Seseorang yang sedang membangun usaha atau meluncurkan produk baru biasanya sering mengalami kesulitan dalam menawarkan produk.
Kesulitan ini, jika tidak segera diatasi dapat menjadi awal dari tutupnya sebuah usaha dalam jangka waktu 2–3 bulan dari peluncuran produk. Usaha ini akan tutup karena tidak mampunya usaha dalam mendapatkan angka penjualan yang sesuai dengan target, sehingga biaya produksinya tidak tertutupi.
Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai pemilik usaha, kamu perlu berbagai strategi tepat agar pengembangan usaha milikmu menjadi lebih optimal dan terus menghasilkan profit. Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk membuat target audiensmu tertarik membeli produk milikmu yaitu dengan mengoptimalkan layanan pelanggan. Kenyamanan pelanggan menjadi salah satu prioritas yang strateginya perlu kamu pikirkan dengan matang. Tanpa kamu sadari bahwa kenyamanan merupakan daya tarik produk sehingga pelanggan membeli produk dari usahamu.
Namun, apakah memberikan pelayanan terbaik cukup untuk dapat mengubah calon konsumen untuk membeli produkmu? Nyatanya tidak semudah itu. Saat ini, konsumen memilih mencari detail produk atau jasa melalui internet. Jadi penting bagi kamu untuk mengenali konsumen hingga dapat menarik perhatian mereka, ya.
Berikut ini strategi #NyalakanAksimu mengoptimalkan layanan pelanggan agar konsumen tertarik terhadap produk yang kamu tawarkan. Yuk, simak sampai habis, ya!
Layanan yang Berkualitas dan Komunikasi yang Efektif
Supaya daya tarik produk dari usahamu terus dilirik konsumen, kamu perlu melakukan layanan pelanggan yang berkualitas dan konsisten sehingga mereka akan puas dengan service yang bisnismu berikan.
Sebuah komunikasi yang efektif antara bisnis dan customer dapat menjadi daya tarik produk agar dibeli customer, lho! Komunikasi harus bersifat responsif, efisien, dan solutif, ya.
Salah satu cara komunikasi yang efektif dan mendatangkan daya tarik produk misalnya memberikan informasi detail terkait produk atau jasa yang baru launching.
Tak lupa untuk selalu memastikan bahwa pelangganmu merasa senang dan terpuaskan dengan pengalaman mereka saat berinteraksi dengan bisnismu.
Baca juga: Mencari Loyalty Program yang Kreatif? Intip Idenya di Sini!
Program Loyalitas Pelanggan
Program loyalitas yang efektif dapat membantu mempertahankan pelangganmu. Dengan memberikan program loyalitas pelanggan yang menguntungkan mereka, tentunya akan berdampak pada daya tarik produk yang kamu tawarkan juga. Program loyalitas pelanggan ini potongan harga, rewards, cashback, hingga akses penawaran khusus. Dengan cara ini, loyal customer akan terus tertarik membeli produk atau jasa dari bisnismu.
Menyesuaikan Produk atau Jasa
Layanan pelanggan yang bisa kamu optimalkan untuk daya tarik produk yaitu mengadakan survei pelanggan terkait produk atau jasa yang kamu sudah kamu tawarkan. Bisnismu harus paham kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga bisnismu dapat menyesuaikan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentunya cara ini dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.
Baca juga: Penggunaan Aplikasi Wirausaha Online, Tekan Pengeluaran Bisnis!
Menyediakan Layanan Pengiriman Cepat
Kini, tak sedikit orang yang membutuhkan barang atau produknya sampai dalam waktu yang cepat. Layanan pelanggan yang bisa meningkatkan daya tarik produkmu dilirik pelanggan yaitu dengan menyediakan layanan pengiriman cepat.
Jika pelanggan bisa mendapat produk dengan cepat, mereka tentu akan merasa puas. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu aspek yang memengaruhi kepuasan pelanggan dan daya tarik produk dibeli pelanggan adalah pengiriman yang cepat. Saat pelanggan merasa puas dengan layanan dan produkmu, peluang mereka melakukan repeat order pun semakin besar.
Itulah strategi #NyalakanAksimu mengoptimalkan layanan pelanggan untuk daya tarik produkmu dibeli pelanggan. Kamu bisa mengimplementasikan strategi tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan untuk menghadapi tantangan bisnis, ya.
Kini kamu tak perlu bingung lagi untuk mengoptimalkan layanan pelanggan agar produkmu dilirik pelanggan. Kamu bisa menggunakan aplikasi majoo yang sudah berbasis cloud. Aplikasi majoo adalah aplikasi wirausaha lengkap untuk kelola bisnis menjadi lebih maju. Di dalam satu aplikasi terdapat fitur lengkap untuk semua jenis usaha, lho!
Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan layanan pelanggan ini yaitu fitur CRM (Customer Relationship Management). Dengan menggunakan fitur ini, kamu akan lebih dekat dengan pelanggan karena bisa menggunakan marketing campaign untuk mengirimkan promo via SMS, WhatsApp, email, LBA Telkomsel, hingga Consumer App. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan produk favorit yang sering dibeli oleh loyal customer-mu.
Nikmati beragam fitur dan layanan lengkap untuk kelola apa pun jenis bisnismu. Kamu bisa coba gratis aplikasi majoo selama 14 hari, lho! Yuk, mulai majoo sekarang!