Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 5 Rahasia Bangun Bisnis dari Nol sampai Dapat Investor!

    5 Rahasia Bangun Bisnis dari Nol sampai Dapat Investor!


    Sebagian dari kamu mungkin pernah bertanya-tanya, bagaimana para raksasa bisnis di Indonesia bisa jadi sebesar sekarang? Apakah para owner tersebut memang punya business plan yang ciamik? Atau mereka beruntung aja punya investor yang superkaya? Well, di dalam dunia bisnis tidak ada yang kebetulan, ya. Semua pasti butuh perencanaan, kerja keras, dan konsistensi. 

    Bermimpi punya bisnis yang bisa kuasai pasar Nusantara atau bahkan multinasional? Sah-sah aja! Tapi jangan lupa, cita-cita harus tetap dibarengi dengan usaha. Nah, berikut ini, majoo punya lima rahasia membangun bisnis dari nol hingga akhirnya sukses mendapatkan investor. Yuk, kita simak bersama-sama! 

    Cari Tahu Keahlianmu

    Sebagian besar bisnis yang sukses berangkat dari konsep problem solving, yaitu ketika produk atau jasa yang mereka tawarkan bisa jadi solusi atas permasalahan banyak orang. Oleh karena itu, cobalah berhenti sejenak dan lakukan refleksi diri. Cari tahu apakah kamu punya keahlian yang bisa menjadi problem solver

    Sebagai contoh sederhana, di sekitar kos tempat kamu tinggal mungkin ada beberapa ibu-ibu yang tidak sempat memasak. Di sisi lain, kamu punya keahlian lumayan mumpuni di bidang kuliner. Jika jeli, kamu bisa memanfaatkan skill-mu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan memulai membangun bisnis katering ataupun makanan siap saji! 

    Pahami Finance & Laporan Keuangan

    Produk sudah bagus, upaya pemasaran sudah oke, tapi mengapa bisnis yang dijalankan tidak sustain? Hmm, cek dulu deh. Pastikan apakah usaha yang kamu kelola punya manajemen keuangan yang baik. Belajar finance management memang bukan perkara mudah, apalagi ada begitu banyak aspek yang perlu dibenahi.

    Untuk bisnis yang baru dirintis, hal-hal seperti perhitungan gross profit, profit dan loss, serta aset adalah hal yang krusial. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa coba menggunakan aplikasi atau program khusus untuk mengelola laporan keuangan. Pastikan semua data tercatat secara rapi dan akurat, sehingga kamu bisa mengambil langkah strategis pengembangan bisnis yang tepat. 

    Atur Milestones dan Goals

    Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah tidak memiliki goals yang jelas. Kebanyakan hanya fokus pada jualan dan cuan sebanyak mungkin, sehingga akhirnya dalam 1-2 tahun bisnis tersebut gulung tikar. Agar bisnismu tetap sustain, kamu butuh menetapkan parameter kesuksesan yang terukur dan terarah. 

    Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan metode SMART, yang merupakan akronim dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound. Maksudnya, kamu perlu menentukan goals bisnis yang spesifik, bisa diukur, dapat diraih, relevan, dan punya jangka waktu. Misalnya: Dalam kurun waktu tiga bulan, bisnis boba tea yang kamu rintis harus mengumpulkan omset sebesar Rp50 juta. 

    Dengan memiliki goals yang spesifik, strategi bisnismu akan lebih tepat dan terarah. Selain itu, investor juga akan semakin mantap menanamkan modal karena mereka yakin kamu memiliki objective yang jelas. 

    Riset Customer

    Selanjutnya, rajin-rajinlah melakukan riset untuk menemukan kebutuhan segmentasi pasar yang sedang kamu targetkan. Selain itu, pastikan produk dan target market seperti apa yang cocok untuk brand-mu. Tentukanlah tipe customer ideal untuk jasa maupun produk yang sedang kamu kembangkan. 

    Begitu kamu menemukan jawabannya, lanjutkan dengan membuat produk yang kira-kira bakal mereka minati dan maksimalkan penjualan. Ketika angka penjualan kemudian meningkat, otomatis bisnismu bakal semakin berkembang. Peluang untuk memperluas pasar dengan sistem franchise atau kerja sama dengan investor bakal makin terbuka lebar. 

    Update Tren

    Kunci agar sebuah bisnis bisa terus bertahan adalah relevansi. Oleh karena itu, penting bagimu untuk selalu update terhadap tren dan kebutuhan pasar. Ambil contoh jika kamu menjalankan bisnis coffee shop, upayakan agar kamu selalu aware dengan jenis minuman yang sedang tren. Kamu juga bisa melakukan kerja sama dengan pelaku industri sejenis untuk berkolaborasi dan merilis menu-menu baru. 

    Selain itu, jangan lupa memaksimalkan media sosial. Gunakan Instagram maupun TikTok untuk tipis-tipis mengintip pergerakan yang sedang dilakukan kompetitor. Lihat campaign dan inovasi seperti apa saja yang tengah mereka jalankan. Setelah itu, lihat upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi persaingan tersebut.


    Masih penasaran tentang cara membangun bisnis dari nol hingga bisa memiliki omset berlipat ganda? Ruang Majoo edisi 18 Agustus 2022 akan membahas cara mengembangkan usaha dan memenangkan hati pemodal. Bersama dr. Nanda, owner Cahayu Clinic, kamu bisa belajar cara memulai usaha dari ground zero, terus konsisten bertumbuh, hingga akhirnya mendapatkan investasi! 

    Pastikan kamu segera mendaftar webinar ‘Ruang Majoo’ melalui link di bawah ini ya!


    bit.ly/webinarmajoo



    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!