Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Tips Memaksimalkan Info Promo sebagai Benefit Anggota

    Tips Memaksimalkan Info Promo sebagai Benefit Anggota


    Program promo dapat menjadi benefit anggota untuk mendorong angka penjualan.

    Benefit anggota sering kali menjadi andalan pelaku usaha untuk menjaga agar pelanggan setia yang dimiliki bisnisnya tidak mudah kabur dan berpaling mengonsumsi produk yang dipasarkan oleh pihak kompetitor. Namun, tetap saja, jika tidak dimaksimalkan dengan baik, manfaat yang diterima ini hanya akan terasa seperti gimmick.

    Jangan khawatir, ada banyak cara untuk memastikan setiap manfaat yang ditawarkan untuk pelanggan dapat memperoleh hasil yang diinginkan, salah satunya dengan mengelola info promo yang dapat dinikmati oleh pelanggan-pelanggan setia tersebut dengan baik. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut?

    1. Terapkan Pendekatan yang Personal

    Kebanyakan pelaku usaha memilih untuk menyampaikan setiap informasi yang berkaitan dengan program promo dari bisnisnya secara generik, yaitu dengan bahasa yang bisa dibilang umum sehingga tidak dapat menggugah minat pelanggan untuk mencari tahu lebih lanjut.

    Tentu, melakukan pendekatan personal kepada seluruh pelanggan setia yang sudah bergabung dalam sistem keanggotaan akan tetap terasa generik. Namun, kamu dapat mengatasi tantangan ini dengan menerapkan tingkatan dalam sistem keanggotan yang dijalankan.

    Dengan adanya tingkatan tersebut, kamu bisa menyesuaikan cara penyampaian informasi dari program promo yang akan atau sedang diluncurkan. Pelanggan di setiap tingkatan dapat menikmati penyampaian informasi yang berbeda sesuai dengan tingkat loyalitasnya.

    Misalnya saja, untuk pelanggan dengan tingkat keanggotaan yang paling tinggi, kamu bisa memberikan informasi terkait promosi yang lebih lengkap dengan bahasa yang juga lebih menunjukkan kepedulian. Contohnya dengan membuka informasi menggunakan ucapan terima kasih telah menjadi pelanggan setia.

    1. Atur Momen Penyampaian Info Promo

    Terus memberikan penawaran menarik bagi pelanggan sepanjang waktu mungkin memang dapat meningkatkan angka penjualan. Namun, selain membutuhkan modal yang sangat besar, program promo yang diluncurkan pun bisa jadi justru akan kehilangan daya tarik personalnya.

    Pastikan info promo yang tadinya dimaksudkan untuk menarik minat pelanggan agar melakukan transaksi atau pembelian tidak justru membuat pelanggan merasa bahwa harga promo tersebut merupakan harga biasa sehingga justru enggan untuk cepat-cepat melakukan pembelian. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu dapat mengatur waktu penyampaian informasi sesuai dengan momen yang ada.

    Namun, perhatikan juga untuk tidak terlalu mepet dalam menyampaikan informasi. Ambil ancang-ancang dari beberapa waktu sebelumnya untuk memberikan teaser kepada pelanggan untuk membuat mereka penasaran dan tertarik untuk mengikuti informasi terkait promosi yang akan diluncurkan tersebut, dan pada akhirnya memanfaatkan promo yang ditawarkan untuk melakukan pembelian.

    Manfaatkan setiap momen yang ada sebagai kesempatan untuk mengeluarkan program promosi. Tak ada salahnya untuk memeriksa tren transaksi dan juga pembelian yang terjadi pada momen tersebut di tahun-tahun sebelumnya untuk hasil yang lebih maksimal lagi.

    Agar benefit anggota semakin maksimal, sesuaikan info promo yang akan disampaikan

    1. Sesuaikan Bahasa yang Ingin Digunakan dengan Pelanggan

    Jika bisnismu menawarkan beberapa lini produk sekaligus, kamu sebenarnya bisa memeriksa produk apa yang paling sering dibeli oleh setiap pelanggan. Terlebih lagi jika kamu sudah menerapkan sistem keanggotaan yang baik dalam bisnismu, akan ada lebih banyak lagi data yang bisa digali untuk memaksimalkan penyampaian promosi kepada pelanggan.

    Sebagai contoh, dari data penjualan yang tercatat untuk setiap pelanggan yang menjadi anggota, kamu bisa memperkirakan segmen minat dari setiap pelanggan tertentu. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan bahasa yang ingin kamu gunakan saat ingin menyampaikan informasi program promo berikutnya.

    Bahasa yang digunakan secara sesuai akan membuat pelanggan merasa lebih tertarik dengan promo yang akan diluncurkan. Sesungguhnya, tips ini masih berkaitan dengan tips pertama, dengan menyesuaikan bahasa yang digunakan, kamu bisa menerapkan pendekatan yang lebih personal kepada pelanggan.

    Dengan cara tersebut, pelanggan akan merasa dipedulikan dan mudah menganggap bahwa promo yang ingin diluncurkan memang program yang tepat dengan kebiasaan transaksi mereka.

    Namun, sebelum itu, tentunya kamu perlu mengenal terlebih dahulu siapa saja orang yang menjadi pelanggan setia untuk bisnismu dan mengapa mereka memilih untuk melakukan transaksi di tempat usahamu dibanding bisnis sejenis yang dijalankan oleh pihak kompetitor. Adanya sistem keanggotaan akan sangat membantu dalam mencapai tujuan tersebut karena akan mempermudahmu melakukan pengkategorian segmen pelanggan.

    Banyaknya benefit anggota yang bisa ditawarkan kepada pelanggan akan terasa sia-sia apabila kamu tidak bisa melakukan penyampaian info promo dengan baik. Bagaimanapun juga, pelanggan setia yang memutuskan untuk bergabung dalam program keanggotaan yang kamu terapkan bisa disebut sebagai pelanggan istimewa, sehingga promo-promo yang ditawarkan kepada mereka juga sebaiknya tetap membuat mereka merasa sebagai pelanggan istimewa.

    Untuk praktik yang lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan sistem keanggotaan yang tersedia dalam aplikasi majoo untuk memastikan setiap informasi terkait program promo yang akan kamu luncurkan dapat terkirim dengan cepat kepada setiap pelanggan yang telah menjadi anggota. Dengan aplikasi majoo, kamu juga dapat menyusun program promosi yang menarik dengan lebih mudah dan tepat sasaran!


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!