Mulai dari sore atau malam hari raya Idulfitri diduga jumlah pembelian akan meningkat. Peningkatan transaksi ini diprediksi akan berlangsung sampai beberapa hari setelah lebaran.
Konsumen kembali bertransaksi secara online atau berkunjung ke gerai milikmu berkaitan dengan tren belanja setelah Idulfitri. Bila kamu mau meningkatkan pendapatan bisnis pasca lebaran, yuk kenali tren tersebut dan buat program promosi yang tepat!
Obral Idulfitri
Dari tahun ke tahun hampir semua gerai bisnis memberikan penawaran sales atau program obral saat lebaran. Program promosi ini diingat oleh sebagian besar konsumen sebab selain sudah menjadi siklus rutin, potongan harga yang diberikan pun biasanya besar-besaran.
Itulah salah satu alasan konsumen mengunjungi tokomu setelah lebaran. Pasalnya, konsumen menganggap momen tersebut merupakan kesempatan terakhir mereka memperoleh barang yang mereka inginkan dengan harga lebih ekonomis.
Perlu diingat, tren ini berlaku baik untuk gerai offline ataupun gerai online. Karena itu, pastikan bisnismu turut memberikan penawaran diskon besar menjelang lebaran sampai beberapa hari setelahnya.
Khusus program promosi menjelang lebaran, di toko kamu bisa membuat program midnight sale pada malam hari raya. Secara online, kamu juga dapat membuat program serupa melalui flash sale. Lanjutkan program promosi dengan detail yang sedikit berbeda setelah lebaran.
Promo untuk Hamper atau Gift
Perayaan lebaran setidaknya berlangsung selama tiga hari. Dalam momen perayaan tersebut, umat muslim akan saling berkunjung ke rumah keluarga, kerabat, sampai kolega.
Menariknya, selama perayaan tersebut, sebagian besar umat muslim akan saling memberikan hadiah atau bingkisan. Nah, bisnismu bisa mengoptimalkan penghasilan dengan membuat program promosi hamper atau bingkisan hadiah pada saat-saat terakhir jelang lebaran.
Tergantung barang yang kamu jual, kamu bisa memaksimalkan pendapatan dengan memberikan promo untuk buah-buahan atau parsel buah, kue, dan bunga.
Beberapa hadiah yang nilainya lebih besar pun bisa kamu promosikan, seperti jam tangan, perhiasan, dan peralatan rumah tangga karena banyak konsumen yang ingin membeli barang-barang tersebut untuk orang yang mereka cintai.
Memang benar, banyak konsumen yang mungkin mempersiapkan hadiah untuk keluarga dan kerabatnya jauh hari sebelum lebaran. Namun, kamu bisa menangkap perhatian konsumen dengan membagikan informasi program promosi yang akan berjalan sejak jauh hari.
Sementara itu, program promosi tetap dijalankan satu atau dua hari sebelum lebaran sampai beberapa hari setelahnya. Tentunya, saat Ramadan kamu tetap bisa memberikan diskon untuk mempertahankan pelanggan, tetapi diskon besar khusus hamper dan hadiah dilakukan saat lebaran.
Baca juga: Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
Ketika toko lain mungkin sudah menganggap momen penjualan hadiah berlalu, kamu muncul dengan promo menjanjikan.
Ada dua target konsumen yang bisa kamu gaet, yaitu konsumen yang sudah melihat iklan program promosimu dan berniat berhemat serta konsumen yang belum sempat mempersiapkan bingkisan lebaran sampai last minute.
Bisnis Resto: Program Promosi Khusus Lebaran
Beberapa tahun terakhir lebaran tak bisa dirayakan semeriah biasanya karena berbagai pembatasan akibat COVID-19. Kini, situasi sudah mulai terkendali sehingga berbagai pembatasan pun sudah dicabut.
Dengan kata lain, masyarakat akan kembali merayakan momen Idulfitri dengan banyak berkumpul bersama keluarga dan kerabat mereka. Salah satu cara merayakannya tentu dengan makan bersama.
Maka dari itu, kamu yang memiliki bisnis restoran perlu mempersiapkan promo khusus lebaran yang menarik. Sebagai contoh, kamu bisa mempertimbangkan membuat paket ‘Hala bi Halal’.
Tak hanya promo dine in, kamu juga perlu membuat penawaran-penawaran khusus untuk layanan pesan antar.
Tren momen lebaran memang orang berkumpul menikmati sajian rumahan yang dibuat oleh ibu, tetapi hal ini hanya dilakukan pada pagi sampai siang hari. Setelah itu, kebanyakan orang mulai mencari camilan dari luar. Jadi, jangan lupa persiapkan juga menu promo untuk delivery, ya!
Penawaran untuk Barang yang Menarik Bagi Anak dan Remaja
Di banyak keluarga, ada tradisi berbagi THR (Tunjangan Hari Raya) untuk anak-anak dan remaja. Karena itu, anak serta remaja umumnya memiliki uang jajan lebih ketika lebaran.
Mereka pun sering kali langsung membelanjakannya untuk barang-barang yang mereka inginkan, mulai dari jajanan ringan hingga mainan.
Bila bisnismu menjual barang-barang yang menarik bagi anak-anak dan remaja, pastikan kamu sudah melakukan restock sebelum lebaran dan buatlah penawaran khusus.
Sudah siap meraih lebih banyak cuan di momen lebaran? Yuk, coba terapkan insight di atas! Kalau kamu membutuhkan ide strategi pemasaran lainnya, baca lebih lanjut di sini!