Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!


Di saat-saat seperti ini, tidak aneh jika kamu sudah mulai menyiapkan ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk diberikan kepada teman, sanak saudara, maupun orang-orang terdekat. Atau, bisa juga jika kamu mau menawarkan paket bingkisan lebaran untuk dipasarkan kepada pelanggan-pelanggan setiamu jika kamu bermaksud memperbesar margin keuntungan bisnismu.

Di hari raya, memang sudah umum bagi banyak orang untuk mengirimkan bingkisan kepada orang-orang yang dianggap penting dalam hidupnya. Itulah mengapa, saat-saat seperti ini kerap dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang ingin meraih keuntungan lebih dengan menyediakan berbagai hampers lebaran yang unik dan menarik.

Apa saja, sih, ide yang bisa dijadikan inspirasi hampers lebaran untuk dipasarkan?

  1. Bingkisan Lebaran dengan Ikatan Pita pada Kotak yang Cantik

Hampers pada dasarnya sudah terkenal sebagai barang atau produk yang dikemas dengan cantik. Kamu bisa menerapkannya untuk memberikan nilai tambah pada produk-produk yang ingin kamu pasarkan.

Jika mungkin sebelumnya kamu hanya mengemas produk-produk yang menjadi komoditas bisnismu dengan kemasan biasa yang ala kadarnya, pada momen yang spesial ini kamu juga bisa memberikan sentuhan yang istimewa dengan mempercantik kemasanmu.

Gunakan kotak karton atau sejenisnya, lebih bagus lagi jika kamu memilih warna hijau untuk kotakmu mengingat hijau kerap digunakan sebagai warna tema untuk hari raya lebaran. Selain warna hijau, kamu juga bisa memilih warna putih untuk melambangkan jargon lebaran: kembali fitri atau kembali kepada kesucian, mengingat warna putih kerap digunakan untuk melambangkan sesuatu yang suci.

Baca Juga: Apa Perbedaan Antara Hampers Lebaran dengan Parsel?

Selanjutnya, gunakan pita untuk mengikatnya. Jika sebelumnya kamu sudah memilih kotak berwarna hijau, pita berwarna putih bisa digunakan untuk menguatkan tema. Begitu pula sebaliknya, pita hijau untuk kotak berwarna putih. Lebih menarik lagi jika pita yang mengikat hampers tersebut dibentuk seperti ketupat yang khas sekali dengan nuansa lebaran di Indonesia.

  1. Hampers Peralatan Anticoronavirus

Selain momen lebaran itu sendiri, ada satu momen lain yang bisa dimanfaatkan untuk menawarkan bingkisan lebaran yang menarik bagi pelanggan, yaitu momen pandemi Covid-19 yang saat ini tengah kita hadapi.

Meski mungkin produk-produk yang ditawarkan oleh bisnismu tidak ada hubungannya dengan perlengkapan kesehatan atau sanitasi diri, kamu tetap dapat meluncurkan produk khusus terbatas selama lebaran, yaitu hampers berisi produk-produk yang dibutuhkan di tengah pandemi.

Kamu dapat mengisi kotak hampers milikmu dengan sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan juga masker untuk ditawarkan kepada pelanggan. Jangan lupa untuk menambahkan logo atau karakter yang khas dengan merekmu pada produk-produk tersebut untuk membuatnya terasa lebih istimewa.

Baca Juga: Edit Katalog Promo dengan 3 Rekomendasi Aplikasi Ini
  1. Hampers dengan Kartu Ucapan Personal

Ide unik yang bisa dicoba adalah dengan memberikan layanan kartu ucapan yang personal. Ingat bahwa hampers lebaran umumnya diberikan dari satu orang ke orang lainnya.

Oleh karena itu, bisnis juga akan memiliki nilai tambah yang lebih jika mampu memunculkan sisi personal tersebut dalam produk yang dipasarkan.

Untuk hasil yang maksimal, pelanggan mungkin dapat memilih sendiri desain kartu ucapan yang diinginkan. Sebagai pelaku usaha, kamu hanya perlu memberikan format kartu ucapan yang bisa dicetak dan disertakan dalam bingkisan yang akan dikirimkan; misalnya saja dengan menentukan ukuran maksimal desain yang diinginkan dan aturan-aturan lain agar estetika hampers yang ingin dipasarkan pun dapat terjaga dan tidak rusak.

Jika dulu mungkin pelanggan pernah merasakan masa-masa mengirimkan bingkisan yang disertai dengan kartu lebaran, sisi nostalgia tersebut dapat dimanfaatkan sebagai nilai jual unik yang mungkin tidak dapat ditemukan pada pemasaran produk-produk lain.

  1. Promo Gratis Hampers

Menjadikan hampers lebaran bukan sebagai produk yang akan dijual dapat menjadi ide yang unik dan inspiratif. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan setiamu dengan cara ini.

Baca Juga: Tips Menarik Pelanggan Toko dengan Promosi yang Efektif

Ada banyak sekali metode promo menggunakan hampers ini yang bisa dimanfaatkan. Sebagai contoh, misalnya saja, memberikan bingkisan spesial bagi pelanggan yang melakukan pembelian dengan nilai transaksi di atas jumlah tertentu. Atau, jika tidak, bisa juga memberikan bingkisan tersebut secara cuma-cuma bagi pelanggan yang tergabung dalam program keanggotaan yang kamu luncurkan.

Dengan cara pertama, kamu bisa melakukan upselling agar pelanggan memenuhi kuota transaksi yang sudah ditetapkan sebelumnya dan berhak membawa pulang hampers lebaran tersebut. Praktik upsell yang berhasil tentu saja akan menambah omzet penjualan, sehingga dapat dijadikan cara yang tepat untuk pelaku usaha yang memang ingin menambah keuntungan secara langsung dengan memanfaatkan momen lebaran.

Sementara itu, memberikan bingkisan bagi setiap pelanggan bergabung dalam program keanggotaan mungkin tidak akan memberikan efek secara langsung terhadap penjualan, tetapi dapat menarik pelanggan untuk bergabung sebagai anggota untuk menikmati manfaat anggota. Lebih lanjut, sistem anggota yang sudah terbangun dengan baik dan besar, akan mempermudah pelaku usaha saat melakukan kegiatan pemasaran, memberikan hasil yang cukup menguntungkan pula dalam jangka panjang.

Ide hampers lebaran mana pun yang dipilih untuk diterapkan, pastikan untuk memperhatikan dengan benar konsistensinya. Bingkisan lebaran yang baik bukan hanya bingkisan yang cantik secara estetika, tetapi juga harus memiliki nilai fungsi yang tepat pula. Jika kamu tertarik untuk memadukan hampers lebaran dengan sistem keanggotaan, kamu dapat memanfaatkan fitur keanggotaan yang dimiliki oleh aplikasi majoo

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Manfaatkanlah Ragam Tren Digital Marketing Tahun 2022 Ini!
Digital marketing selalu berubah. Idealnya bisnis tidak sekadar mengikuti perubahan, akan tetapi memanfaatkannya agar lebih siap menghadapi tahun 2022.
Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.
UMKM: Penggerak Perekonomian di Tengah Pandemi
Pandemi COVID-19 berdampak terhadap perekonomian Indonesia. UMKM merupakan kelompok usaha yang berperan menggerakkan ekonomi di tengah pandemi.
Bantu Pelanggan Nikmati Produk? Weborder Jawabannya!
Dengan fitur weborder serta webtree, pelanggan dapat tetap berbelanja dengan aman dan nyaman, meski dalam situasi pandemi!