Table of Content

    Tips Cara Memilih Aplikasi Restoran Terbaik


    Memilih aplikasi POS untuk restoran bukanlah perkara yang mudah, apalagi kalau kamu belum pernah mengelola restoran atau berurusan dengan aplikasi semacam ini sebelumnya. Ada banyak komponen dalam sebuah aplikasi POS yang akan memengaruhi bisnismu dan kadang sulit mengidentifikasi hal-hal tersebut sampai kamu mulai menggunakan aplikasi tersebut.

     

    Dengan banyaknya pilihan aplikasi yang ada di pasar, akan lebih sulit lagi buat kamu menentukan aplikasi mana yang paling cocok untuk restoranmu. Untuk mengatasi masalah ini dan menemukan POS yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan operasional restoranmu, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

    Tentukan spesifikasi aplikasi

    Pilihlah fitur-fitur utama yang wajib ada dan kamu butuhkan dalam mengelola restoranmu. Buatlah pengelompokan, misalnya: pengelolaan meja, pesanan bungkus/take away, pesanan online, dan operasional dapur.

     

    Dalam masing-masing kategori fungsional tersebut, mungkin akan ada banyak sekali fitur yang sebenarnya kamu belum perlukan. Fokuslah pada area-area yang penting dan berangkatlah dari situ.

     

    Jadi misalnya: kamu mau buka restoran yang menyediakan menu makan siang dan makan malam. Di fase pertama buka, kamu tidak akan melayani pengantaran atau pesanan untuk dibungkus dulu, tapi mungkin akan ditambahkan ke depannya.

     

    Dengan spesifikasi seperti itu, area yang perlu difokuskan adalah pengelolaan meja, dengan area tambahan yaitu pengantaran. Perlu ditambahkan juga fitur-fitur umum yang tidak termasuk dalam area yang spesifik.

     

    Untuk pengelolaan meja, misalnya, yang perlu dimasukkan antara lain: kemudahan mengelola reservasi, kemudahan mengelola waiting list, pengaturan menu yang mudah disesuaikan (misalnya mengatur menu secara otomatis untuk siang dan malam hari), fitur pisah bayar, dan lain sebagainya.

     

    Tentukan berdasarkan kebutuhanmu

    Sebelum mulai riset tentang aplikasi spesifik yang kamu butuhkan, tentukan dulu beberapa hal berikut ini:

    • Apakah kamu akan membuka satu restoran atau beberapa cabang sekaligus?

    • Berapa banyak perangkat POS yang kamu perlukan di setiap restoranmu?

    • Berapa budget yang kamu punya?

     

    Jawaban dari beberapa pertanyaan di atas akan membantumu mengerucutkan pilihan aplikasi POS restoran yang paling cocok untuk kebutuhan bisnismu saat ini. Tips tambahan: pertimbangkan juga target kemajuan bisnismu dalam satu, tiga, hingga lima tahun ke depan. Jika kamu punya proyeksi pengembangan bisnis dalam kurun waktu yang dekat, misalnya cabang baru, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal ini pula saat memilih aplikasi POS yang terbaik untuk bisnismu.

     

    Tips lainnya: pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi wirausaha lengkap yang tidak hanya POS,  tapi juga menawarkan fitur-fitur yang penting untuk bisnis restoranmu, seperti:

    • Fitur loyalti pelanggan

    • Fitur penentuan harga jual, hingga pengelolaan resep

    • Pembuatan laporan keuangan otomatis hingga perhitungan komisi untuk karyawan

    • Integrasi dengan sistem presensi dan absensi karyawan

    Lakukan riset aplikasi POS

    Sesudah menentukan kebutuhan bisnismu, lakukanlah riset online dan jangan ragu untuk menghubungi tim-tim pemasaran aplikasi POS yang kamu incar. Tanyakan semua hal yang ingin kamu tahu. Misalnya, mulai dari yang umum: apakah aplikasinya berbasis cloud? Berapa biaya yang perlu dianggarkan sesuai kebutuhanmu, informasikan berapa banyak lokasi dan jumlah perangkat POS yang kamu perlukan.

