• majoo blog
  • Tips
  • Strategi Promosi untuk Restoranmu Tanpa Memberi Diskon

Strategi Promosi untuk Restoranmu Tanpa Memberi Diskon

Strategi promosi restoran selain diskon

Penawaran diskon memang menjadi salah satu taktik pemasaran yang sangat populer dan yang sebaiknya sebisa mungkin dihindari. Begitu kamu menurunkan harga, pelanggan akan mengharapkan hal yang sama ke depannya, dan jika kamu tidak melakukannya lagi, ada kemungkinan kamu mengecewakan mereka dan mereka tidak akan kembali ke restoranmu.

 

Memang, tentu saja semua orang suka gratisan, hal itu tidak bisa dipungkiri lagi. Yang sering tidak disadari, memberikan gratisan terus menerus bisa berpotensi membuat keuntunganmu menurun.

 

Jadi, bagaimana caranya kamu sebagai pemilik restoran bisa terus menyenangkan pelanggan tanpa selalu menawarkan diskon untuk makanan dan minuman mereka?

 

Promosi pada intinya adalah mempublikasikan produk untuk meningkatkan penjualan atau perhatian publik. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu pilih untuk lakukan untuk mempromosikan restoranmu, selain memberikan diskon.

 

Foto Makanan yang Menarik

Hal utama yang membuat pelanggan datang ke restoran tentu saja makanan. Punya stok foto menu makanan yang tampak profesional akan membantu restoranmu tampil menonjol di antara para pesaingmu.

 

Foto makanan yang menarik sebagai strategi promosi restoran

 

Jangan lupa untuk secara reguler mengunggah foto-foto terbaru dari menu makanan atau minuman yang ada di restoranmu. Cara seperti ini cocok untuk meningkatkan eksposur. Jika dananya ada, tidak ada salahnya menggunakan jasa fotografer kuliner profesional untuk memotret produkmu, karena tentu saja, hasilnya akan lebih bagus daripada jika kamu memotretnya menggunakan kamera ponsel. Pengguna media sosial senang membagikan visual makanan yang menarik, dan ini bisa kamu manfaatkan untuk menarik pelanggan baru ke restoranmu.

 

Nonton Bareng

Banyak klub penggemar olahraga yang mencari tempat nyaman untuk nonton bareng saat ada pertandingan-pertandingan besar. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan revenue yang besar dengan memfasilitasi acara seperti ini.

 

Dengan menggelar nonton bareng, kemungkinan besarnya pengunjung tidak Cuma duduk-duduk saat menonton, tapi akan membeli minuman dan kudapan, dan tak jarang bahkan menu utama atau makanan berat.

 

Dekati Komunitas Lokal

Sebuah komunitas tentunya tidak cuma terdiri dari satu atau dua orang saja. Dengan mendekati komunitas yang ada di lingkup areamu, artinya kamu punya jaminan akan ada cukup banyak pelanggan datang saat komunitas ini memilih restoranmu sebagai tempat untuk berkumpul.

 

Fasilitasi mereka untuk menggelar acara, misalnya pertemuan rutin mingguan, rapat organisasi, atau bahkan gandeng mereka untuk menyelenggarakan acara yang sesuai dengan minat komunitas tersebut. Misalnya, kamu bisa mengajak komunitas fotografi untuk menggelar pameran foto, atau komunitas stand-up comedy untuk membuat malam komedi setiap hari Sabtu, bahkan komunitas arisan ibu-ibu sekali pun.

 

Ikuti Event

Cari tahu informasi tentang event yang diselenggarakan di sekitar lokasi restoranmu berada. Jika acaranya cocok, pertimbangkan untuk ikut serta dan membuka booth di acara tersebut. Tidak harus acara yang berhubungan dengan dunia kuliner. Ada banyak sekali acara yang potensial bisa kamu ikuti sebagai pemilik restoran, misalnya festival musik atau bazaar buku, karena makanan dan minuman akan tetap dicari dan dibutuhkan pengunjung dalam acara apa pun.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.