Peluang Bisnis Fesyen Muslim yang Ditangkap oleh Hijup

Penulis Nisa Destiana
09 March 2020

article thumbnail

Beberapa model busana muslim yang tersedia di Hijup 

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, bukan hal mengejutkan apabila pasar bagi bisnis fesyen muslim sangat besar. Namun, perlu diakui bahwa tren penggunaan busana muslim baru meningkat beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut membuat pasar bagi bisnis yang satu ini meningkat jauh lebih besar lagi.

Peluang bagi bisnis fesyen muslim tidak terbatas hanya di dalam negeri, pertumbuhan ekspor meningkat 2-3% setiap tahunnya. Industri yang satu ini juga menyumbang hingga 50% pendapatan di bidang industri kreatif. Bayangkan, betapa besarnya potensi bisnis busana muslim ini!

Hijup, e-commerce fesyen muslim pertama

Potensi tersebut ditangkap dengan baik oleh Diajeng Lestari, pendiri Hijup. Meskipun pada mulanya, Diajeng Lestari yang lebih akrab disapa Ajeng, tidak secara spesifik membangun bisnis tersebut atas dasar potensi bisnis yang besar, melainkan karena alasan yang lebih personal.

Peluang di bidang fesyen muslim justru disadari Ajeng karena kesulitannya dalam menemukan busana muslim dengan model terkini. Sementara statusnya sebagai salah satu karyawan di perusahaan terkemuka ketika itu, menuntutnya untuk selalu tampil fashionable dan rapi.

Ajeng sebetulnya sadar, di tahun 2011, sudah banyak merek busana muslim yang menyajikan mode-mode terkini. Hanya saja, sistem yang dimiliki oleh merek-merek terkenal kala itu belum terbentuk dengan baik sehingga menyulitkan konsumen, seperti dirinya, dalam mengakses busana muslim tersebut. Ajeng bahkan sempat berdiskusi dengan beberapa desainer busana muslim yang ia kenal dari komunitas Hijab Community, rata-rata menyatakan bahwa membentuk sistem merupakan tantangan besar dalam bisnis yang mereka bangun.

Menindaklanjuti hal tersebut, Ajeng mendirikan Hijup sebagai jembatan antara para desainer busana muslim dengan calon pembeli, tak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Dengan demikian, kukuhlah posisi Hijup sebagai e-commerce fesyen muslim pertama.

Untuk memahami konsep bisnisnya, secara sederhana Hijup dapat diumpamakan sebagai mal yang mewadahi berbagai merek. Perbedaannya, mal yang satu ini tidak memiliki wujud fisik bangunan atau hanya dipasarkan secara online.

Di luar hal tersebut, konsep yang diusung oleh Ajeng, benar-benar menyerupai mal. Produk yang dijual hanyalah produk dari desainer atau tenant yang telah bekerja sama serta dilakukan kurasi terhadap produk-produk yang akan dijual. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 70 tenant yang menjual produknya di Hijup.com. 

Ria Miranda, salah satu desainer yang bekerja sama sejak awal berdirinya Hijup

Jadi, terdapat simbiosis mutualisme di sini. Kehadiran Hijup membuat desainer dapat mengembangkan bisnis dan meningkatkan keuntungan secara efisien, sekaligus memudahkan para calon pembeli dalam mencari produk fesyen muslim yang dibutuhkan.

SDM dan value adalah landasan penting membangun bisnis

Kemampuan menangkap peluang adalah satu hal dalam bisnis, namun berhasil mengembangkannya merupakan hal yang berbeda lagi. Tidak semua orang yang mampu menangkap peluang pasti berhasil mengembangkan bisnis.

Ajeng sendiri percaya bahwa SDM dan value merupakan hal yang penting di dalam membangun sebuah bisnis. Sebab pada titik tertentu, pemilik usaha harus mendelegasikan pekerjaan pada karyawan. Oleh karenanya, sejak awal memilih karyawan atau SDM merupakan keputusan krusial yang menentukan kemajuan bisnis.

Setidaknya ada tiga hal yang menjadi perhatian Ajeng dalam merekrut karyawan: ahli, passionate, serta memegang nilai yang selaras dengan nilai atau value perusahaan. Adapun nilai-nilai yang dipegang oleh Hijup.com adalah trusted, helpful, serta empower.

Kombinasi dari kemampuan menangkap peluang, memilih tim yang tepat, serta mengembangkan nilai perusahaan yang jelas, ternyata mampu memajukan bisnis yang kamu bangun. Apakah kamu juga menilai bisnis busana muslim sebagai usaha yang menjanjikan? Jika iya, jelang ramadan seperti saat ini merupakan waktu tepat untuk meluncurkan merek busana muslim milikmu.

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo