Tebar Kebaikan dalam Kampanye Ramadhan

Tebar Kebaikan Melalui Kampanye Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan tinggal sebentar lagi. Umat Muslim di seluruh dunia saat ini sedang bersiap menyambut bulan penuh keberkahan ini di tengah situasi pandemi. Dalam beberapa minggu lagi, umat Muslim akan mulai menjalani rutinitas sahur dan buka puasa selama satu bulan penuh.

 

Tetapi, Ramadhan bukan hanya tentang puasa. Ini adalah waktu yang tepat untuk refleksi dan berusaha menjadi versi diri kita yang lebih baik. Di bulan ini, Muslim sangat dianjurkan untuk lebih banyak melakukan kebaikan. Bisnismu pun berkesempatan untuk mengambil hati pelanggan dengan menunjukkan kepedulian yang lebih selama bulan suci Ramadhan.

 

Bulan suci ini juga biasanya menjadi momen-momen untuk merayakan kebersamaan, bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Sayangnya, dengan kondisi di mana physical distancing sedang digalakkan di tengah musim pandemi ini, banyak pelangganmu yang mungkin memilih untuk bekerja atau beraktivitas di rumah saja, sehingga banyak yang akan mengandalkan layanan digital.

 

Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Untuk itu, ada baiknya kamu merencanakan strategi Ramadhanmu lebih awal, menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini.

 

Dengan perubahan behaviour pelanggan, seberapa cepat rencana yang mungkin sudah kamu miliki bisa beradaptasi? Bagaimana sebaiknya kamu berperan membantu pelanggan merasakan suasana Ramadhan di saat kumpul-kumpul tidak dianjurkan seperti sekarang ini?


Kampanye Berbagi saat Ramadhan

Salah satu hal yang selalu menyenangkan di bulan Ramadhan adalah kentalnya dengan napas dan semangat untuk berbagi. Siapa pun bisa merasakan semangat kebaikan yang ada di bulan ini.

 

Karena itu, ini adalah momen-momen yang baik untuk bisnismu menunjukkan kepedulian terhadap pelangganmu pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, terutama di masa sulit seperti saat ini.

 

Misalnya saja, kamu bisa membuat kampanye #BerbagiSahur atau #BerbagiTakjil selama bulan Ramadhan. Ajak pelangganmu untuk memposting foto makanan sahur atau buka puasa mereka menggunakan hashtag tersebut. Kemudian sebarkan pesan bahwa untuk setiap posting dengan hashtag yang sudah kamu tentukan, bisnismu akan mendonasikan satu porsi makanan sahur atau buka puasa bagi mereka yang membutuhkan.

 

 

Kampanye seperti ini tidak terlalu sulit dilakukan, karena pada dasarnya banyak pengguna media sosial yang senang mengunggah foto makanan sahur dan buka puasa mereka. Karena itu, sekadar mengunggah dan menambahkan hashtag adalah hal yang mudah bagi mereka.

 

Bisnismu juga bisa melibatkan figur publik atau influencer media sosial dan berkolaborasi dengan mereka untuk menunjukkan bahwa bisnismu peduli dan mengkampanyekan kebaikan selama Ramadhan. Menggunakan media sosial untuk kampanye kebaikan seperti ini akan mendorong para pengikut figur yang kamu ajak kerja sama untuk ikut andil dalam kampanye yang kamu buat.


Kampanye Loyalty Program

Untuk kamu yang selama ini sudah menerapkan loyalty program di bisnismu, Ramadhan adalah saat yang tepat untuk membuat kampanye yang berkaitan dengan program loyalty pelangganmu. Ini adalah saat yang tepat untuk memanjakan mereka yang selama ini telah setia mendukung bisnismu.

 

Kamu bisa menawarkan mereka berbagai keuntungan menarik dengan menukarkan poin loyalty program yang sudah mereka kumpulkan selama ini. Misalnya, makanan atau minuman gratis, produk gratis, voucher, atau bahkan donasi.

 

Ya, kamu bisa membuat kampanye yang memungkinkan pelangganmu menukar poin mereka dengan nilai tertentu yang nantinya akan didonasikan ke pihak yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Misalnya, 100 poin dapat ditukarkan dengan uang senilai Rp100.000 untuk didonasikan ke produsen yang sedang membuat Alat Perlindungan Diri untuk para tenaga kesehatan yang sedang berjuang menangani pasien-pasien COVID-19. Atau bisa juga, ditukarkan dengan menu makanan dan minuman yang akan disalurkan kepada pekerja informal yang sangat terdampak oleh pandemi ini.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021
Sepanjang tahun 2021, 4 bidang yang digerakkan UMKM ini bisa menyandang status sebagai bisnis sukses dan mampu bertahan. Apa saja bidang UMKM ini?
Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan
Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa
Ada berbagai cara dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial.
Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya
Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.