Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Perusahaan dengan Studi Kasus Customer Service Terbaik

    Customer service memegang peranan yang tidak remeh bagi perusahaan. Mengenali kebutuhan konsumen, melayani dengan ramah, sopan, dan cekatan, memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen, sampai dengan menawarkan paket khusus atau potongan harga.

     

    Untuk terus memenuhi kebutuhan layanan, maka perusahaan dirasa perlu untuk memiliki sumber daya manusia yang mumpuni di dalam tim customer service-nya. Beberapa perusahaan mampu melakukan hal ini dan bahkan mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan dengan customer service terbaik.

     

    Perusahaan apa saja? Mari kita lihat tiga perusahaan besar dengan pelayanan terbaik.

     

    1. Chick-Fil-A.

     

    Prinsip konsumen adalah raja benar-benar diterapkan oleh Amazon dalam bisnisnya

     

    Di kategori restoran, Chick-Fil-A adalah juaranya. Chick-Fil-A adalah  restoran cepat saji yang berasal dari Amerika dengan sistem franchise. Chick-Fil-A mendapat peringkat pertama Forbes tahun 2018 sebagai perusahaan dengan customer service terbaik. Hasil ini didapat berdasarkan survey yang dilakukan oleh MS Money dan American Customer Satisfaction Index (ACSI). Mayoritas orang yang mengisi survey tersebut menyatakan bahwa Chick-Fil-A memiliki pelayanan yang bersih, cepat, dan para stafnya sangat sopan terhadap pelanggan.

     

    Para staf Chick-Fil-A dikenal sering mengucapkan kata 'tolong' dan 'terima kasih', hal yang sepertinya kecil tapi sangat menghargai konsumen. Sudah selayaknya kamu akan merasa senang bila pergi ke sebuah tempat yang membuatmu merasa dihargai.

     

    2. Amazon

     

     

    Dari kategori E-Commerce, Amazon masih memegang posisi tertinggi. Amazon didirikan dengan nama awal Cadabra pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos. Perusahaan ini dimulai dengan benih investasi awal sebesar $ 1 Juta dari keluarga dan teman-teman Jeff. Cadabra berubah nama menjadi amazon.com pada tahun 1995.

     

    Amazon pertama kali muncul sebagai toko buku online sebelum akhirnya beralih menjadi platform jual-beli berbagai macam barang. Selain petugas customer service, semua karyawan Amazon memang selalu dituntut untuk memperlakukan konsumen bak raja. Amazon memegang prinsip yaitu sangat memfokuskan pada kebutuhan konsumen. Amazon tahu kebutuhan dan gaya belanja customer di masa kini dan masa depan. Hal ini menjadikan Amazon memiliki keunggulan bersaing dan lebih maju dari pesaingnya.

     

    Dalam mengelola Amazon, Jeff Bezos sangat piawai dalam mengurangi biaya pemasaran demi kesenangan konsumen. Bezos mengurangi biaya iklan, yang membuat biaya pengiriman menjadi gratis. Biaya antar yang gratis dan harga yang paling murah membuat Amazon menjadi pilihan nomor satu para pelanggannya.

     

    3. Lexus

     Di Lexus, bukan cuma mobil mewah yang bisa didapat oleh konsumen, tapi juga pelayanan yang sangat memuaskan

     

    Lexus merupakan divisi khusus dari Toyota yang menyediakan produk untuk pecinta mobil mewah di seluruh dunia. Selain terkenal dengan kualitas mobilnya, Lexus juga terkenal dengan kualitas pelayanan yang sangat baik di antara brand otomotif kelas dunia. Lexus memiliki customer service yang sangat memuaskan.

     

    Sejak sekitar lima atau enam tahun yang lalu, Lexus merilis sebuah layanan bernama Concierge Service. Concierge Service adalah layanan yang memberikan kenyamanan bagi konsumen tidak hanya sekadar menjual mobil mewah kepada mereka, namun juga paket kenyamanan keseluruhan di perjalanan atau saat mereka menservis kendaraan mereka bahkan jika mobil kamu mengalami masalah atau kamu terjebak permasalahan di jalan seperti banjir dan bencana alam lainnya.

     

    Layanan yang diberikan oleh Lexus memudahkan konsumen untuk melakukan servis kendaraan rutin di mana saja mereka berada, baik di perjalanan, rumah ataupun kantor. Sehingga konsumen tidak perlu datang ke Lexus Gallery untuk melakukan servis kendaraan mereka.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?