Table of Content

    Menjadikan Make Up Artist sebagai Karier Profesional

    Industri kecantikan menjadi salah satu industri yang sangat populer belakangan ini. Pengusaha produk make up dan make up artist bisa menjadi pilihan pekerjaan yang sangat menjanjikan.

    Dunia kecantikan telah menjadi industri yang bernilai miliaran rupiah. Kecantikan dan produk kosmetik membuat sebagian besar wanita lebih percaya diri. Wajar saja bila banyak orang yang akhirnya serius menjadikan make up artist atau penata rias sebagai karier profesional, sebab peluang di bidang ini memang besar sekali.

    Peluang pekerjaan bagi penata rias sangat luas dan beragam. Tak jarang, bagi beberapa orang hal ini jadi terasa sangat membingungkan. Bagi kamu yang tertarik memiliki karier profesional sebagai penata rias, beberapa peluang pekerjaan yang di bawah ini semoga bisa menjadi inspirasi untukmu.

    1. Penata rias lepas

    Penata rias lepas atau freelance menjadi pilihan banyak make up artist. Posisi ini, seperti kebanyakan pekerjaan freelance lainnya, dapat memberi kamu keleluasaan bekerja secara independen dan mengatur jadwal secara fleksibel. Potensi keleluasaan ini juga yang menjadikan penata rias banyak dipilih orang sebagai karier profesional.

    Sebagai penata rias lepas, kamu akan mempunyai banyak sekali peluang dalam berkarier. Namun, bila memilih jenis pekerjaan lepas, kamu juga perlu memahami aspek pemasaran atau bisnis dari pekerjaan ini. Sebab semua hal akan sangat bergantung padamu, mulai dari mendapatkan klien hingga memasarkan bisnis.

    Artinya, kamu tetap perlu memahami dan memiliki pola pikir sebagai pemilik bisnis. Untuk mencapai hal tersebut, kamu bisa mengikuti kursus singkat terkait bisnis dan pemasaran atau paling tidak meluangkan waktu untuk membaca buku panduan bisnis, khususnya bagi penata rias.

    2. Penata rias pengantin

    Sebagai penata rias lepas, kamu juga dapat menentukan bidang spesifik yang ingin ditekuni. Khusus menjadi penata rias pengantin misalnya.

    Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sangat menguntungkan. Saat ini, cukup banyak calon pengantin wanita yang rela mendatangkan penata rias profesional demi memperoleh tampilan tata rias yang sesuai dengan keinginan, di hari yang sangat istimewa dalam hidup mereka. Hal ini bahkan menjadi kebutuhan para calon mempelai wanita.

    Belum lagi, kebutuhan akan tata rias ini bukan hanya menjadi kebutuhan si calon pengantin. Pada resepsi pernikahan, ada ibu calon pengantin, saudara dan keluarga, serta sahabat-sahabat dekat mempelai, yang biasanya juga membutuhkan penata rias. Sehingga, penata rias pengantin benar-benar akan menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan secara finansial.

    Akan tetapi, perlu diingat, pekerjaan ini menuntut banyak sekali perhatian dan menguras fokus. Biasanya, situasi di hari pernikahan itu sangat penuh tekanan dan kamu akan bekerja di lingkungan yang belum kamu ketahui dengan banyak sekali distraksi. Bila kamu tipe yang siap dengan berbagai kemungkinan dan dapat dengan sigap menghadapi berbagai tantangan, pekerjaan ini bisa jadi cocok untukmu.

    3. Penata rias untuk media

    Bekerja sebagai penata rias untuk media cetak berarti kamu akan bekerja sangat dekat dengan model, fotografer, dan sering kali dengan dengan perusahaan atau brand produk kosmetik.

    Dalam proses pengembangan brand, penata rias harus mengikuti arahan yang sudah disediakan. Pengarah gaya biasanya akan memberitahu tampilan tata rias yang harus dibuat serta produk apa yang harus digunakan untuk membuat tampilan tersebut.

    Bila kamu bekerja dengan fotografer, mereka biasanya sudah memiliki gambaran tentang tampilan tata rias dan gaya yang ingin ditangkap kamera. Kamu, sebagai penata rias, harus bisa mengakomodasi kebutuhan fotografer dan membuat tampilan yang diinginkan tersebut.

    Pekerjaan ini juga tak kalah menguntungkan dibandingkan menjadi penata rias pengantin. Namun, kamu perlu menginvestasikan banyak waktu untuk membentuk jejaring yang luas, khususnya dengan fotografer, model, dan brand produk kosmetik. Kelebihan dari pekerjaan ini, karya atau tata rias yang kamu kreasikan akan dipublikasi baik melalui media cetak maupun online.

    4. Penata rias untuk peragaan busana

    Bila kamu sangat serius dalam menekuni profesi make up artist ini, tidak menutup kemungkinan suatu saat kamu dapat bekerja sama dengan perusahaan kosmetik yang terlibat dalam event bergengsi, seperti fashion week.

    Di sini, kamu akan dituntut untuk mampu membuat tampilan tata rias yang memang dibutuhkan untuk peragaan busana. Kamu juga harus mampu menunjukkan keterampilan terbaik agar dapat berada dalam jajaran tim penata rias di acara-acara fashion besar dan ternama.

    Seorang penata rias yang dilibatkan dalam acara peragaan busana atau fashion week, tidak selalu menerima bayaran berupa uang. Tapi, perlu diingat pengalaman tersebut sangat baik untuk curriculum vitae atau portofolio milikmu.

    5. Penata rias untuk selebritas

    Kamu tentu mengetahui, saat ini banyak sekali kalangan selebritas, termasuk di dalamnya influencer, pekerja seni terkenal, atau kalangan elit lainnya. Keterampilanmu akan dibutuhkan oleh para pesohor tersebut.

    Memang untuk dapat menjadi penata rias bagi kalangan selebritas, kamu perlu memiliki koneksi yang tepat atau hasil karyamu perlu dilihat oleh orang yang tepat. Jika kamu belum memiliki jejaring kaum selebritas, maka cara yang dapat kamu lakukan adalah mengunggah portofolio di media sosial dan berusaha untuk diperhatikan oleh orang yang dapat memberikan referensi, sehingga kamu dapat dikenal dan dicari oleh kaum selebritas yang membutuhkan jasa penata rias.

    Tentu saja menjadi penata rias bagi selebritas juga sangat menjanjikan secara finansial. Namun, kamu perlu memahami teknik High Definition make up yang akan dibutuhkan untuk sesi pemotretan.

    Bagi kamu yang mencintai make up, menjadi make up artist bukanlah satu-satunya profesi yang dapat kamu tekuni. Masih ada hal-hal lain yang dapat kamu lakukan. Seperti menjadi beauty blogger bila kamu suka menulis, atau menjadi beauty vlogger. Bahkan kamu bisa menjadi pengajar di sekolah-sekolah make up atau lembaga-lembaga kursus tata rias.

    Pada dasarnya, hampir semua pekerjaan tersebut menguntungkan, pilihannya tentu ada di tanganmu. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
    Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
    Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
    3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
    Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.