Perusahaan dengan Studi Kasus Customer Service Terbaik

Penulis Dini N. Rizeki
22 September 2020

article thumbnail

Customer service memegang peranan yang tidak remeh bagi perusahaan. Mengenali kebutuhan konsumen, melayani dengan ramah, sopan, dan cekatan, memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen, sampai dengan menawarkan paket khusus atau potongan harga.

 

Untuk terus memenuhi kebutuhan layanan, maka perusahaan dirasa perlu untuk memiliki sumber daya manusia yang mumpuni di dalam tim customer service-nya. Beberapa perusahaan mampu melakukan hal ini dan bahkan mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan dengan customer service terbaik.

 

Perusahaan apa saja? Mari kita lihat tiga perusahaan besar dengan pelayanan terbaik.

 

1. Chick-Fil-A.

 

Prinsip konsumen adalah raja benar-benar diterapkan oleh Amazon dalam bisnisnya

 

Di kategori restoran, Chick-Fil-A adalah juaranya. Chick-Fil-A adalah  restoran cepat saji yang berasal dari Amerika dengan sistem franchise. Chick-Fil-A mendapat peringkat pertama Forbes tahun 2018 sebagai perusahaan dengan customer service terbaik. Hasil ini didapat berdasarkan survey yang dilakukan oleh MS Money dan American Customer Satisfaction Index (ACSI). Mayoritas orang yang mengisi survey tersebut menyatakan bahwa Chick-Fil-A memiliki pelayanan yang bersih, cepat, dan para stafnya sangat sopan terhadap pelanggan.

 

Para staf Chick-Fil-A dikenal sering mengucapkan kata 'tolong' dan 'terima kasih', hal yang sepertinya kecil tapi sangat menghargai konsumen. Sudah selayaknya kamu akan merasa senang bila pergi ke sebuah tempat yang membuatmu merasa dihargai.

 

2. Amazon

 

 

Dari kategori E-Commerce, Amazon masih memegang posisi tertinggi. Amazon didirikan dengan nama awal Cadabra pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos. Perusahaan ini dimulai dengan benih investasi awal sebesar $ 1 Juta dari keluarga dan teman-teman Jeff. Cadabra berubah nama menjadi amazon.com pada tahun 1995.

 

Amazon pertama kali muncul sebagai toko buku online sebelum akhirnya beralih menjadi platform jual-beli berbagai macam barang. Selain petugas customer service, semua karyawan Amazon memang selalu dituntut untuk memperlakukan konsumen bak raja. Amazon memegang prinsip yaitu sangat memfokuskan pada kebutuhan konsumen. Amazon tahu kebutuhan dan gaya belanja customer di masa kini dan masa depan. Hal ini menjadikan Amazon memiliki keunggulan bersaing dan lebih maju dari pesaingnya.

 

Dalam mengelola Amazon, Jeff Bezos sangat piawai dalam mengurangi biaya pemasaran demi kesenangan konsumen. Bezos mengurangi biaya iklan, yang membuat biaya pengiriman menjadi gratis. Biaya antar yang gratis dan harga yang paling murah membuat Amazon menjadi pilihan nomor satu para pelanggannya.

 

3. Lexus

 Di Lexus, bukan cuma mobil mewah yang bisa didapat oleh konsumen, tapi juga pelayanan yang sangat memuaskan

 

Lexus merupakan divisi khusus dari Toyota yang menyediakan produk untuk pecinta mobil mewah di seluruh dunia. Selain terkenal dengan kualitas mobilnya, Lexus juga terkenal dengan kualitas pelayanan yang sangat baik di antara brand otomotif kelas dunia. Lexus memiliki customer service yang sangat memuaskan.

 

Sejak sekitar lima atau enam tahun yang lalu, Lexus merilis sebuah layanan bernama Concierge Service. Concierge Service adalah layanan yang memberikan kenyamanan bagi konsumen tidak hanya sekadar menjual mobil mewah kepada mereka, namun juga paket kenyamanan keseluruhan di perjalanan atau saat mereka menservis kendaraan mereka bahkan jika mobil kamu mengalami masalah atau kamu terjebak permasalahan di jalan seperti banjir dan bencana alam lainnya.

 

Layanan yang diberikan oleh Lexus memudahkan konsumen untuk melakukan servis kendaraan rutin di mana saja mereka berada, baik di perjalanan, rumah ataupun kantor. Sehingga konsumen tidak perlu datang ke Lexus Gallery untuk melakukan servis kendaraan mereka.

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo