Sedang Menyiapkan Promo Valentine? Cobalah Beberapa Ide Ini!

 

Sebagian besar konsumen menunggu sampai mendekati hari valentine untuk berbelanja hadiah. Tidak sedikit yang berbelanja pada hari H. Karena itu, kamu perlu menyediakan promo valentine seputar waktu tersebut. Apa lagi tujuannya kalau bukan untuk menarik jenis konsumen yang senang berbelanja pada detik terakhir?

 

Untuk kamu yang masih bingung akan membuat promosi seperti apa, tenang saja karena di bawah ini ada beberapa ide promo valentine yang bisa kamu coba.

 

Buat bundle hadiah

Salah satu keistimewaan menjalankan usaha kecil, kamu bisa segera mengetahui produk yang paling disukai konsumen. Begitu pun sebaliknya, kamu bisa mengetahui dengan mudah produk mana yang perputarannya lambat. Berdasarkan data tersebut, buatlah panduan hadiah untuk hari valentine.

 

Misalnya, kamu bisa membuat bundle hadiah dalam kategori yang populer seperti ‘gift for him’ atau ‘gift for her’. Selain itu, kamu juga bisa membuat bundle dengan kategori yang lebih unik dan spesifik, contohnya ‘gift for gamers’, ‘gift for dessert lover’, atau ‘gift for gardener’. Kategori terakhir sangat layak kamu coba sebab belakangan ini banyak sekali orang yang mengisi waktu dengan berkebun. 

Tawarkan freebie dengan minimal pembelanjaan

Supaya konsumen memilihmu dibanding kompetitor, cobalah menawarkan freebie. Jenis promosi ini sesuai bagi konsumen yang memang sudah berniat untuk berbelanja, terlebih yang berbelanja pada detik terakhir. Sebagai contoh, kamu bisa menawarkan gratis hand bouquet dengan minimal belanja tertentu.

 

Freebie yang diberikan juga bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang kamu miliki. Jika kamu berbisnis kue, kamu bisa saja memberikan gratis cokelat berbentuk hati. Contoh lainnya, para pemilik kafe bisa memberikan freebie salah satu menu, cookies, atau merchandise kafe. Untuk menentukan barang gratis yang tepat, silakan kamu sesuaikan dengan konsumen yang biasa berkunjung ke gerai milikmu, ya!

 

Berikan potongan harga yang menarik

Diskon yang menarik dapat dilihat dari dua sisi. Pertama, penawarannya memang sangat menggiurkan seperti diskon sampai 70%. Pilihan lain, kamu bisa saja memberikan diskon yang biasa tetapi dengan nama yang unik. Sebagai contoh, ’sweetheart sale: beli 1 gratis 1’ atau ‘soulmate sale: dapatkan potongan hingga 50% untuk yang tersayang’.

 

Jangan lupa, kategori produk yang didiskon sebaiknya memang jenis produk yang diminati konsumen pada hari valentine. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan potongan harga dengan ketentuan khusus. Misalnya, diskon untuk setiap pembelian dengan transaksi menggunakan ewallet milik pasangan.

 

Voucer makan malam berdua

Memberikan potongan harga atau bundle hadiah terasa terlalu biasa? Kalau begitu, coba berikan voucer makan malam berdua untuk konsumen di restoran ternama di kotamu. Kamu bisa bekerja sama dengan restoran tersebut dan menentukan fasilitas atau menu tergantung jumlah pembelanjaan konsumen. Cara ini bisa mendorong konsumen belanja lebih banyak. Selamat mencoba!


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

3 Peluang Bisnis Hobi yang Menjanjikan saat New Normal

Bisnis hobi merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, terutama di kala aturan new normal mulai dijalankan dan banyak orang harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Ada apa saja, sih?

WhatsApp Business, Fitur untuk Jalankan Bisnis di New Normal

WhatsApp Business memiliki berbagai fitur dan memperkenalkan cara baru berbisnis bagi setiap pelaku usaha. Mari kita bahas fitur-fitur yang dimiliki oleh produk dari WhatsApp ini.

7 Pola Pikir untuk Meningkatkan Level Bisnismu

Jika kamu tidak pernah merasa puas dan terus ingin menaikkan kelas bisnismu, coba aplikasikan pola pikir berikut ini dan tingkatkan level bisnismu.

Kutipan Inspiratif Pengusaha Dunia dalam Melewati COVID-19

Kutipan inspiratif dari pengusaha dunia bukan hanya sekadar penyemangat dalam melewati situasi new normal, tetapi juga mengandung wawasan yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk melalui masa-masa sulit ini.
Whatsapp