Table of Content

    • majoo blog
    • Trivia
    • Atur Jam Operasional, Cara Efisiensi Bisnis di Era New Normal

    Atur Jam Operasional, Cara Efisiensi Bisnis di Era New Normal

    Efisiensi bisnis dapat dilakukan dengan mengatur jam operasional

    Saat ini, efisiensi bisnis merupakan salah satu strategi bisnis yang wajib dilakukan oleh setiap pelaku usaha. Terutama bagi lini bisnis yang menerima dampak besar akibat penyebaran pandemi COVID-19 dan juga pembatasan sosial berskala besar. Di antara banyak cara untuk membuat proses bisnis menjadi lebih sederhana dan efisien, mengelola jam operasional merupakan salah satu yang paling banyak diterapkan. Cara yang satu ini memang menawarkan banyak manfaat, termasuk untuk menghadapi masa new normal yang saat ini tengah dilakukan untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

     

    1. Mengurangi beban pengeluaran

    Dalam bisnis, ada pengeluaran tak tetap yang selalu berubah tergantung pada transaksi bisnis yang dilakukan, dan juga pengeluaran tetap yang jumlahnya akan terus sama tanpa tergantung dengan ada atau tidaknya pembelian. Dengan mengatur waktu operasional setiap harinya, pengeluaran tetap ini dapat ditekan dengan hanya membuka usaha di jam-jam tertentu saja. Bagi jenis usaha yang memiliki waktu operasional 24 jam, mengurangi waktu operasional tersebut akan sangat membantu menekan pengeluaran, sehingga meskipun arus pendapatan terganggu oleh pandemi COVID-19, bisnis masih dapat tetap bertahan.

     

    2. Mengatasi kurangnya karyawan

    Bagi beberapa bisnis, pemutusan hubungan kerja menjadi hal yang tak terelakkan sebagai dampak dari penyebaran pandemi COVID-19 yang mengganggu arus pendapatan bisnis-bisnis tersebut. Jika ini terjadi pada bisnismu, mengatur jam operasional bisa menjadi solusi yang tepat untuk menutup lubang yang diakibatkan oleh berkurangnya sumber daya manusia. Waktu kerja karyawan bisa diatur melalui shift dengan operasional bisnis yang dikurangi setiap harinya. Tenaga kerja yang tidak terlalu banyak pun bisa dimaksimalkan untuk menangani bisnis secara efisien hingga cukup kuat kembali untuk menambah tenaga kerja seperti sedia kala.

     

    3. Jam operasional yang menyesuaikan pelanggan

     

    Efisiensi bisnis dapat membantu pelaku usaha mempertahankan bisnis

    Seperti kebanyakan bisnis, pelanggan tentu tidak datang secara terus-menerus selama 24 jam. Akan ada waktu-waktu di mana bisnis terasa sepi. Untuk efisiensi kerja, pelaku usaha dapat mencari waktu-waktu di mana pelanggan biasanya datang atau melakukan transaksi, dan memaksimalkan operasional hanya di jam-jam tersebut saja, sementara operasional di jam yang sepi pelanggan dapat dihentikan untuk sementara.

    Di masa krisis seperti sekarang, memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada secara efektif dan efisien akan sangat membantu pelaku usaha dalam mempertahankan bisnisnya; terlebih untuk sejumlah bisnis yang menerima dampak yang besar dari pandemi COVID-19 serta new normal. Efisiensi bisnis dapat dilakukan untuk menjaga bisnis tetap berjalan meski dengan pendapatan yang tidak sebanyak sebelumnya. Selain dengan mengatur jam operasional bisnis, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan berbagai sumber daya tambahan, misalnya saja aplikasi POS seperti aplikasi majoo dengan berbagai fitur yang dapat meringankan beban kerja karyawan sekaligus meningkatkan kepuasaan pelanggan terhadap bisnis.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!