Memahami Karakter Transaksi Pelanggan Pasca Pandemi Covid-19

Memahami karakter transaksi pelanggan pasca pandemi covid-19 penting untuk pengembangan bisnis

Pandemi Covid-19 membuat setiap pelaku usaha harus kembali memahami karakter transaksi pelanggan yang tentu akan berubah menyesuaikan situasi serta kondisi yang dihadapi. Tanpa memahami aspek yang satu ini, bisnis akan sulit untuk dikembangkan karena tidak dapat menemukan strategi operasional yang relevan dengan situasi riil. Namun, sebenarnya sejauh apa, sih, perbedaan karakter transaksi yang dimiliki oleh pelanggan jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi?

Kepercayaan terhadap transaksi digital meningkat tajam

Sebelum pandemi, kepercayaan publik terhadap model transaksi digital memang sudah mulai beranjak naik. Namun, pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal tahun 2020 lalu tak dapat dipungkiri turut berkontribusi dalam mempercepat proses ini. Ketika orang diharuskan untuk tetap berada di rumah guna mengurangi potensi penyebaran pandemi, sementara kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi, transaksi digital pun mau tak mau harus dimaksimalkan. Situasi yang sudah berlangsung hingga kini ini menciptakan kepercayaan yang tergolong stabil dengan intensitas yang terus bertambah. Mulai merambah model transaksi digital mungkin bisa kamu pertimbangkan sejak sekarang.

Berubahnya prioritas sebagian kebutuhan primer dan tersier

Pandemi tak hanya menyebabkan orang harus banyak menghabiskan waktunya di rumah, tetapi juga merumahkan sebagian orang yang tadinya memiliki pekerjaan. Daya beli masyarakat pun sebab turun akibat pandemi dan baru-baru ini saja mulai menguat kembali. Sebagai dampaknya, kebutuhan primer dalam skala harian pun meningkat prioritasnya dibanding kebutuhan tersier. Jika kamu bergerak di bidang aksesori atau penawaran produk-produk serta jasa tersier lainnya, ada baiknya mulai merencanakan lini bisnis baru yang bergerak di pemenuhan kebutuhan primer. Meski demikian, tidak semua kebutuhan tersier terpuruk. Kebutuhan tersier yang berhubungan dengan hobi justru meningkat, meski tentu saja tidak berlaku untuk semua jenis hobi. Bisnis tanaman maupun ikan hias bisa dijadikan pilihan jika kamu masih tertarik dengan bisnis kebutuhan tersier.

Pandemi Covid-19 memunculkan karakter transaksi baru

Selain perubahan-perubahan yang sifatnya menyesuaikan di atas, pandemi ini juga memunculkan karakter transaksi yang benar-benar baru. Didasari pertimbangan untuk tidak terlalu sering bepergian atau sekadar pergi ke luar rumah, sebagian besar masyarakat memilih untuk memenuhi kebutuhan hariannya dalam satu waktu di setiap bulan. Dengan kata lain, jika dulu kita tidak merasa masalah untuk membeli sesuatu secara eceran, kini yang banyak dilakukan adalah sebaliknya. Belanja bulanan benar-benar dilakukan dalam satu waktu saja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama sebulan penuh. Untuk barang-barang yang mudah busuk atau rusak dan tidak dapat disimpan selama sebulan penuh, perlakuan yang diberikan sedikit berbeda. Banyak orang cenderung lebih suka memesan secara online dengan layanan pesan-antar.

Dengan memahami karakter transaksi pelanggan pasca pandemi covid-19, pelaku usaha dapat menentukan strategis bisnis

Memahami karakter transaksi pelanggan yang terus berubah dari waktu ke waktu membantu pelaku usaha menyusun strategi bisnis yang paling efisien dan efektif secara biaya. Untuk itu, tak ada salahnya untuk tetap memasukkan situasi pandemi Covid-19 sebagai aspek pertimbangan untuk mengembangkan bisnis. Gunakan beragam fungsionalitas aplikasi majoo untuk perencanaan dan operasional bisnis yang lebih baik!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Usahamu Lebih Sukses

Inovasi bisnis penting untuk dilakukan secara terus menerus agar sebuah usaha tidak mengalami kekalahan dalam persaingan bisnis.

QRIS, Satu Langkah Penting Menuju Digitalisasi Bisnis!

QRIS agar pelanggan dapat melakukan pembayaran nontunai dengan mudah merupakan langkah yang tak boleh terlewat bila ingin melakukan digitalisasi bisnis!

majoo Maxima: Aplikasi Kasir + GrabFood untuk Bisnis Kuliner

majoo Maxima merupakan bundling majoo dengan GrabFood. Untuk kamu yang memiliki bisnis F&B, adanya fitur ini semakin mempermudah bisnismu.

Mau Inovasi Bisnis? Jangan Lupakan Hal-Hal Ini!

Setelah bisnis berjalan, pebisnis perlu melakukan inovasi untuk kelangsungan bisnisnya. Inovasi bisnis ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan.
Whatsapp