Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Tips Menjalankan Model Bisnis Eco Friendly dengan Struk Digital

    Tips Menjalankan Model Bisnis Eco Friendly dengan Struk Digital

    Saatnya mengganti struk konvensional dengan struk digital

    Di era yang sudah serba digital seperti sekarang, setiap pelaku usaha dituntut untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, salah satunya dengan menggunakan struk digital. Meski mengganti struk model print out dengan digital memang terasa lebih modern, tetapi dalam pelaksanaannya tentu tidak bisa dilakukan asal agar tidak menyulitkan pelanggan. Berikut tips yang perlu diperhatikan jika kamu ingin mengganti struk konvensional dengan bentuk digital.

     

    1. Tingkatkan kesadaran ramah lingkungan pelanggan

    Beberapa waktu terakhir, bisnis eco friendly memang sedang marak diupayakan para pelaku usaha. Mengganti struk print out dengan bentuk digital sebenarnya juga bertujuan untuk mengubah agar bisnis lebih ramah terhadap lingkungan. Agar pelanggan tidak kaget, buatlah poster, brosur, atau pengumuman yang juga berisikan statistik terkait limbah kertas untuk meyakinkan pelanggan agar beralih menggunakan struk dengan bentuk digital. Jangan lupa menjelaskan secara verbal ketika pelanggan membayar bahwa meninggalkan model struk konvensional merupakan bentuk kontribusi bersama antara pelaku usaha dan pelanggan terhadap kelestarian lingkungan.

     

    2. Lakukan penggantian secara bertahap dengan periode uji coba

    Mengubah struk dengan bentuk print out sepenuhnya menjadi digital sesungguhnya bukanlah langkah yang tepat karena ada beberapa pelanggan yang benar-benar membutuhkan kertas struk atau belum begitu terbiasa dengan pemanfaatan teknologi digital. Oleh karena itu, jangan langsung mengganti bentuk struk secara langsung, tetapi lakukan secara berangsur-angsur. Selama beberapa waktu, sediakan kedua pilihan dan tanyakan kesediaan pelanggan untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan struk model digital, sehingga pelanggan tetap memiliki pilihan dan tidak merasa dipaksa.

     

    3. Tanyakan kesediaan pelanggan

    Bisnis eco friendly tidak hanya harus ramah terhadap lingkungan, tetapi juga ramah terhadap setiap pihak di dalamnya, termasuk pelanggan. Struk dengan bentuk digital umumnya dikirimkan melalui email atau melalui aplikasi tertentu, dan tentu tidak semua pelanggan bersedia untuk memberikan informasi pribadi seperti alamat email, nomor telepon, atau bahkan mengunduh aplikasi tertentu ke dalam ponsel mereka untuk menerima struk model baru ini. Oleh karena itu, jangan lupa menanyakan kesediaan pelanggan untuk menerima struk dalam bentuk digital, dan minta kerja sama pelanggan untuk mengisi data-data yang dibutuhkan agar dapat menerima struk tersebut.

     

    4. Gabungkan dengan program loyalitas pelanggan

    Menjaga loyalitas pelanggan tetap tinggi merupakan kunci sebuah bisnis dapat terus maju dan berkembang, salah satunya dengan meluncurkan program loyalitas pelanggan. Model bisnis eco friendly pun sebenarnya dapat diintegrasikan ke dalam program loyalitas pelanggan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan. Tawarkan program loyalitas pelanggan atau program keanggotaan lainnya kepada pelanggan, dan jelaskan bahwa pelanggan yang terdaftar dalam program tersebut akan langsung menerima struk secara digital setiap kali bertransaksi. Jelaskan bahwa dengan cara ini, selain membantu menjaga agar alam tetap bersih, pelanggan juga tidak perlu menuliskan kembali alamat email untuk menerima struk secara digital tiap kali mereka melakukan transaksi, karena struk akan dikirimkan secara otomatis kepada pelanggan.

    Struk digital merupakan kontribusi pelaku usaha serta pelanggan dalam menjaga kelestarian alam

    Model bisnis eco friendly merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha maupun pelanggan untuk berkontribusi menjaga keindahan alam. Dengan struk digital, kita dapat mengurangi limbah kertas yang terus meningkat setiap tahunnya, sekaligus memangkas kebutuhan akan kertas itu sendiri. Agar tidak terlalu repot, pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi majoo yang memiliki fitur pembuatan dan pengiriman struk secara digital ini, sehingga bisnis pun bisa tetap terus maju tanpa perlu khawatir menghasilkan limbah berlebih yang dapat merusak alam.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!