Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan


Melayani pelanggan dan memastikan tingkat kepuasan terjaga merupakan kunci dari bisnis yang sukses.


Melayani pelanggan dengan sebaik mungkin merupakan kunci utama dalam memastikan bisnis dapat terus maju dan berkembang. Setiap pelaku usaha tentu menyadari bahwa keberlangsungan bisnis yang dijalankan sangat bergantung pada tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan; tidak hanya terhadap produk dan jasa yang ditawarkan, tetapi juga cara menawarkan atau melayani pelanggan tersebut.

Memperkenalkan Program Pelanggan Setia

Salah satu cara yang bisa dicoba oleh pelaku usaha untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memperkenalkan program keanggotaan yang lebih menitikberatkan pemberian layanan kepada pelanggan setia dibanding pelanggan baru.

Bukan berarti pelanggan baru tidak dibutuhkan dalam bisnis; tetapi berfokus pada pelanggan setia memastikan adanya transaksi bisnis yang stabil dan mampu membuat bisnis bertahan. Sederhananya, pelanggan setia lebih mungkin untuk datang kembali dan melakukan pembelian berulang, sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara untuk berfokus pada pelanggan setia, sembari tetap berusaha mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia, bukan? Untuk tujuan ini, program keanggotaan untuk pelanggan setia dapat menjadi jawabannya.

Dengan adanya sistem keanggotaan, setiap pelanggan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota, yaitu dengan menjadi pelanggan setia terlebih dahulu.

Melalui program pelanggan setia, pelanggan lama dapat merasa diperhatikan dan memperoleh nilai tambah berupa potongan harga khusus atau program promo lainnya yang membuat bisnis menjadi lebih eksklusif. Namun, dalam saat yang sama, juga mendorong pelanggan baru untuk terus melakukan pembelian berulang agar dapat menikmati keistimewaan yang sama.

Bukanlah Sesuatu yang Baru

Efektivitas program semacam ini, baik dulu maupun sekarang, dirasa memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk pelanggan, tetapi juga pelaku usaha itu sendiri. Oleh karena itu, tak jarang kita menemukan bisnis yang menjalankan sistem serupa dalam memberikan layanan dan perhatian kepada pelanggannya.

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki, sistem ini kemudian tidak hanya diberlakukan pada usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah saja, tetapi juga bisnis-bisnis besar.

Ambil Starbucks sebagai contoh. Besarnya nama yang dimiliki waralaba gerai kopi yang banyak digemari ini tentu sudah tak diragukan lagi, dan harus diakui adanya sistem keanggotan turut berkontribusi dalam membangun bisnisnya; di samping berbagai inovasi menarik yang memang terus dikembangkan oleh Starbucks.

Dalam menawarkan setiap produk yang dimilikinya, Starbucks memberikan perlakuan yang jauh berbeda antara pelanggan baru dengan pelanggan setia yang sudah berulang kali datang.

Meski keramahan layanan yang diberikan tetap memiliki kualitas yang sama, tetapi untuk beberapa jenis promo tertentu, hanya pelanggan setia yang sudah bergabung dalam sistem keanggotaan Starbucks yang bisa menikmatinya, sementara pelanggan yang tidak tergabung dalam sistem keanggotaan tersebut harus cukup puas menikmati minuman favorit mereka dengan harga normal.

Adanya perbedaan tersebut membuat banyak orang lebih tertarik untuk bergabung dalam program pelanggan setia yang dimiliki oleh Starbucks agar dapat menikmati produknya dengan harga yang lebih terjangkau. Kemudian, ketika sudah menjadi anggota, pelanggan tersebut akan lebih berpotensi untuk terus melakukan pembelian berulang sehingga Starbucks dapat membuat bisnisnya semakin besar, maju, dan berkembang.

Melayani pelanggan dengan baik memungkinkan adanya pembelian berulang.

Membantu Pelaku Usaha Mengelola Pelanggan

Program semacam ini tak semata-mata berfungsi untuk memberikan apresiasi yang lebih kepada pelanggan setia saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola setiap pelanggan yang dimilikinya melalui sebuah sistem yang terorganisir.

Umumnya, program keanggotaan membutuhkan sejumlah informasi atau data pribadi dari pelanggan yang tertarik untuk bergabung di dalamnya. Dengan demikian, pelaku usaha dapat memberikan sentuhan personal kepada setiap pelanggan setia yang dimiliki berdasarkan informasi yang diberikan; memastikan mereka memperoleh layanan maksimal sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, lebih lanjut lagi, keberadaan program pelanggan setia ini juga memungkinkan pelaku usaha untuk mencatat karakter transaksi yang dilakukan oleh setiap pelanggan dalam sistem keanggotaan tersebut. Misalnya saja jenis produk atau jasa yang paling banyak dibeli oleh pelanggan tertentu, atau bahkan kebiasaan-kebiasaan lain yang akan sulit untuk dilacak dan diidentifikasi tanpa adanya program ini.

Meski terkesan sederhana, tetapi fungsi ini dapat membantu pelaku usaha untuk menjaga tingkat kepuasan serta retensi pelanggan yang dimiliki oleh bisnisnya. Melakukan survei kepuasan pelanggan atau analisis penjualan akan lebih mudah dilakukan jika sebuah bisnis memiliki pelanggan-pelanggan setia yang sudah tergabung dalam sistem keanggotaan.

Fitur Keanggotaan Aplikasi Majoo

Menyadari besarnya manfaat yang diberikan oleh sistem keanggotaan, tentu aplikasi majoo yang memang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya juga dilengkapi dengan fitur keanggotaan.

Melalui fitur ini, pelaku usaha dapat dengan mudah mendata setiap pelanggan setia yang dimilikinya, sekaligus melacak karakter transaksi yang dilakukan pelanggan yang sudah terdata tersebut. Tidak hanya itu saja, dalam fitur ini, pelaku usaha juga dapat dengan mudah merancang serta menerapkan benefit yang akan diterima oleh setiap pelanggan setia melalui pengaturan yang mudah untuk dioperasikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja manfaatkan fitur keanggotaan aplikasi majoo dalam melayani pelanggan secara optimal, memastikan adanya pembelian berulang yang dapat membuat bisnis dapat lebih maju dan berkembang!


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.
Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
E-Menu: Digitalisasi Daftar Menu yang Hemat dan Efektif
E-menu hadir sebagai solusi bagi pengusaha kuliner untuk memudahkan ordering dan transaksi. E-menu merupakan daftar menu yang sudah hadir dari digitalisasi bisnis.
Hal Penting Dalam Menyiapkan Rencana Bisnis untuk New Normal
Agar bisnis tetap dapat berjalan dengan baik di masa new normal, rencana bisnis yang ada mungkin perlu disesuaikan kembali atau bahkan sepenuhnya diubah. Namun, perhatikan beberapa hal berikut sebelum menyusun strategi bisnismu untuk new normal, ya!
Whatsapp