Table of Content

    Segarnya Bisnis Minuman Berbasis Fresh Milk

    Minuman dari susu segar, atau fresh milk, memang sudah ada sejak zaman dulu. Mulai dari produk susu segar yang dijajakan dari rumah ke rumah, disajikan sebagai menu di berbagai rumah makan, hingga kini mudah ditemukan di berbagai toko waralaba besar sebagai salah satu alternatif konsumsi sehat. Hebatnya lagi, popularitas produk harian yang satu ini juga perlahan naik dengan peminat yang terus bertambah, terutama sejak beberapa tahun terakhir. Apa, sih, yang membuat bisnis berbasis susu segar ini semakin menarik untuk dilirik?

    Branding Sebagai Minuman Kekinian

    Seiring berkembangnya zaman, strategi pemasaran pun semakin berkembang. Meski sebagai suatu produk minuman berbasis susu segar sendiri sudah dikenal sejak lama, ketika dipasarkan ulang sebagai minuman masa kini pun susu segar bisa kembali berjaya dengan pasar baru yang lebih luas. Dengan adanya branding yang baru ini, pelaku bisnis yang bergerak di bidang ini berupaya memanfaatkan psikologi pasar yang tidak ingin ketinggalan tren. Tak heran jika pelanggan terus berdatangan untuk mencoba minuman 'baru' ini, terlebih jika kemasan penyajiannya juga tampak 'instagramable', sudah barang tentu antrean pelanggan pun akan semakin mengular.

    Tentunya, selain minat pasar, branding sebagai minuman kekinian yang patut dicoba juga menarik perhatian investor. Dengan banyaknya pelaku usaha yang berkecimpung dalam dunia ini, keberadaan investor pun dapat menjadi faktor penentu yang signifikan. Mengandalkan kepopuleran susu segar sebagai minuman masa kini yang banyak diminati pelanggan, investor pun akan semakin yakin untuk menyuntikkan dana yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha. Didorong dengan strategi pemasaran yang baik, suntikan dana untuk pengembangan usaha dapat membantu pelaku bisnis mencapai peningkatan penjualan yang ditargetkan.

    Mudahnya Memperoleh Bahan Baku

    Memiliki kekayaan alam yang luar biasa, beternak sapi perah berkualitas bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan di Indonesia. Oleh karena itu, memperoleh susu segar yang menjadi bahan baku pun bisa dibilang cukup mudah. Selain itu, pesatnya teknologi industri peternakan juga memungkinkan para peternak sapi perah untuk menghasilkan susu dengan kualitas terbaik, sehingga para pelaku bisnis minuman berbasis susu segar pun tidak perlu kerepotan dalam mencari bahan baku. Jika perlu, pelaku bisnis tersebut bahkan dapat memilih peternakan sapi perah secara eksklusif agar mutu kualitas susu segar yang dihasilkan bisa selalu terjaga.

    Dapat Dikombinasikan dengan Minuman Masa Kini Lainnya

    Inovasi memang tidak pernah mati, termasuk dalam bisnis susu segar. Jika dulu susu segar kerap dijual apa adanya dengan kemasan yang sederhana pula, kini bisnis susu segar seolah menjajaki berbagai macam tren minuman masa kini dan mencoba menggabungkan beragam unsur di dalamnya. Bisnis kopi susu yang mulai menjamur beberapa waktu lalu pun bisa disulap menjadi produk baru yang lebih catchy, kopi dengan susu segar. Tak ubahnya dengan kopi susu, susu segar juga terasa semakin nikmat ketika disandingkan dengan minuman boba yang sudah lebih dulu populer. Untuk pasar yang lebih luas, serta modern, inovasi semacam ini memang diperlukan untuk menjamin bertambahnya keuntungan. Alih-alih dipasarkan ala kadarnya, susu segar dapat disajikan dengan berbagai rasa, misalnya saja dipadukan dengan buah-buahan, atau menjajaki tren minuman masa kini lainnya yang tengah digemari seperti boba maupun kopi susu.

    Media Sosial, Kawan Baik Minuman Masa Kini

    Dengan pasar utama generasi muda, memasukkan media sosial sebagai elemen penting dalam strategi pemasaran dapat membantu mendorong kepopuleran minuman kekinian berbasis susu segar. Mulai dari membuat gerai serta kemasan saji yang menarik untuk dipasang di akun media sosial pelanggan, memanfaatkan pemasaran mulut-ke-mulut di media sosial, hingga mengintegrasikan transaksi penjualan melalui aplikasi tersendiri menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan minat terhadap produk minuman susu segar. Mudahnya pemasaran susu segar melalui media sosial membuat banyak pelaku usaha di bidang ini yang meroket naik, bukan hanya dilihat dari pendapatannya saja, tetapi juga dari sisi brand awareness. Menciptakan produk yang lezat di lidah sekaligus ramai dibicarakan di media sosial memberikan nilai tambah yang cukup tinggi bagi produk tersebut.

    Sama seperti efek branding sebagai minuman masa kini yang patut dicoba, membuat susu segar ramai di media sosial juga dapat menarik investor baru. Beberapa pelaku bisnis bahkan mengintegrasikan produk yang mereka pasarkan dengan aplikasi khusus untuk mempermudah menghitung seberapa populer produk yang mereka jual. Selain mempermudah dalam memberikan berbagai promo dan benefit bagi pelanggan, ketika diterjemahkan ke dalam angka pun, data yang dikumpulkan dalam aplikasi tersebut dapat menjadi portofolio yang valid bagi investor.

    Nikmat, Lezat, serta Sehat

    Di tengah gempuran makanan-makanan cepat saji serta konsumsi sarat kolesterol lainnya, minuman kekinian berbasis fresh milk memberikan keunikan tersendiri sebagai pilihan konsumsi sehat dengan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Ditambah lagi kini kesadaran akan pola hidup sehat juga semakin meningkat, sehingga minuman susu segar pun seolah menawarkan nilai tambah selain kelezatan rasa yang dimilikinya. Ketika banyak orang berduyun-duyun menerapkan gaya hidup sehat, kemunculan minuman masa kini dengan bahan dasar susu ini pun terasa bagai angin segar. Pelanggan tidak lagi harus merasa bersalah setelah mencoba tren baru ini karena toh produk yang dikonsumsi tersebut nyata memberikan manfaat bagi tubuh.

    Beragam keunggulan unik yang dimiliki oleh susu segar membuatnya ketenarannya yang semakin hari justru semakin melambung terasa wajar. Jadi, jangan heran jika minuman susu segar yang mungkin dulu hanya kamu bisa temui di beberapa tempat atau dijual dari rumah ke rumah kini mulai disajikan di berbagai macam resto mewah dan kedai kekinian. Tentunya siapa pun tak akan melewatkan sebuah peluang bisnis yang bagus, bukan?

    Jika kamu ingin mencoba usaha ini, kamu bisa memaksimalkan pemasarannya dengan menggunakan aplikasi kasir online yang dilengkapi dengan fitur pengaturan kampanye marketing.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.