Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Kapok Hitung Stok? Yuk, Simak Tipsnya!

    Tak peduli bisnis apa pun yang sedang kamu jalanin, pengelolaan stok yang cermat adalah wajib hukumnya. Yoi, karena dengan manajemen stok yang baik, perusahaan kamu akan lebih efisien dalam menjalankan operasional perusahaan. Bayangkan saja kamu punya sebuah perusahaan dagang. Apa jadinya jika stok barang di distributor dan gudang tidak terkontrol? Belum lagi jika punya banyak cabang. Wah, bisa runyam!

    Nah, oleh karena itu jangan kapok-kapok ngitung stok ya. Meskipun rumit, usahakan agar semuanya tetap terdata dengan akurat. Pusing? Wah, kamu ada di tempat yang tepat. Berikut ini majoo punya beberapa tips jitu agar kamu tidak puyeng lagi saat mengelola persediaan barang. Yuk, kita simak! 

    Tempat Penyimpanan

    Pertama dan utama, pastiin kamu punya tempat yang cukup luas untuk stok barang daganganmu. Well, ini tergantung barang apa yang kamu jual sih. Jika kamu hanya berjualan aksesori atau baju, ruangan kecil dengan rak atau lemari mungil mungkin sudah lebih dari cukup. Tapi jika kamu sedang jalanin usaha retail atau toko kelontong, kamu mungkin akan butuh space lebih besar untuk menyimpan barang-barang seperti tabung gas, kardus mie instan, dan lain sebagainya. 

    Belum punya gudang sendiri? Jangan kecil hati. Kamu bisa manfaatkan ruang tersisa yang ada di rumah. Aturlah secara cermat, sehingga semua stok barang dagangan bisa muat dengan baik, tanpa merusak kondisinya. Selain itu, jangan sampai melakukan order melebihi jumlah yang bisa kamu simpan. 

    Kode Barang

    Trik jitu lain dalam mengelola stok barang adalah ngasih kode atau nomor di tiap barang daganganmu. Dengan begini, kamu jadi bisa lebih mudah dalam ngebedain jenis barang satu dan lainnya. Hal ini penting banget, terutama bagi kamu yang berjualan barang hingga puluhan jenis. Misalnya saja, toko aksesori wanita dengan kalung, cincin, serta pernak-pernik lain yang tersedia dalam puluhan varian warna dan ukuran. 

    Dengan memberikan kode atau penomoran, kamu akan lebih mudah menghitung berapa banyak stok barang yang tersedia. Jika masih bingung, kamu bisa memberi kode berdasarkan jenis maupun batch (tanggal/waktu barang diproduksi atau dipesan). 

    Pendataan Rutin

    Berikutnya, jangan malas untuk melakukan pencatatan secara rutin ya! Sebisa mungkin pastikan semua pergerakan yang terjadi di gudang tercatat secara rinci. Mulai dari jumlah barang masuk, jumlah barang keluar, berapa banyak barang yang void atau rusak, dan lain sebagainya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya pergerakan barang yang tidak terhitung. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini bisa membuat usahamu mengalami kerugian! 

    Jika kamu tidak punya waktu untuk melakukan pencatatan rutin, rekrut atau tugaskan salah seorang karyawanmu untuk bertanggung jawab di bagian gudang. Mintalah ia untuk membuat buku catatan dan laporan khusus. Dengan begini, kamu bisa sewaktu-waktu memeriksa catatan barang masuk maupun keluar. 

    Perhitungkan ‘Semua’ Toko

    Nah, ini khusus buat kamu yang getol jualan lewat marketplace. Saat hendak melakukan perhitungan stok, pastikan kamu menyertakan ‘semua’ toko yang kamu punya ya, terutama toko online. Yes, karena toko-toko daring tersebut juga punya perhitungan stoknya sendiri nih. Pada beberapa platform, kamu bahkan tidak diizinkan berjualan kecuali stok barangmu memenuhi jumlah minimal. 

    Oleh karena itu, pastikan bahwa data stok yang ada di akun marketplace-mu sudah sinkron dengan jumlah barang sebenarnya di gudang. Setiap ada penjualan terjadi di platform online, pastikan bahwa kamu juga mengurangi catatan stok yang kamu buat di gudang. Ini penting agar tidak sampai terjadi selisih. 

    Perkiraan

    Setelah catatan stok-mu disusun rapi, lakukanlah analisis menyeluruh. Perhatikan secara seksama, berapa banyak penjualan atau barang keluar yang terjadi tiap bulannya. Setelah itu, buatlah perkiraan mengenai kapan stok di gudang bakal habis. Dengan begini, kamu bisa mengira-ngira kapan harus melakukan pembelian ulang. 

    Jangan sampai kamu menumpuk stok barang terlalu banyak. Selain tidak efisien secara fisik, hal ini juga akan membuat perputaran modalmu mampet karena digunakan untuk membeli barang yang sulit terjual. Di sinilah kamu akan menyadari betapa pentingnya memiliki laporan stok yang akurat untuk mewujudkan sebuah bisnis yang sukses dan solid. 

    Nah, bagaimana. Sudah semakin tercerahkan dalam mengelola stok? Atau justru makin pusing? Well, tenang saja. Kamu selalu bisa cobain fitur pengelolaan stok yang oke dari majoo. Bayangin saja, semua fungsi yang sudah kami sebutin di atas, semuanya bisa kamu akses dari satu dashboard


    Mau tambahin kode barang? Cukup isi kolom SKU di halaman Daftar Produk. Mau punya catatan rutin yang akurat? Bisa cek di halaman Laporan Persediaan untuk data pergerakan stok yang super lengkap. Bingung atur persediaan barang di beberapa akun marketplace? Gampang! Cukup integrasikan akun e-commerce-mu ke majoo, setiap penjualan terjadi, stok barang di gudang utamamu akan langsung berkurang. Nah kan! Praktis dan mudah banget

    Ingin tahu lebih banyak lagi soal praktisnya pengelolaan stok barang di majoo? Kamu bisa klik tautan di bawah ini untuk mengakses layanan Halo majoo dan dapatkan beragam informasi bermanfaat mengenai bagaimana aplikasi wirausaha majoo bisa mengoptimalkan pengelolaan stok di bisnis yang sedang kamu jalanin

    https://bit.ly/halomajoo

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!