• majoo blog
  • Tips
  • Strategi Jitu Bisnis Food and Beverages di Momen Ramadan

Strategi Jitu Bisnis Food and Beverages di Momen Ramadan



Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh hampir semua orang. Bukan hanya bagi umat muslim semata, tetapi juga bagi seluruh masyarakat. Pemilik bisnis food and beverages umumnya memanfaatkan momen Ramadan ini untuk meningkatkan angka penjualan mereka. 


Namun, tidak semua langkah bisa diambil dengan sembarangan. Pemilik bisnis harus jeli mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang sesuai dengan bisnis food and beverages mereka. Karena bila salah mengambil langkah, bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian.


Memberikan Promo atau Paket Bundling Ramadan

Langkah pertama yang bisa diterapkan adalah memberikan promo menarik pada produk khusus Ramadan atau produk yang memang sudah ada sebelumnya. Kamu sebagai pemilik bisnis bisa memberikan bonus untuk produk yang tidak ada hubungannya dengan bulan Ramadan, sehingga produk lainnya pun sama-sama laku terjual. Jangan lupa untuk memberikan harga yang khusus pula.  Misalnya, promo buy 1 get 1 free atau bonus produk dengan jumlah pembelanjaan tertentu. 


Tentukan Jangka Waktu Promo

Tentukan jangka waktu promo yang sesuai, jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lambat. Kamu bisa menyiasatinya dengan promo yang diganti setiap minggu atau setiap sepuluh hari supaya konsumen segera melakukan pembelian karena takut ketinggalan promo tersebut.



Membuat Menu Khusus Delivery

Pemilik usaha food and beverages memang selayaknya bisa selalu berinovasi dengan membuat menu khusus agar konsumen tidak jenuh dengan menu yang sudah ada. Tapi dikarenakan momen Ramadan kali ini dalam kondisi pandemi, maka sistem delivery kelihatannya masih digemari oleh mayoritas konsumen. Buatlah menu delivery yang dapat dimasak dan diolah sendiri oleh konsumen sehingga dapat dimanfaatkan oleh mereka di waktu-waktu khusus, seperti sahur dan buka bersama di rumah. 


Menambah Jam Layanan

Meskipun sedikit menantang untuk dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini, tapi kamu bisa mencoba mengubah konsepnya. Jika biasanya penambahan jam layanan dilakukan di waktu sahur supaya konsumen lebih banyak yang datang, sekarang kamu bisa mencoba menyiasati dengan melayani konsumen agar tetap bisa melakukan delivery order di jam-jam tertentu. 


Mengadakan Skema Pay It Forward

Ramadan adalah momen yang tepat untuk berbagi. Kamu bisa mencoba strategi menambahkan opsi menu untuk didonasikan kepada mereka yang membutuhkan. 


Pay-it-forward bisa dilakukan dengan konsep: pelanggan dapat membeli terlebih dulu paket produk food and beverages yang kemudian beberapa persen dari jumlah transaksi tersebut akan diteruskan oleh pemilik usaha ke kurir jasa antar atau orang-orang yang membutuhkan di dekat lokasi usahamu. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Inilah Competitive Advantage yang Sebetulnya Dimiliki UMKM

UMKM sering kali berkecil hati saat bersaing dengan bisnis besar, padahal usaha kecil mempunyai banyak competitive advantage.

Mengenali Karakter Produk dalam Menyusun Strategi Pemasaran

Seperti apa karakter produk dan jasa yang ingin kamu jual? Apa strategi pemasaran terbaik untuk memastikan angka penjualan yang bagus bagi produk tersebut?

Intip Strategi Bisnis Ini untuk Bersaing di Era Digital

Berbagai strategi bisnis khusus perlu diterapkan untuk dapat bersaing di era digital, terutama bagi bisnis kecil.

Melakukan Inovasi Kreatif untuk Menghadapi Efek Pandemi

Inovasi kreatif dapat datang dari mana saja. Namun, untuk menghadapi efek pandemi, sebaiknya inovasi ini datang dari sisi pelanggan. Bagaimana maksudnya?
Whatsapp