Dunia industri dan pelanggan saat ini semakin terbuka pada ide tentang bisnis yang memiliki rasa tanggung jawab sosial. Sebagai pebisnis, kamu bisa mengimplementasikan program loyalitas pelanggan yang tidak harus melibatkan diskon atau bonus, tetapi, untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, kamu bisa menyisipkan nilai-nilai bisnismu pada program loyalty ini.
Dengan membuat program loyalitas pelanggan yang berpegang pada nilai-nilai etik bisnismu, pelangganmu akan lebih mungkin menjadi loyal terhadap brand bisnis yang kamu bangun.
Selama ini, banyak orang mungkin sebenarnya ingin berbuat baik dengan berdonasi atau ikut dalam kegiatan-kegiatan amal, tapi tidak semua orang punya waktu atau anggaran dana berlebih untuk melakukannya. Kamu bisa merancang program loyalitas pelanggan yang memungkinkan pelangganmu untuk mendonasikan poin yang mereka kumpulkan dengan bentuk donasi ke pihak yang membutuhkan yang telah ditentukan sebelumnya. Misal saja, jika kamu mengelola kedai kopi, kamu bisa memberikan pilihan bagi pelangganmu untuk menukar poin loyalitas mereka dengan bibit pohon kopi yang didonasikan ke petani yang membutuhkan.
Beberapa brand berikut ini telah mencoba menerapkan program donasi dalam program loyalitas pelanggannya dan menuai respons positif dari mereka.
The Body Shop
Brand produk perawatan kulit dan kecantikan yang berasal dari Inggris ini telah lama menerapkan program donasi sebagai bagian dari loyalty program mereka. Selain menukar poin dengan voucher untuk dipakai sendiri, anggota program ini bisa memilih untuk mendonasikan poinnya ke beberapa lembaga yang telah bekerja sama, di antaranya: The Body Shop Foundation dan World Land Trust.
Menyasar para pelanggannya yang memiliki nilai etik yang selaras, The Body Shop berhasil membuat program donasi ini menjadi lebih bermakna. Nilai etik yang selaras akan memberikan kesempatan bagi brand untuk bisa terhubung dengan pelanggan secara lebih mendalam dan menguatkan hubungan dengan pelanggan.
Careem
Sebagai bagian dari Uber di Kawasan Timur Tengah, sepanjang Ramadan tahun lalu, Careem meluncurkan program donasi melalui aplikasi loyalitas pelanggannya, Careem REWARDS. Perusahaan transportasi ini melipatgandakan setiap donasi yang dilakukan oleh pelanggan melalui aplikasi tersebut, dan membawa misi “melipatgandakan kebaikan yang Anda lakukan”.
Setiap kali pelanggan menggunakan layanan Careem, mereka akan mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan donasi amal, tapi selama bulan Ramadan, nilai tersebut bermakna lipat ganda.
Dikutip dari blog Careem, ini artinya setiap 2.500 poin yang ditukar, akan digunakan untuk memberi makan dua orang anak, tidak hanya satu, atau memberikan gas untuk memasak bagi dua keluarga pengungsi. 6.000 poin bisa digunakan untuk biaya sekolah dua orang anak, serta 15.000 poin bisa mencukupi kebutuhan makan dua orang anak selama seminggu, tidak hanya satu.
Careem memudahkan proses donasi ini hanya dengan beberapa langkah dari aplikasi mereka. Begitu pelanggan mengeklik tombol untuk donasi, Careem akan mengkonversinya menjadi uang dengan nilai yang sama dan mengirimkannya secara langsung ke pihak penerima yang telah dipilih oleh pelanggan.
Nah, bagaimana? Dengan melihat studi kasus di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba menjadikan donasi sebagai pilihan penukaran poin pada program loyalitas pelangganmu?