Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh hampir semua orang. Bukan hanya bagi umat muslim semata, tetapi juga bagi seluruh masyarakat. Pemilik bisnis food and beverages umumnya memanfaatkan momen Ramadan ini untuk meningkatkan angka penjualan mereka.
Namun, tidak semua langkah bisa diambil dengan sembarangan. Pemilik bisnis harus jeli mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang sesuai dengan bisnis food and beverages mereka. Karena bila salah mengambil langkah, bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian.
Memberikan Promo atau Paket Bundling Ramadan
Langkah pertama yang bisa diterapkan adalah memberikan promo menarik pada produk khusus Ramadan atau produk yang memang sudah ada sebelumnya. Kamu sebagai pemilik bisnis bisa memberikan bonus untuk produk yang tidak ada hubungannya dengan bulan Ramadan, sehingga produk lainnya pun sama-sama laku terjual. Jangan lupa untuk memberikan harga yang khusus pula. Misalnya, promo buy 1 get 1 free atau bonus produk dengan jumlah pembelanjaan tertentu.
Tentukan Jangka Waktu Promo
Tentukan jangka waktu promo yang sesuai, jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lambat. Kamu bisa menyiasatinya dengan promo yang diganti setiap minggu atau setiap sepuluh hari supaya konsumen segera melakukan pembelian karena takut ketinggalan promo tersebut.
Membuat Menu Khusus Delivery
Pemilik usaha food and beverages memang selayaknya bisa selalu berinovasi dengan membuat menu khusus agar konsumen tidak jenuh dengan menu yang sudah ada. Tapi dikarenakan momen Ramadan kali ini dalam kondisi pandemi, maka sistem delivery kelihatannya masih digemari oleh mayoritas konsumen. Buatlah menu delivery yang dapat dimasak dan diolah sendiri oleh konsumen sehingga dapat dimanfaatkan oleh mereka di waktu-waktu khusus, seperti sahur dan buka bersama di rumah.
Menambah Jam Layanan
Meskipun sedikit menantang untuk dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini, tapi kamu bisa mencoba mengubah konsepnya. Jika biasanya penambahan jam layanan dilakukan di waktu sahur supaya konsumen lebih banyak yang datang, sekarang kamu bisa mencoba menyiasati dengan melayani konsumen agar tetap bisa melakukan delivery order di jam-jam tertentu.
Mengadakan Skema Pay It Forward
Ramadan adalah momen yang tepat untuk berbagi. Kamu bisa mencoba strategi menambahkan opsi menu untuk didonasikan kepada mereka yang membutuhkan.
Pay-it-forward bisa dilakukan dengan konsep: pelanggan dapat membeli terlebih dulu paket produk food and beverages yang kemudian beberapa persen dari jumlah transaksi tersebut akan diteruskan oleh pemilik usaha ke kurir jasa antar atau orang-orang yang membutuhkan di dekat lokasi usahamu.