Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    Program Promo, Solusi Menjaga Customer Satisfaction

    Program promo yang tepat sangat membantu dalam menjaga customer satisfaction

    Customer satisfaction merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Bagaimana tidak, sebaik dan sesempurna apa pun produk serta jasa yang ditawarkan, pelanggan akan enggan untuk datang kembali dan melakukan pembelian berulang jika tidak memperoleh kepuasan saat berbelanja pertama kali.

    Padahal, pembelian berulang yang dilakukan oleh pelanggan dapat membantu bisnis tetap bertahan dalam situasi yang paling sulit sekalipun, kan? Karenanya, banyak pelaku usaha yang selalu mengupayakan agar tingkat kepuasan pelanggan tidak turun, salah satunya dengan rutin meluncurkan program promo; terlebih jika dibarengi dengan layanan CRM yang baik.

    Promo Terbaik adalah Promo yang Dibutuhkan

    Ada banyak sekali jenis promo yang bisa diluncurkan pelaku usaha untuk menarik minat pelanggan atau menjaga tingkat kepuasannya untuk memaksimalkan pendapatan bisnis, mulai dari pemberian potongan harga istimewa, paket bundle, gratis pada pembelian kesekian, maupun jenis promo lainnya.

    Namun, program-program promo tersebut sulit untuk dioptimalkan ketika tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan atau nilai yang diberikannya tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Sebagai contoh, meluncurkan program promo khusus anggota mungkin dapat memuaskan pelanggan yang mendaftar dalam sistem keanggotaan, tetapi sama sekali tidak ada nilainya bagi pelanggan reguler.

    Mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan kemudian menyajikannya dalam bentuk promo tidak hanya membantu pelaku usaha meningkatkan angka penjualan, tetapi juga menjaga tingkat kepuasannya karena pelanggan akan merasa bahwa kebutuhannya memang diperhatikan oleh pelaku usaha. Nah, di sinilah peran CRM dibutuhkan.

    Melalui CRM, pelaku usaha dapat menjalin relasi dengan pelanggan, mencari tahu karakteristik transaksi yang dimilikinya, dan mengidentifikasi apa yang mereka inginkan dari bisnis yang dijalankan.  

    Mengintegrasikan Promo dalam Layanan CRM

    Bicara tentang kepuasan pelanggan, tim CRM atau customer relationship management merupakan ujung tombak yang harus bisa diandalkan. Karenanya, ketika meluncurkan program promo tertentu, pelaku usaha sebaiknya juga mengikutkan CRM dalam proses perencanaan maupun implementasi program promo tersebut.

    Dengan mengintegrasikan program promo ke dalam layanan CRM yang dimiliki, pelaku usaha dapat memastikan promo tersebut sesuai dengan kebutuhan pelanggan, sehingga upaya untuk menjaga tingkat kepuasan yang dimilikinya pun dapat dimaksimalkan.

    Selain itu, karena CRM merupakan bagian bisnis yang paling banyak berurusan langsung dengan pelanggan, informasi terkait program promo yang diluncurkan pun dapat dengan lebih mudah diterima oleh pelanggan ketika program tersebut diintegrasikan ke dalam layanan yang diberikan oleh tim CRM.

     Customer satisfaction merupakan kunci performa penjualan yang baik

    Memanfaatkan Saluran CRM untuk Program Promo

    Sebenarnya, dalam meluncurkan suatu program promo, pelaku usaha tidak harus terlalu mengandalkan tim CRM yang dimiliki, tetapi menggunakan saluran komunikasi yang sudah dimiliki seperti media sosial, pamflet, brosur, maupun jenis-jenis saluran komunikasi lainnya.

    Namun, dengan model pemasaran yang demikian, umumnya akan muncul masalah ketika saluran yang digunakan untuk kegiatan pemasaran tidak sesuai dengan pelanggan. Misalnya saja, ketika seorang pelaku usaha memberikan informasi terkait program promo yang dimiliki melalui media sosial, padahal segmen pelanggan yang ditarget oleh program promo tersebut tidak terlalu aktif menggunakan media sosial, bisa jadi kegiatan pemasaran yang dilakukan pun akan menjadi tidak maksimal.

    Atau, dalam kasus lain, pelaku usaha memanfaatkan layanan blast SMS untuk menyampaikan informasi promo yang dimilikinya, tetapi ketika dilakukan pada segmen pelanggan yang tidak tepat, informasi promo tersebut kemudian dianggap sebagai gangguan yang justru akan menurunkan tingkat kepuasannya.

    Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, pelaku usaha dapat memanfaatkan layanan CRM yang dimilikinya untuk mencari tahu saluran komunikasi yang paling tepat dengan segmen pelanggan yang dituju. Dengan demikian, kecil kemungkinan informasi promo tersebut dianggap sebagai gangguan, dan sebaliknya, justru membuat pelanggan merasa diperhatikan sehingga tertarik untuk melakukan pembelian.

    Memaksimalkan Promo dengan Memperdalam Relasi

    Ingat kembali bahwa tujuan meluncurkan sebuah promo adalah untuk meningkatkan angka penjualan dengan menjaga tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, memastikan adanya relasi yang baik dengan pelanggan menjadi kata kunci yang harus diperhatikan.

    Semakin baik relasi yang dijalin dengan pelanggan, semakin besar potensi keberhasilan dari program promo yang akan diluncurkan, dan akan semakin baik pula performa angka penjualan yang dihasilkan. Tak ada salahnya untuk berfokus terlebih dahulu untuk memperbaiki relasi dengan pelanggan sebelum meluncurkan program promo tertentu, atau justru sebaliknya, rancang program promo yang dapat membuat pelanggan merasa diperhatikan sehingga dapat terjalin relasi yang lebih baik lagi.

    Pastikan selalu bahwa customer satisfaction merupakan tujuan yang ingin dicapai saat meluncurkan setiap program promo, jangan sampai asal meluncurkan program promo sekadar untuk meningkatkan penjualan. Dengan kata lain, buatlah pelanggan merasa bahwa program promo yang diluncurkan merupakan bentuk apresiasi yang diberikan terhadap loyalitas yang mereka tunjukkan, sehingga pelanggan akan semakin loyak dan terus melakukan pembelian berulang.

    Jika perlu, manfaatkan fitur CRM yang disediakan oleh aplikasi majoo yang dapat mempermudah penyampaian informasi promo yang diluncurkan melalui saluran-saluran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan pelanggan!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.