Manfaat Aplikasi Wirausaha untuk Bisnis Laundry

Kamu memiliki bisnis laundry, atau sedang berencana membuka bisnis laundry? Belakangan ini, bisnis laundry memang terus bertumbuh. Namun, tidak seperti kebanyakan bisnis yang berbasis tren, bisnis laundry ini berbasis perubahan kebutuhan masyarakat. Dengan keadaan ekonomi sekarang ini, tidak sedikit rumah tangga yang suami dan istri sama-sama bekerja. Yang masih bujang pun memilih untuk memiliki lebih dari satu pekerjaan, atau memilih untuk bersosialisasi di luar jam kerja, sehingga tidak punya waktu untuk mengurus cucian mereka.

Dengan menjamurnya bisnis laundry, kualitas layanan menjadi kunci utama kamu untuk membedakan diri dari yang lainnya. Mulai dari ketepatan waktu, kualitas hasil cucian, kebersihan dan kerapihan, termasuk keramahan dan kesigapan karyawanmu. Tidak semua pelaku bisnis laundry sanggup melakukan semuanya ini demi menjaga kualitas, karena beberapa keterbatasan. Keterbatasan yang terutama adalah waktu dan tenaga.

Sebagai seorang wirausahawan, kamu sudah dibebani dengan pemikiran dan perencanaan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis laundrymu. Kamu harus mencari cara untuk membuat promosi yang lebih memikat, mencari cara menjangkau pelanggan lebih luas, meningkatkan kapasitas laundry yang bisa diterima, dan mengefisienkan biaya demi keuntungan yang sebesar-besarnya. Kalau skala bisnis laundrymu masih kecil, hanya satu outlet dengan sejumlah karyawan, misalnya, kamu mungkin masih sanggup memastikan kualitas layanan dan kinerja karyawanmu. Kalau sudah lebih dari satu outlet, mungkin kamu akan mulai kewalahan. Masih bisa tertangani, memang, dengan mempekerjakan supervisor, tetapi itu juga akan menjadi tambahan biaya dan beban pemikiranmu.

Ada solusi yang jauh lebih mudah dan murah dalam membantu bisnis laundrymu. Kamu bisa mulai menggunakan aplikasi kasir laundry. Keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini?

Mempermudah Proses

Aplikasi kasir akan meringankan bebanmu dan beban kasirmu dalam mencatat alur proses laundry termasuk tanggal terima, tanggal selesai, tanggal pengambilan serta status laundry. Dalam sistemnya yang sudah terintegrasi, pada saat pelanggan mengantarkan laundrynya, karyawanmu bisa memasukkannya ke dalam sistem, dan sistemnya akan membantumu memantau prosesnya. Bahkan, sistem ini dapat mengirimkan email pemberitahuan kepada pelangganmu apabila laundrynya sudah selesai diproses.

Fitur ini saja sudah memangkas banyak proses manual dan tradisional. Kamu tidak perlu lagi membuat beberapa buku yang berbeda untuk pencatatan masing-masingnya. Begitu order ini dimasukkan ke dalam sistem, kamu bisa mengeceknya secara realtime. Dengan demikian, proses monitoring order dapat kamu lakukan dengan mudah.

Sistem Loyalty Terintegrasi

Yang kedua, aplikasi wirausaha ini juga menawarkan fitur membership dan loyalti pelanggan di semua outletmu. Begitu seorang pelanggan terdaftar dalam sistem aplikasi wirausaha ini, pelanggan tersebut akan tercatat sebagai member, dan kalau kamu punya program reward atau loyalti pelanggan, kamu bisa integrasikan ke dalam sistem.

Memudahkan Promosi

Yang ketiga, kamu juga bisa mengintegrasikan kampanye marketing dalam sistem ini. Karena data pelanggan sudah tersimpan dalam database sistem, kamu dapat dengan mudah menyebarkan promosi atau kampanye marketing ke pelangganmu baik melalui email ataupun melalui SMS. Mudah, murah, pasti akan diterima oleh pelangganmu, dan yang jelas, ramah lingkungan.

Fitur Penunjang Wirausaha

Aplikasi wirausaha juga masih punya banyak fitur lain yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa memantau kedisiplinan karyawanmu dengan fitur absensi yang sudah terintegrasi. Kamu tidak perlu menerapkan sistem absensi terpisah, entah itu absensi manual atau otomatis. Kamu bahkan bisa mengintegrasikan sistem komisi penjualan untuk karyawanmu, yang secara otomatis akan dihitung oleh aplikasi wirausaha ini.

Proses pelaporan penjualan dan penyusunan laporan keuangan pun menjadi jauh lebih mudah dan ringkas. Cara tradisional yang biasa diterapkan adalah setelah outlet tutup, kasir akan melakukan tutup buku, meringkas semua penjualan hari itu. Laporan penjualan hari itu akan dikirim ke bagian pembukuan untuk diringkas lagi, apalagi kalau kamu punya beberapa outlet. Artinya, karyawanmu masih harus bekerja setelah outletmu tutup, dan laporan penjualan hari ini baru bisa kamu dapatkan keesokan harinya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pencatatan penjualan terjadi secara realtime. Kamu bisa memantaunya kapan saja. Proses tutup buku semudah menekan satu tombol saja. Kamu pun dengan mudah mengetahui nilai penjualan hari itu pada hari itu.

Tidak hanya itu. Kamu pun bisa memantau persediaan bahan baku di masing-masing outlet. Kamu bisa menentukan kapan kamu memasok ulang sabun cuci, pengharum, dan sebagainya, hanya dari aplikasi wirausaha ini.

Aplikasi wirausaha ini pun menyediakan fitur analisa bisnis. Aplikasi ini akan mencatat waktu terjadinya transaksi, sehingga kamu bisa melihat jam berapa saja outlet laundrymu ramai, jam berapa saja sepi. Kamu juga bisa melihat outlet yang mana yang ramai pada hari apa.

Dengan mengetahui data-data ini, kamu punya dasar yang cukup kuat untuk membuat kampanye promosi, tanpa harus secara fisik memantau kondisi masing-masing outletmu.

Yang harus kamu lakukan sekarang adalah berani mengambil keputusan. Dengan menginvestasikan sejumlah uang, kamu bisa mendapatkan aplikasi wirausaha yang andal, yang akan mendukung bisnis laundry yang kamu miliki. Aplikasi ini akan memudahkan aspek-aspek wirausaha yang merepotkan, sehingga kamu pun bisa fokus pada pengembangan bisnismu, dan pada peningkatan kualitas dan kinerja karyawanmu.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.