang menarik dari Kopi Gincu. Keunikan apa lagi yang disajikan kedai kopi dengan catatan kisah sukses yang satu ini?
    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!