     

    Sesudah itu, tanyakan hal-hal yang lebih detail, pastikan kamu menerima jawaban yang jelas, jangan mau menerima jawaban yang mengambang. Kamu bisa menanyakan, misalnya, apakah aplikasinya bisa menangani reservasi? Bisa tidak pakai kupon atau voucher? Bisa pisah bayar atau tidak? Tanyakan semua hal secara mendetail dan cari tahu apakah ada penambahan biaya jika kamu membutuhkan fitur-fitur spesifik yang perlu ditambahkan sesuai kebutuhan restoranmu. Dengan menanyakan hal-hal tersebut, kamu akan menemukan jawaban cocok atau tidaknya POS tersebut untuk restoranmu.

    Jadwalkan demo aplikasi

    Aturlah jadwal demo dengan tim pemasaran aplikasi POS. Pastikan fitur-fitur yang penting untuk restoranmu bisa kamu coba di tahap ini. Mintalah penawaran harga dari masing-masing vendor yang potensial dan pastikan semua fitur yang kamu perlukan sudah termasuk dalam penawaran harga tersebut.

    Pastikan tim support selalu siaga

    Salah satu hal yang bisa menciptakan kekacauan di sebuah restoran adalah saat aplikasi POS bermasalah. Apalagi jika masalahnya terjadi di saat-saat restoran sedang ramai, di hari Jumat malam atau akhir pekan, misalnya. Semua akan merasakan imbasnya. Pelayan, tim dapur, dan yang paling penting, pelanggan. Meskipun kamu mungkin memahami cara menjalankan bisnis restoran dengan baik, atau mungkin bahkan kamu bisa memperbaiki kalau ada peralatan dapur yang rusak, tapi kamu mungkin bukan ahli teknologi. Karena itulah penting untuk memastikan aplikasi POS yang akan kamu pilih, punya tim support teknik yang siaga 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Kita semua tahu, restoran tidak beroperasi seperti jam kantor pada umumnya, jadi pastikan tim support aplikasi POS-mu juga beroperasi setiap waktu.

     

    Tim support tidak cuma penting saat terjadi krisis. Sebagai pemilik bisnis, kamu tentu ingin punya aplikasi POS yang proses instalasi dan pelatihannya mudah, jadi penting juga adanya tim support yang memastikan POS-mu terpasang dengan baik dan semua karyawanmu bisa menggunakannya. Selain itu, tim support juga diperlukan untuk memberi panduan jika ada pembaruan aplikasi atau perubahan yang ingin kamu buat menyesuaikan dengan perkembangan restoranmu, dan juga jika ada masalah dengan transaksi kartu kredit misalnya.

     

    Dengan semua pertimbangan di atas, kamu bisa memudahkan operasional restoranmu dan menghemat banyak waktu dengan memilih aplikasi kasir restoran yang tepat. Bagaimana pun juga, kamu memutuskan untuk menjalankan bisnis restoran karena kamu ingin menyajikan makanan dan memberikan pelayanan terbaik, dan tertantang menjadikannya sebagai bisnis yang maju. Kamu masuk ke industri ini bukan karena ingin jadi ahli software, kan?

     

    Jika kamu memilih aplikasi POS yang tepat, aplikasi ini akan meringankan bebanmu dan memberimu lebih banyak waktu untuk fokus ke sisi bisnis yang kamu cintai dan ingin kamu tekuni. Baik itu untuk melancarkan operasional bisnismu sehari-hari atau membantumu menghadapi krisis, aplikasi POS adalah salah satu resep sukses pada bisnis restoran. Pilihlah dengan bijak dan kamu sudah selangkah lebih maju dalam perjalanan kesuksesan bisnismu.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!