5 Marketing Campaign yang Cocok di Bulan Ramadan

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Bulan Ramadan, momentum yang dinantikan banyak umat muslim di seluruh dunia, begitu juga di Indonesia. Ramadan bukan sekadar untuk menyambut Idul Fitri dan bersilaturahmi, tetapi banyak orang berbelanja berbagai kebutuhan selama bulan suci ini. Oleh karena itu, banyak brand mengadakan marketing campaign atau promo khusus yang hanya berjalan di bulan Ramadan.

Ramadan merupakan saat yang tepat bagi brand untuk mencapai berbagai objektif, mulai dari brand awareness hingga peningkatan penjualan secara maksimal. Jika kamu mencari ide marketing campaign yang efektif untuk bulan Ramadan, ada beberapa strategi pemasaran yang bisa yang bisa kamu pertimbangkan. 

1. Promo Diskon Saat Jam Berbuka Puasa

Selama bulan Ramadan, aktivitas pembelian mengalami peningkatan paling drastis menjelang berbuka puasa. Kamu juga sering melihat brand F&B mengadakan diskon menjelang dan sesaat setelah berbuka puasa, seperti dari jam 17:00-19:00, bukan?

Namun, marketing campaign ini tidak hanya berlaku untuk brand F&B. Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk membuat campaign diskon terbatas atau flash sale pada produk atau layanan bisnismu, sambil memanfaatkan waktu orang-orang yang sedang menunggu waktu berbuka puasa. Peluang seperti ini bisa kamu manfaatkan sehingga meningkatkan conversion.

2. Live Event Saat Ngabuburit

Di jam-jam ngabuburit, kamu dapat mengadakan marketing campaign berupa live event di media sosial seperti Instagram atau TikTok. Live event ini memungkinkan kamu berinteraksi dengan pelanggan secara real-time.

Kamu dapat mengadakan live event dengan mengangkat berbagai segmen, misalnya Q&A, games atau giveaway, promo terbatas, atau sesi diskusi dengan narasumber yang relevan dengan brand-mu.

Contohnya, jika kamu memiliki brand fashion, kamu dapat mengundang fashion influencer untuk berbagi tips tetap stylish berpakaian saat Ramadan atau mix and match pakaian dengan jilbab. Dari live event ini, kamu tidak hanya mempromosikan produkmu, tapi juga menjadi lebih engaged dengan audiens.

Apa saja marketing campaign yang cocok di bulan Ramadan?

3. Membuat Event Tabur Kebaikan

Bulan Ramadan bukan hanya tentang ibadah dan refleksi spiritual, tetapi juga merupakan waktu yang tepat untuk menjalankan nilai-nilai kebaikan dan memberikan manfaat kepada sesama.

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk menghadirkan marketing campaign tabur kebaikan kepada sesama. Marketing campaign ini dapat mencakup berbagai inisiatif, seperti donasi sebagian dari penjualan untuk amal, memberikan paket makanan kepada mereka yang membutuhkan, atau mengadakan program pelatihan dan bantuan untuk masyarakat kurang mampu.

Selain memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, marketing campaign ini juga dapat meningkatkan citra dan reputasi bisnismu. Konsumen akan cenderung lebih tertarik dan terhubung dengan merek yang peduli dengan kepentingan sosial dan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan membuat kampanye tebar kebaikan ini, kamu tidak hanya berkontribusi pada kebaikan bersama, tetapi juga memperkuat ikatan emosional dengan pelanggan dan masyarakat secara keseluruhan, ya. 

4. Berbagi Kisah Momen Ramadan

Berbagi kisah tentang momen Ramadan menjadi strategi marketing yang tidak hanya fokus pada penjualan, tetapi juga pada memperkuat kehadiran brand dan terhubung secara emosional dengan pelanggan.

Kamu bisa membuat campaign ini di platform Instagram untuk menciptakan pengalaman berharga followers di bulan Ramadan. Caranya dengan mengisi feed Instagram dengan kisah-kisah yang menggambarkan kehangatan dan kebersamaan selama bulan Ramadan.

Campaign ini tidak hanya tentang produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi lebih kepada nilai-nilai keluarga dan kebersamaan selama Ramadan. Kisah-kisah yang berkaitan dengan unsur keluarga dapat membantu brand menjadi bagian dari dari momen berharga bersama keluarga followers.

Selain itu, kamu bisa menonjolkan produk yang relevan dengan momen-momen tersebut, seperti misalnya bisnismu menjual minuman, kamu bisa berinovasi menjual produk minuman yang ada bahan dasarnya kurma. Dari sinilah akan ada ikatan emosional antara brand dan pelanggan. Tidak hanya itu, kamu dapat menciptakan brand image yang sesuai dengan nilai-nilai yang ingin kamu tonjolkan melalui media sosial. 

5. Membuat Menu Khusus Berbuka, Sahur, atau Hampers

Membuat marketing campaign dengan menu khusus untuk buka puasa, sahur, atau hampers dapat menjadi strategi yang sangat efektif dalam meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pelanggan selama bulan Ramadan.

Dengan menyajikan menu khusus untuk momen penting seperti berbuka puasa dan sahur, kamu dapat menarik perhatian konsumen yang sedang mencari pilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka di waktu-waktu tersebut.

Cara membuat marketing campaign yang kreatif dan menarik bisa dengan cara mempromosikan menu khusus tersebut melalui media sosial dengan menggunakan gambar dan video yang menggugah selera. Jangan lupa untuk menekankan keunikan dan keistimewaan dari setiap menu khusus yang ditawarkan bisnismu.

Selain menu untuk buka puasa dan sahur, pembuatan hampers juga bisa menjadi bagian dari marketing campaign suatu bisnis. Dengan menawarkan hampers yang berisi pilihan produk unggulan atau paket khusus untuk berbuka atau sahur, restoran dapat memberikan alternatif yang menarik bagi pelanggan yang mencari hadiah atau pilihan makanan istimewa untuk keluarga dan teman-teman mereka.

Dengan demikian, membuat marketing campaign dengan menu khusus untuk buka puasa, sahur, atau hampers dapat membantu bisnis dalam menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan.

Jadi, marketing campaign selama bulan Ramadan memegang peranan penting dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis, terutama di industri F&B dan retail. Dengan memanfaatkan momen-momen khusus seperti berbuka puasa, sahur, dan perayaan Idul Fitri, bisnis dapat merancang strategi pemasaran yang menciptakan pengalaman berkesan bagi pelanggan.

Kini, kamu bisa menggunakan aplikasi majoo yang memiliki fitur majooAds untuk meningkatkan efektivitas marketing campaign. Dengan menggunakan fitur majooAds, kamu bisa memilih target audiens yang tepat, analisis data yang mendalam, dan pilihan format iklan yang kreatif, sehingga kamu dapat mengoptimalkan marketing campaign bisnismu secara efektif dan efisien.

Ingin upgrade level bisnismu? Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga, ya!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo