Table of Content

    Prediksi Corona Berakhir, Inilah yang Perlu Dipersiapkan

    Prediksi corona akan segera berakhir, pelaku usaha pun sudah harus mulai mempersiapkan untuk membuka kembali bisnisnya

    Rencana dicabutnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi prediksi pandemi corona diharapkan akan berakhir dalam waktu dekat. Pandemi yang tengah menjangkiti dunia ini memang diprediksi akan berakhir pada pertengahan tahun, meski mungkin akan ada perubahan tergantung dengan situasi yang terjadi. Namun, para pelaku usaha tentunya harus sudah mengambil ancang-ancang untuk membangun bisnis kembali. Terutama bagi bisnis-bisnis yang harus sedikit menunduk pada masa PSBB, persiapan yang matang perlu dilakukan agar bisnis dapat kembali berkembang.

    Untuk mulai membangun bisnis agar berjalan kembali seperti sedia kala, beberapa hal berikut perlu mendapatkan perhatian khusus:

    Dengan prediksi corona akan segera berakhir, bisnis pun siap dimulai kembali

    Penurunan angka penjualan yang terjadi pada saat PSBB

    Mengukur kemampuan serta sumber daya merupakan langkah pertama dalam mengatur strategi bisnis. Penting bagi setiap pelaku usaha untuk mengukur seberapa besar dampak pandemi COVID-19 terhadap bisnis yang tengah dijalankan. Beberapa usaha masih dapat berjalan saat corona menyerang, beberapa memutuskan untuk menghentikan operasional harian untuk menekan pengeluaran. Bagaimana ke depannya bisnis dapat dibangun ulang sangat dipengaruhi oleh kemampuan bisnis itu sendiri.

    Kemungkinan untuk memulai kembali proses produksi

    Pandemi COVID-19 tidak hanya menghantam bisnis dari sisi penjualan serta pemasarannya saja. Sebagian besar proses produksi juga terpaksa dihentikan, baik untuk mengurangi biaya operasional maupun karena mengikuti anjuran dari pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial. Tanpa adanya produksi, bisnis akan sulit untuk dijalankan karena produk yang dapat dipasarkan kembali terbatas pada stok yang saat ini tengah dimiliki. Umumnya, pelaku usaha perlu menjalin ulang komunikasi dengan pemasok untuk memastikan ketika bisnis yang dijalani dimulai kembali, produk yang akan dipasarkan pun sudah tersedia.

    Kesiapan pasar dalam melakukan pembelian

    Meski pelaku usaha sudah yakin bisnis siap untuk dibangun kembali, baik dari sisi produksi maupun pemasaran, operasional bisnis akan tetap tersendat jika minat serta daya beli masyarakat masih rendah. Bagi pelaku usaha yang memiliki segmen khusus, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap pasar yang ditarget. Jika memang pasar masih belum siap menerima produk yang akan dipasarkan, tidak ada salahnya untuk menunda dahulu rencana untuk memulai bisnis kembali dan menggunakan waktu tersebut untuk mematangkan strategi pemasaran sehingga angka penjualan dapat didorong naik ketika pasar memang sudah sehat.

    Pengenalan ulang untuk mulai membangun bisnis

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pentingnya melakukan promo untuk memberi tahu pasar bahwa bisnis sudah siap untuk dijalankan kembali. Langkah ini sangat penting khususnya bagi bisnis-bisnis yang operasionalnya sepenuhnya terhenti pada saat PSBB, sehingga ketika bisnis dibuka kembali, pasar yang ditarget mengetahui bahwa produk sudah siap untuk dibeli.

    Beri tahu seluruh pelanggan setia bahwa produk-produk yang mereka suka sudah bisa ditemui lagi di pasaran. Tentunya, bisnis yang memiliki program loyalitas pelanggan akan lebih mudah untuk mulai kembali komunikasi kepada setiap pelanggannya. Agar lebih mudah dalam membangun bisnis kembali setelah prediksi corona berakhir, para pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur loyalitas yang dimiliki oleh aplikasi majoo, cara terbaik untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!