Tak sedikit orang yang menganggap pekerjaan sebagai karyawan kasir sebagai pekerjaan yang remeh. Padahal, mereka yang bertugas di meja kasir bisa dibilang sebagai ujung tombak. Bagaimana tidak, kasir bisa jadi merupakan hal pertama dan terakhir yang dilihat oleh pelanggan sehingga peranannya pun menjadi sangat krusial untuk mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan dan menjaga retensi. Apa, sih, sumbangsih karyawan di meja kasir bagi keberlanjutan usaha hingga bisa disebut sebagai pahlawan ekonomi?
Benteng sekaligus ujung tombak dalam menghadapi pelanggan
Seperti sudah disebutkan, posisi meja kasir yang umumnya diletakkan di dekat pintu masuk tempat usaha membuatnya sebagai titik mulai sekaligus titik akhir bagi pelanggan yang ingin berbelanja. Meski produk maupun jasa yang kamu tawarkan sudah sangat sempurna, pertimbangan yang membuat pelanggan memutuskan untuk berbelanja kembali di tempat usahamu bisa jadi justru ada di meja kasir. Jika karyawan yang menempati meja kasir tidak terlalu ramah atau terlalu bertele-tele dalam menyelesaikan transaksi, kecil kemungkinan pelanggan akan kembali ke tempat usahamu.
Memastikan pencatatan keuangan tetap rapi
Bagi bisnis apa pun, laporan keuangan merupakan elemen penting yang dapat membantu menentukan arah serta strategi bisnis. Oleh karena itu, memastikan setiap transaksi yang ada dicatat secara tepat dan akurat pun menjadi sama pentingnya. Umumnya, pekerjaan ini menjadi tanggung jawab mereka yang bertugas di meja kasir. Mereka dapat menjadi pahlawan ekonomi yang menopang proses bisnis jika memiliki kedisiplinan terhadap setiap pencatatan keuangan yang terjadi; terlebih jika kasir di tempat usahamu masih menggunakan sistem yang konvensional.
Memberikan wawasan bermanfaat terkait perilaku transaksi pelanggan
Sekalipun area kerjanya mungkin terbatas pada meja kasir saja, jangan pernah menyepelekan karyawanmu. Sebaliknya, bangun inisiatif yang mereka miliki untuk memperhatikan perilaku transaksi yang dimiliki oleh pelangganmu. Sebagai contoh, cari tahu di jam-jam berapa tempat usahamu ramai, dan apa saja yang dibeli oleh pelanggan pada jam-jam tersebut. Dengan demikian, kamu bisa sedikit mengintip kebutuhan pelangganmu dan memasukkannya sebagai pertimbangan dalam menyusun strategi bisnis yang mampu mengembangkan usahamu.
Wajah bagi tempat usaha
Menjadi pahlawan ekonomi tidak harus menjadi sosok dengan kontribusi besar terhadap ekonomi negara. Khususnya bagi usaha kecil dan menengah, menjadi wajah yang selalu diingat oleh pelanggan sudah menjadi jasa yang tak terkira. Disadari atau tidak, kasir adalah sosok pertama yang akan diingat oleh pelanggan ketika mereka datang ke tempat usahamu. Itulah mengapa, penting bagi mereka yang bertugas di meja kasir untuk memperhatikan setiap pelanggan yang datang. Dengan demikian, karyawan tersebut dapat melontarkan basa-basi personal yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, misalnya saja dengan menanyakan kabar pelanggan yang baru datang lagi ke tempat usahamu setelah sekian lama atau menawarkan promo tertentu yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan tertentu pula.
Kinerja karyawan kasir juga akan semakin maksimal jika kamu menggunakan aplikasi POS seperti aplikasi majoo, sehingga karyawanmu dapat menyerahkan pencatatan keuangan yang rapi pada aplikasi tersebut dan bisa lebih fokus memperhatikan kepuasan pelanggan. Aplikasi majoo juga memiliki fitur keanggotaan yang mudah dan cocok digunakan oleh karyawan di meja kasir untuk menghafal perilaku transaksi pelanggan maupun menawarkan promo yang tepat.