Suvenir Pernikahan, Tren Bisnis yang Tak Akan Pernah Mati

Bisnis pernikahan yang bernilai jutaan rupiah, memang merupakan tren bisnis yang tidak ada habisnya. Hampir selalu ada pernikahan setiap harinya. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), dalam satu tahun, ada sekitar 1,9 juta pernikahan yang dilaksanakan di Indonesia.

Dari sisi bisnis, ini tentu merupakan peluang besar. Sebab banyak sekali pasangan yang akan rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk pelaksanaan pernikahan. Mulai dari berbagai prosesi pranikah hingga bulan madu dapat menjadi peluang bisnis.

Di banyak daerah, sudah menjadi hal yang lazim untuk memberikan suvenir bagi tamu undangan yang hadir di pernikahan. Wajar saja, bila bisnis suvenir pernikahan menjadi salah satu tren bisnis yang akan terus hidup. Apalagi saat ini, semakin banyak orang mencari pilihan suvenir yang unik dan tidak biasa.

Bagi kamu yang suka bertemu banyak orang dan suka memberikan sentuhan kreatif pada banyak hal, kemungkinan besar bisnis suvenir pernikahan merupakan bisnis yang cocok untukmu. Berikut ini, beberapa jenis suvenir unik dan kreatif yang bisa menjadi inspirasi untukmu, bila ingin memulai bisnis suvenir pernikahan.

1. Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi bisa jadi jenis suvenir menarik bagi pelanggan. Berikanlah sentuhan personal pada lilin tersebut. Bukan hanya dengan membubuhkan nama kedua mempelai, melainkan desain keseluruhan perlu dibuat personal. Bentuk wadah yang digunakan, warna tutup, atau desain kartu ucapan terima kasih yang disematkan, ornamen yang digunakan, seluruhnya bisa dibuat sangat personal.

Calon pengantin akan merasa sangat terwakili, bila kamu dapat menyediakan suvenir yang terasa sangat personal bagi mereka. Untuk lilin aromaterapi, bahkan aromanya pun bisa dipilih yang paling mewakili kedua mempelai.

Kamu juga bisa mengusulkan agar beberapa lilin dinyalakan saat acara resepsi berlangsung. Resepsi akan terasa menenangkan dan membahagiakan di saat yang bersamaan dengan adanya aromaterapi tersebut. Hal ini juga akan membuat tamu undangan yang hadir mengingat momen dengan baik.

Ketika mereka menyalakan lilin aromaterapi tersebut di rumah masing-masing, aroma yang muncul akan membawa ingatan mereka pada momen bahagia di hari resepsi klien kamu.

2. Cermin compact

Menjadikan cermin sebagai suvenir pernikahan sama sekali bukan ide yang baru tentunya. Telah cukup lama orang menjadikan cermin sebagai salah satu pilihan untuk suvenir.

Namun, tentu kamu selalu bisa menyediakan cermin compact dengan desain yang berbeda. Luangkanlah waktu untuk berdiskusi banyak dengan calon pengantin, sehingga sebagai penyedia suvenir, kamu dan tim bisa memberikan rekomendasi desain yang sangat sesuai dengan selera mereka.

Di era resepsi yang banyak menggunakan tema-tema netral seperti sekarang, kamu dapat menyajikan warna-warna pastel untuk bagian luar cermin, dilengkapi dengan nama mempelai yang ditulis dengan jenis huruf yang cantik, bagian tepi bingkai cermin menggunakan aksen keemasan misalnya, agar tetap memiliki kesan mewah.

3. Lip balm

Benda yang satu ini juga menarik sekali untuk dijadikan suvenir di acara pernikahan. Biasanya, calon pengantin ingin memberikan suvenir yang bermanfaat bagi tamu, bukan?

Lip balm tentu memenuhi sisi manfaat tersebut. Dan pengemasannya pun dapat dikreasikan sedemikian rupa, sehingga terlihat cantik dan unik. Namun, tentu bila kamu menjual jenis suvenir ini, target pasarmu mungkin akan menengah ke atas. Sebab harga satuan lip balm tidak mungkin dibuat sangat ekonomis. Perlu dipertimbangkan sisi keamanan produk yang nantinya akan kontak langsung dengan bibir.

4. Essential oil

Saat ini, essential oil sedang sangat naik daun. Orang menggunakannya untuk mengharumkan ruangan hingga terapi masalah kesehatan tertentu. Nah, akan menarik sekali bila menjadikannya sebagai suvenir.

Bayangkan kamu menyediakan suvenir berupa essential oil dalam botol mungil dengan bentuk yang unik, dari bagian tutup botol sampai separuh bagian botol kamu berikan semacam pita untuk “menyegel”, dan di ujung pita tersebut terdapat stiker berbentuk lingkaran dengan inisial kedua mempelai dengan desain dan pilihan warna yang unik dan elegan, misalnya.

Kamu dapat menawarkan suvenir unik dan terasa sangat personal bagi calon pengantin.

5. Tatakan gelas

Khusus bagi pasar menengah ke atas yang bisa mengeluarkan bujet cukup besar dalam hal suvenir, kamu bisa menawarkan tatakan gelas atau coaster. Bahan yang dipilih dapat sangat beragam.

Bahan kayu dengan ukiran dapat menjadi salah satu model yang kamu tawarkan kepada klien. Atau bila bujet klien lebih besar lagi, kamu dapat menawarkan coaster dari marmer. Motif marmer atau marble ini akan memberikan kesan yang mewah, elegan, dan berkelas. Bagi beberapa klien hal tersebut sangat penting.

Jadi, sebelum memutuskan akan menawarkan jenis suvenir dan desain, sebaiknya kamu juga memahami karakter calon klien. Sebab sisi psikologi kadang memainkan peranan besar dalam urusan persiapan pernikahan. Terutama bagi keluarga dari kalangan tertentu. Cerdaslah melihat peluang tersebut!

Nah, sekarang kamu sudah dapat beberapa ide jenis suvenir pernikahan yang dapat kamu terapkan. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk memulai bisnis yang satu ini, seperti semua bisnis lain, kamu tetap perlu melakukan riset mendalam.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.
Keberhasilan UMKM Membuka Peluang Kerja di Masa Pandemi
UMKM terbukti mampu menyerap dan membuka peluang kerja baru dari berbagai bidang di masa pandemi ini