Namun, tentu kesuksesan bisnis memanfaatkan momen ini salah satunya tergantung pada persiapan dan strategi yang diterapkan. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan beberapa strategi bisnis dan promosi yang efektif.
Apa saja persiapan dan strategi tersebut? Temukan jawabannya dalam pembahasan di bawah ini!
Persiapan Bisnis Online Sebelum Libur Lebaran
Pastikan Semua Stok Produk Tersedia
Selama masa puasa dan menjelang Lebaran, kamu perlu memastikan ketersediaan produk yang akan kamu tawarkan.
Jika kamu memproduksi produk sendiri, maka kemungkinan kamu bisa menambah jumlah produksinya, misalnya dua kali lipat dari biasanya.
Sementara itu, bila kamu menjual barang dari supplier, kamu perlu berkoordinasi dengan mereka untuk menyediakan lebih banyak produk.
Rencanakan Strategi Pemasaran dan Penjualan
Selain mengecek ketersediaan produk, kamu juga perlu membuat perencanaan yang tepat untuk memasarkan dan menjual produk. Tanpa strategi yang tepat, kamu akan kesulitan untuk meningkatkan penjualan.
Oleh karena itu, kegiatan pemasaran dan pengecekan inventory perlu dilakukan secara paralel. Langkah ini juga bisa memudahkan kamu dalam melayani pelanggan sehingga pelayanan yang diberikan maksimal.
Kelola Keuangan dengan Baik
Sebelum masuk pada strategi inti untuk meningkatkan penjualan online shop saat momen Idulfitri, kamu perlu memastikan keuangan bisnis sudah dikelola dengan baik.
Pastikan keuangan bisnis sudah terpisah dari keuangan pribadi sehingga kamu bisa memantau pemasukan dan pengeluaran secara akurat. Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi keuangan dengan mudah bila ada transaksi yang tidak sesuai.
Bila Perlu, Siapkan Tambahan Modal
Jika strategimu melibatkan investasi tertentu, pasti kamu perlu menyiapkan modal tambahan. Sebagai contoh, kalau kamu mau menambah jumlah stok barang. Tentu kamu perlu modal lebih banyak untuk berbelanja stok tambahan tersebut.
Di satu sisi, kamu mungkin berinvestasi lebih banyak. Akan tetapi, dengan strategi yang tepat, kamu berpeluang memperoleh keuntungan lebih besar pula.
Baca juga: 5 Hal yang Perlu Disiapkan oleh Bisnis Ritel Saat Idulfitri
Cara Menarik Perhatian Konsumen Bisnis Online saat Lebaran
Untuk mengoptimalkan penjualan saat libur Lebaran, kamu bisa menerapkan program promosi khusus yang akan menarik perhatian calon konsumen. Berikut ini beberapa tips yang patut kamu pertimbangkan.
Tampilan Katalog Produk yang Baru dan Menarik
Baik untuk toko online di website pribadi bisnis ataupun marketplace, kamu perlu memperbarui tampilan toko.
Tampilan baru yang memuat katalog produk cukup penting karena katalog produk akan memberikan kesan kepada konsumen tentang bisnis. Jika tokomu terlihat berantakan, tentunya konsumen kemungkinan besar akan ragu untuk berbelanja.
Lengkapi Deskripsi Produk
Makin rinci deskripsi yang kamu cantumkan, peluangmu meyakinkan pembeli akan makin besar.
Pada dasarnya, konsumen menginginkan produk yang tepat. Mereka bisa mengetahuinya salah satunya melalui informasi di deskripsi produk.
Jadi, kalau mau penjualan maksimal saat libur Lebaran, pastikan deskripsi produk di toko online-mu sudah lengkap.
Diskon Selalu Dicari oleh Konsumen
Tak hanya gerai bisnis offline, bisnis online pun perlu menawarkan diskon agar konsumen tertarik berbelanja.
Maka dari itu, kamu perlu membuat promo spesial Lebaran yang terlihat menarik untuk pelanggan. Dengan cara ini, calon konsumen yang tadinya hanya ingin melihat-lihat saja bisa tertarik dan memutuskan berbelanja.
Apakah kamu tahu sebagian besar konsumen akhirnya berbelanja, meskipun awalnya tidak berencana untuk berbelanja?
Ada banyak model program diskon yang bisa kamu berikan. Sebut saja, kamu menjalankan flash sale sejak memasuki minggu ketiga Ramadan sampai dua minggu setelah Lebaran.
Meskipun durasinya panjang, kamu dapat mengatur secara selektif produk-produk yang masuk ke dalam program flash sale tersebut. Produk-produk yang selama ini penjualannya cenderung lambat dapat ditingkatkan melalui program ini.
Promo Bundling dan Gratis Ongkos Kirim
Selain pemberian potongan harga, kamu juga bisa menjual produk lebih cepat melalui promo bundling yang menawarkan paket produk untuk pelanggan.
Sebagai contoh, jika kamu menyediakan busana muslim, kamu bisa menawarkan promo bundling baju koko dan sarung atau kopiah. Kamu juga bisa memaketkan mukena dan sajadah.
Prinsipnya, buatlah paket produk yang saling berhubungan sehingga konsumen merasa ‘beruntung’ memperolehnya sekaligus dalam satu kali pembelian.
Selain bundling produk, kamu juga bisa mengadakan promo free ongkir supaya konsumen tak ragu berbelanja.
Pasalnya, banyak konsumen merasa enggan membayar ongkos kirim bila biayanya setara, apalagi lebih tinggi dari jumlah total harga produk. Dengan adanya promo gratis ongkir, kondisi tersebut tentu bisa dihindari.
Baca juga: Cara Praktis Gelar Diskon Ramadan Anti Rugi
Apakah persiapan dan strategi di atas sudah mulai kamu terapkan di bisnis online-mu? Jika belum, pastikan kamu segera melakukannya sebab Idulfitri sudah hampir tiba.
Untuk kamu yang perlu tips atau ide strategi bisnis lainnya, tak perlu khawatir sebab kami memiliki banyak referensi lain. Yuk, klik tautan ini!