Tips Memaksimalkan Daya Saing UMKM

Memaksimalkan daya saing bisnismu agar tidak tertinggal oleh para pesaing lainnya

Persaingan bisnis di antara perusahaan besar maupun UMKM memang tidak bisa dihindari. Yang kuat yang bertahan, sepertinya menjadi jargon yang tepat untuk menggambarkannya. 

 

Tidak semua bisnis bisa bertahan apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang. Bukan hanya bisnis yang memiliki skala lebih besar yang bisa bertahan, UMKM yang kita ketahui tidak berbasiskan modal besar pun bisa bertahan bila paham triknya. Bagi kamu pemilik UMKM, berikut ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan daya saing bisnismu. 

 

1. Menciptakan produk yang orisinil dan unik

Produk yang orisinil maksudnya adalah tidak meniru produk yang sudah ada dan diciptakan oleh orang lain. Kalau memang berkonsep sama, paling tidak produk yang kamu selayaknya memiliki ciri atau keunikan tersendiri yang menjadikannya terlihat berbeda.

 

Produk yang seperti inilah yang mampu menaikkan nilai jual dan secara otomatis membuat konsumen mencintai produk kamu. 

 

2. Terus berinovasi

Inovasi diperlukan dalam bisnis agar konsumen tidak merasa jenuh dan bosan dengan produk yang begitu-begitu saja. Produk yang kamu jual orisinil dan unik, tapi bila tanpa inovasi, cepat atau lambat bisnismu akan jadi membosankan. 

 

Tapi semestinya kamu pastikan kalau inovasi itu cukup menarik dan dapat menjawab kebutuhan konsumen yang selama ini belum mereka dapatkan dari pesaing bisnismu. 

 

3. Menguasai manajemen bisnis

Manajemen bisnis mencakup beberapa hal, antara lain: manajemen produksi, sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, dan informasi. Sebagai pemilik bisnis UMKM kamu sebaiknya mempelajari dan menguasai semuanya agar dapat mengelola operasional bisnis dengan konsep lebih profesional. 

 

Konsep yang profesional menjadikan bisnismu mempunyai tujuan dan perencanaan yang tepat sehingga tidak mudah goyah dengan munculnya banyak pesaing.

 

4. Melakukan pemasaran digital

Tidak bisa dipungkiri bila saat ini pemasaran digital jauh lebih efektif  daripada pemasaran dengan sistem konvensional. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga semestinya bisa beradaptasi dengan hal ini.

 

Belajar memahami internet, berkenalan dengan pembuatan website bisnis, marketplace, pembayaran secara online, juga bekerjasama dengan pihak ekspedisi menjadi hal yang sangat penting agar bisnismu tidak jalan di tempat. Dengan begitu, bisnismu tidak akan kalah bersaing dengan pihak lain. 

 

Memahami pemasaran digital adalah salah satu cara untuk memaksimalkan daya saing bisnismu 

5. Memahami dan melayani konsumen dengan baik

Konsumen adalah sumber penghasilan bisnismu. Jika konsumen puas dengan produk dan pelayanan bisnismu, maka jumlah konsumen akan meningkat lalu penghasilan bisnismu akan bertambah.

 

Karena itulah, melayani setiap konsumen secara profesional dan berusaha memenuhi permintaan demi kepuasan mereka adalah satu hal yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar. Dengan memperhatikan kepuasan konsumen, maka keberlangsungan usaha kamu ke depannya bisa dipastikan baik-baik saja dan tidak perlu takut lagi dengan persaingan bisnis.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.