Sistem POS: Lebih Simpel Menjalankan Bisnis Barbershop

Tanpa sistem yang tepat, mengelola barbershop dapat sangat menantang. 

 

Menjalankan bisnis barbershop itu tidak mudah, mengingat bisnis ini memiliki ritme yang cukup cepat.  Maka dari itu, kamu perlu dibantu oleh sistem POS yang terpercaya. Sistem yang dapat mempercepat proses transaksi dan mempermudah pengelolaan klien. Dengan menggunakan sistem yang tepat, operasional bisnis menjadi jauh lebih mudah.

 

Operasional bisnis lebih sederhana

Sistem POS merupakan aset untuk bisnis, termasuk bagi bisnis barbershop. Sebuah alat bantu all in one. Sistem tersebut dapat mengatur reservasi, inventori, bertindak sebagai kasir online, sampai memfasilitasi pembayaran digital.

 

Di luar sana, terdapat banyak sekali brand aplikasi POS. Kamu perlu menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kunci dari optimalnya operasional bisnis harian bergantung pada layanan atau fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

 

Seperti disebutkan sebelumnya, reservasi termasuk fitur yang patut dipertimbangkan. Mengatur jadwal atau janji kedatangan klien secara manual dapat membingungkan. Berisiko terjadi kekeliruan dan menyita banyak waktu. Maka dari itu, gunakanlah aplikasi POS yang memudahkan kamu mengatur jadwal reservasi klien.

 

Kaitannya dengan klien, pengaturan komisi juga kerap menjadi persoalan. Cukup banyak barbershop yang menerapkan sistem komisi per klien atau per layanan. Sulit sekali bila kamu harus menghitung komisi secara manual.

 

Pertama, berisiko terjadi kecurangan. Misal karyawan mengaku melakukan layanan yang sebenarnya tidak dilakukan. Berikutnya, risiko tidak adil bagi karyawan sebab mungkin saja perhitungan yang kamu lakukan keliru. Oleh sebab itu, memilih aplikasi POS dengan fitur pembagian komisi akan sangat memudahkan operasional bisnis harian.

 

Sistem POS sangat memudahkan operasional barbershop. 

Kamu dapat mengatur komisi berdasarkan layanan atau produk terjual. Setiap karyawan memberikan layanan tersebut, sistem akan menghitung komisi secara otomatis. Bagaimana mengetahui karyawan yang bertugas?

 

Tidak perlu khawatir, sistem POS yang baik biasanya dilengkapi fitur absensi dan jam kerja karyawan. Setiap kali jam masuk dan jam keluar, karyawan perlu melakukan absen terlebih dahulu. Jadi, dapat diketahui siapa karyawan yang bertugas pada waktu tersebut.

 

Lebih mudah menyusun strategi bisnis

Seperti kebanyakan bisnis, menentukan strategi bukanlah hal mudah. Dibutuhkan data untuk merancang strategi pemasaran, pembagian beban kerja, hingga mengelola pelanggan.

 

Maka, pilihlah sistem yang menyajikan data-data penting bagi strategi bisnis. Sebagai contoh, kamu dapat mengetahui jam-jam pengunjung paling ramai. Dengan demikian, jumlah karyawan dapat dioptimalkan pada jam-jam tersebut.

 

Tidak hanya itu, pilihlah sistem dengan fitur loyalti pelanggan. Data ini dapat kamu manfaatkan untuk mengatur strategi pemasaran, seperti menerapkan bonus membership atau diskon khusus bagi pelanggan.

 

Operasional juga menjadi lebih mudah karena pengaturan strategi dapat diterapkan di semua cabang. Tidak ada kesulitan lagi bagi barbershop dengan banyak cabang untuk membuat berbagai program promo yang seragam.

 

Di luar itu semua, idealnya pemilik diuntungkan dengan kemudahan memantau bisnis dari mana saja. Pastikan aplikasi POS yang digunakan berbasis cloud sehingga dapat diakses di mana pun.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.