Sunscreen, Tren Kecantikan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tren kecantikan saat ini bukan melulu tentang bagaimana cara mempercantik diri dan produk apa yang perlu digunakan agar wajah terlihat lebih menawan, tetapi juga tentang bagaimana menjaga agar kulit tetap sehat, khususnya kulit di bagian wajah yang kerap menjadi perhatian utama. Banyak produk kecantikan yang saat ini juga dipasarkan dengan menambahkan beragam manfaat kesehatan. Ibaratnya, dengan menjaga kulit tetap sehat, kulit akan lebih cerah sehingga tampak semakin awet muda. Salah satunya adalah produk-produk sunscreen.

Sunscreen, sunblock, maupun tabir surya merupakan produk kecantikan serta perawatan kulit yang bekerja dengan membentuk lapisan tambahan sehingga kulit tidak bersentuhan langsung dengan sinar matahari. Sudah menjadi rahasia umum bahwa paparan sinar matahari dapat membuat kulit terasa kusam dan tidak menarik, oleh karena itu, pemakaian sunscreen kerap menjadi langkah penting dalam rangkaian perawatan kulit dan wajah seseorang, tak heran jika banyak pelaku usaha yang kemudian melirik produk perawatan yang satu ini dan mengelolanya sebagai sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Namun, sebenarnya apa, sih, yang menjadi keunggulan dan karakter khusus sunscreen?

Memberikan perlindungan terhadap UVA

Banyak orang yang mengetahui bahwa sinar matahari mengandung sinar UV atau ultraviolet, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa sinar ultraviolet tersebut sebenarnya dibagi lagi menjadi UVA dan juga UVB. Tergolong sebagai negara tropis, sebenarnya penduduk Indonesia memiliki ketahanan alami terhadap sinar UVB. Semakin gelap kulit seseorang, semakin tinggi pula ketahanan yang dimilikinya terhadap sinar UVB ini. Akan tetapi, baik tinggal di negara tropis atau tidak, memiliki warna kulit yang gelap atau cerah, pada dasarnya manusia tidak memiliki ketahanan alami terhadap sinar UVA. Padahal, UVA dapat menyebabkan hiperpigmentasi, penuaan diri, hingga kanker kulit. Dengan intensitas sinar matahari yang cukup tinggi, tidak heran jika sunscreen yang dapat memberikan perlindungan terhadap UVA menjadi peluang bisnis yang sangat potensial. Berbeda dengan produk kecantikan serta perawatan lainnya, pasar sunscreen bisa dibilang cukup luas karena semua orang toh membutuhkan perlindungan dari UVA ini, bukan?

Baik untuk kesehatan kulit

Nilai jual lain yang dimiliki oleh sunscreen adalah kemampuannya untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat. Beberapa produk perawatan memiliki efek samping yang membuat kulit menjadi lebih sensitif. Jika sudah demikian, sunscreen pun perlu dipakai sebagai produk pendukung agar kulit yang sudah terlanjur sensitif terhadap paparan sinar matahari ini kondisinya tidak semakin parah. Selain itu, pemakaian sunscreen yang tepat dan sesuai juga sanggup memperbaiki kondisi kulit sehingga dapat mengurangi radang pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Selain membantu agar jerawat tidak meninggalkan bekas hitam pada kulit, sunscreen juga dapat digunakan untuk mengimbangi efek retinoid yang biasanya ditemukan pada produk-produk perawatan jerawat. Itulah mengapa produk perawatan yang satu ini juga kerap dipasarkan atau disarankan untuk mereka dengan kulit yang sensitif atau berjerawat.

Mengimbangi efek exfoliant dari produk lain

Kesadaran untuk merawat kulit dan wajah yang sudah meningkat membuat produk perawatan kulit menjadi beragam dan mencakup beberapa fungsi, salah satunya adalah fungsi exfoliant yang dimaksudkan untuk mengangkat lapisan kulit mati sehingga wajah dapat terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Padahal, meskipun proses pengangkatan lapisan kulit mati ini memang berguna untuk menjaga tingkat kecerahan wajah, tetapi pada saat yang sama proses ini juga akan membuat kulit lebih tipis hingga lapisan kulit yang baru siap menggantikan lapisan kulit yang diangkat. Jika sudah demikian, wajah pun akan lebih rentan terhadap iritasi akibat paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, tak jarang sunscreen digunakan untuk memberikan lapisan tambahan sehingga kulit yang lebih rentan terhadap sinar matahari tidak mengalami iritasi karena kontak langsung dengan UVA dan UVB yang terdapat pada sinar matahari.

Dapat digunakan oleh siapa saja

Meski kesadaran untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah sudah cukup tinggi di kalangan masyarakat, tetapi hampir seluruh produk kecantikan dan perawatan kulit serta wajah masih lebih banyak dikonsumsi oleh perempuan. Namun, berbeda dengan produk-produk tersebut, sunscreen dapat dipasarkan ke semua golongan, bukan hanya kepada perempuan yang ingin menjaga kecantikan saja. Karena hampir semua orang memiliki kulit yang membutuhkan perlindungan dari sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari, khususnya kita di Indonesia yang banyak mendapat paparan sinar matahari, sunscreen menjadi produk yang esensial untuk menjaga kulit tetap sehat. Bahkan, beberapa pelaku usaha dan jenama juga sudah mulai melirik konsumen di usia muda dengan mengeluarkan sunscreen untuk anak-anak.

Karena manfaat kesehatan yang dimilikinya, sunscreen tidak hanya menjadi produk tren kecantikan semata. Produk yang satu ini menjadi salah satu produk perawatan kulit utama dengan peluang pemasaran yang begitu besar. Tidak heran jika banyak pelaku usaha, baik yang baru mulai berkecimpung di dunia ini maupun mereka dari jenama besar yang sudah memiliki nama, yang tidak ragu untuk berinvestasi pada pengembangan bisnis sunscreen. Berbagai model pemasaran, mulai dari yang bersifat konvensional hingga yang kekinian dengan menggandeng influencer-influencer di dunia maya pun dilakukan untuk mengukuhkan branding sunscreen sebagai produk perawatan yang memiliki nilai estetika sekaligus penting bagi mereka yang ingin menjaga tubuh tetap sehat.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Manfaatkanlah Ragam Tren Digital Marketing Tahun 2022 Ini!
Digital marketing selalu berubah. Idealnya bisnis tidak sekadar mengikuti perubahan, akan tetapi memanfaatkannya agar lebih siap menghadapi tahun 2022.
Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.
UMKM: Penggerak Perekonomian di Tengah Pandemi
Pandemi COVID-19 berdampak terhadap perekonomian Indonesia. UMKM merupakan kelompok usaha yang berperan menggerakkan ekonomi di tengah pandemi.
Bantu Pelanggan Nikmati Produk? Weborder Jawabannya!
Dengan fitur weborder serta webtree, pelanggan dapat tetap berbelanja dengan aman dan nyaman, meski dalam situasi pandemi!