Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Maksimalkan Promosi Produk UMKM Melalui e-Commerce!

    Promosi produk UMKM perlu dilakukan dengan cermat.

    Beberapa tahun terakhir, e-commerce menjadi suatu media promosi bagi para produsen, penjual, dan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih efektif dan efisien. Namun, promosi produk UMKM tidak bisa dibuat sembarangan, karena tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan penjualan secara konvensional atau offline.

    Semakin hari, semakin banyak brand yang berlomba-lomba bersaing untuk memberikan promosi produk UMKM yang menarik dan diskon besar-besaran agar penjualan mereka meningkat. Padahal, memberikan promo berupa potongan harga saja sudah semakin kecil peluanganya dengan banyaknya pelaku UMKM yang melakukan hal serupa. 

    Lantaran itulah, diperlukan adanya tips dan trik, serta upaya tertentu untuk bisa menarik konsumen agar memilih untuk membeli produkmu dibandingkan milik kompetitor.

    Baca juga: E-commerce adalah: Pengertian dan Contoh E-commerce

    Tips Promosi Produk UMKM di e-Commerce

    Beberapa tips promosi produk berikut bisa kamu coba terapkan di toko online e-commerce milikmu. 

    Perhatikan Nama Produk!

    Saat sedang berbelanja online, konsumen secara otomatis akan mencari nama produk di e-commerce dengan memasukkan kata kunci (keyword), bisa berupa merek, model, tipe, atau jenis produk tersebut.

    Lantaran itulah, selaku pelaku UMKM kamu perlu memilih dan menentukan nama produk dengan cermat dan penuh perhitungan. Dalam dunia bisnis, dikenal yang namanya rumus dan urutan penamaan produk. Rumus dan urutan tersebut meliputi:

    • Merek produk
    • Model
    • Tipe
    • Jenis

    Kamu tidak perlu menggunakan nama produk UMKM yang berlebihan dan malah sulit untuk diingat oleh konsumen, yang penting adalah sesuatu yang khas yang bisa dengan mudah diingat dan dikenali oleh masyarakat selaku konsumen. 

    Berikan Deskripsi Produk dengan Jelas!

    Memberikan deskripsi yang detail dan sejelas-jelasnya merupakan hal yang penting, alasannya karena pembeli tidak bertemu langsung kita selaku pihak penjual. Dengan begitu, mereka bisa menimbang-nimbang dan mencari informasi terkait produk tersebut, sebelum membeli.

    Pastikan juga kamu menggunakan bahasa Indonesia yang jelas dan mudah dimengerti dalam deskripsi tersebut, ya! Tampilkan keunggulan dan keistimewaan produk UMKM milikmu agar pembeli semakin yakin untuk membelinya. Bila perlu, kamu bisa juga menambahkan informasi mengenai cara pakai atau bahkan merawat produk. 

    Sertakan Foto atau Video Produk UMKM yang Menarik!

    Media sosial dan e-commerce pada dasarnya adalah media audio visual. Jadi, dalam melakukan promosi produk, kamu perlu memaksimalkan keduanya agar hasil yang kamu dapatkan bisa lebih optimal. Dengan visual yang baik, kamu bisa menarik dan menggerakkan hati konsumen untuk melakukan check out barang. 

    Baca juga: Lakukan Ini Agar Foto Produk Jadi Estetik dan Menarik!

    Jangkau Konsumen Baru dengan Promo Musiman!

    Kamu akan selalu bisa memanfaatkan momen-momen tertentu atau spesial untuk memaksimalkan promosi produk yang kamu jual. Momen tersebut antara lain adalah, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), promo tanggal kembar, ramadan, menjelang Idulfitri, natal, sampai dengan tahun baru. 

    Berikan tema campaign sesuai dengan momen agar promo terlihat up-to-date dan lebih menarik. Dengan demikian, kamu berpeluang untuk meningkatkan penjualan.

    Memberikan packaging yang baik juga merupakan salah satu tips promosi produk.

    Buat Kuis Berhadiah!

    Cara mempromosikan produk UMKM lainnya yang bisa kamu coba, yaitu dengan membuat kuis atau kontes berhadiah. Cobalah cantumkan persyaratan tertentu agar merek dan produk milikmu lebih banyak diketahui dan dikenal oleh konsumen.

    Misalnya, meminta peserta kuis untuk membagikan postingan produk kamu di Instagram stories atau status WhatsApp, sehingga akan ada lebih banyak audiens yang mengetahui bisnismu.

    Jangan lupa untuk membagikan informasi mengenai kuis berhadiah ini ke seluruh platform yang kamu gunakan untuk promosi, agar ada lebih banyak orang yang menjadi peserta kuis.

    Berikan Pelayanan yang Memuaskan!

    Saat melakukan belanja online, konsumen tidak bisa melihat, menyentuh, atau merasakan langsung produk yang dibeli. Mereka hanya bisa bertanya melalui chat. Itulah sebabnya, sebagai pelaku UMKM, sebaiknya kamu responsif dan aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembeli dalam menerapkan promosi produk UMKM. 

    Memanjakan konsumen secara online dapat dilakukan melalui pelayanan yang super, yaitu komunikasi yang aktif, pengemasan yang aman, after sales service yang memuaskan, hingga tawaran promosi yang menarik.

    Baca juga: Berikan Kepuasan pada Pelanggan dengan After Sales Service!

    Sebarkan Ulasan atau Testimoni Pelanggan!

    Cara promosi produk lainnya yang bisa kamu terapkan untuk lebih meluaskan pasar produk UMKM adalah dengan membagikan berbagai testimoni pelanggan sehingga memicu datangnya pelanggan baru.

    Saat ada konsumen yang melakukan pembelian, kamu bisa meminta para pelanggan untuk menuliskan review produk. Kemudian, kumpulkan review atau testimoni tersebut dan unggahlah di akun penjualanmu, baik di media sosial atau platform lainnya.

    Manfaatkan Fitur Promosi di e-Commerce!

    Supaya promosi produk yang kamu lakukan bisa lebih sukses dan angka penjualan terus meningkat, kamu sebagai pelaku UMKM juga bisa mengatur berbagai strategi promosi sesuai kebutuhan bisnis dengan memanfaatkan banyak penawaran fitur promosi yang disediakan oleh pihak e-commerce atau marketplace

    Jika saat kamu selesai membaca artikel ini, ternyata kamu masih bingung menentukan promosi produk seperti apa yang akan kamu terapkan, cobalah berlangganan majoo, sebagai aplikasi yang menawarkan banyak fitur pendamping bisnis, termasuk fitur aplikasi toko online

    Fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk mengatur promosi di beberapa akun marketplace langsung dari dashboard majoo, dengan berbagai jenis pengaturan promosi yang menarik untuk konsumen. Buruan daftar sekarang, yuk!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Temukan Kebutuhan Konsumen Dengan 5 Cara Ini
    Memahami kebutuhan konsumen merupakan bagian penting dari strategi pemasaran. Baca langkah-langkah agar kamu dapat mengidentifikasi kebutuhan tersebut.
    Inilah 4 Tips Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia
    Mengenal perilaku konsumen dapat membantumu membangun basis pelanggan setia.
    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!