Customer service memegang peranan yang tidak remeh bagi perusahaan. Mengenali kebutuhan konsumen, melayani dengan ramah, sopan, dan cekatan, memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen, sampai dengan menawarkan paket khusus atau potongan harga.
Untuk terus memenuhi kebutuhan layanan, maka perusahaan dirasa perlu untuk memiliki sumber daya manusia yang mumpuni di dalam tim customer service-nya. Beberapa perusahaan mampu melakukan hal ini dan bahkan mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan dengan customer service terbaik.
Perusahaan apa saja? Mari kita lihat tiga perusahaan besar dengan pelayanan terbaik.
1. Chick-Fil-A.
Di kategori restoran, Chick-Fil-A adalah juaranya. Chick-Fil-A adalah restoran cepat saji yang berasal dari Amerika dengan sistem franchise. Chick-Fil-A mendapat peringkat pertama Forbes tahun 2018 sebagai perusahaan dengan customer service terbaik. Hasil ini didapat berdasarkan survey yang dilakukan oleh MS Money dan American Customer Satisfaction Index (ACSI). Mayoritas orang yang mengisi survey tersebut menyatakan bahwa Chick-Fil-A memiliki pelayanan yang bersih, cepat, dan para stafnya sangat sopan terhadap pelanggan.
Para staf Chick-Fil-A dikenal sering mengucapkan kata 'tolong' dan 'terima kasih', hal yang sepertinya kecil tapi sangat menghargai konsumen. Sudah selayaknya kamu akan merasa senang bila pergi ke sebuah tempat yang membuatmu merasa dihargai.
2. Amazon
Dari kategori E-Commerce, Amazon masih memegang posisi tertinggi. Amazon didirikan dengan nama awal Cadabra pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos. Perusahaan ini dimulai dengan benih investasi awal sebesar $ 1 Juta dari keluarga dan teman-teman Jeff. Cadabra berubah nama menjadi amazon.com pada tahun 1995.
Amazon pertama kali muncul sebagai toko buku online sebelum akhirnya beralih menjadi platform jual-beli berbagai macam barang. Selain petugas customer service, semua karyawan Amazon memang selalu dituntut untuk memperlakukan konsumen bak raja. Amazon memegang prinsip yaitu sangat memfokuskan pada kebutuhan konsumen. Amazon tahu kebutuhan dan gaya belanja customer di masa kini dan masa depan. Hal ini menjadikan Amazon memiliki keunggulan bersaing dan lebih maju dari pesaingnya.
Dalam mengelola Amazon, Jeff Bezos sangat piawai dalam mengurangi biaya pemasaran demi kesenangan konsumen. Bezos mengurangi biaya iklan, yang membuat biaya pengiriman menjadi gratis. Biaya antar yang gratis dan harga yang paling murah membuat Amazon menjadi pilihan nomor satu para pelanggannya.
3. Lexus
Lexus merupakan divisi khusus dari Toyota yang menyediakan produk untuk pecinta mobil mewah di seluruh dunia. Selain terkenal dengan kualitas mobilnya, Lexus juga terkenal dengan kualitas pelayanan yang sangat baik di antara brand otomotif kelas dunia. Lexus memiliki customer service yang sangat memuaskan.
Sejak sekitar lima atau enam tahun yang lalu, Lexus merilis sebuah layanan bernama Concierge Service. Concierge Service adalah layanan yang memberikan kenyamanan bagi konsumen tidak hanya sekadar menjual mobil mewah kepada mereka, namun juga paket kenyamanan keseluruhan di perjalanan atau saat mereka menservis kendaraan mereka bahkan jika mobil kamu mengalami masalah atau kamu terjebak permasalahan di jalan seperti banjir dan bencana alam lainnya.
Layanan yang diberikan oleh Lexus memudahkan konsumen untuk melakukan servis kendaraan rutin di mana saja mereka berada, baik di perjalanan, rumah ataupun kantor. Sehingga konsumen tidak perlu datang ke Lexus Gallery untuk melakukan servis kendaraan mereka.