Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist


Citra Florist sudah bertransformasi dengan digitalisasi bisnis.


Seluruh bidang bisnis, baik produk maupun jasa, membutuhkan kontrol dan pengelolaan yang baik dari pemiliknya bila ingin mencapai kesuksesan. Tak terkecuali bisnis florist yang berkaitan erat dengan keindahan dan kreativitas. 


Bisnis florist memang ada banyak sekali di negeri ini, tapi tidak semuanya mampu dikontrol dengan baik oleh si pemilik. Banyak yang kolaps, banyak juga bisnis yang stagnan alias begitu-begitu saja, tidak mengalami perkembangan yang berarti. 


Hal semacam itu biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keengganan atau ketidakmauan si pemilik bisnis untuk berani mengambil #langkahmajoo. Terutama untuk berani berkenalan dengan perkembangan teknologi dan menerapkan metode digitalisasi dalam bisnisnya. 


Padahal, digitalisasi dalam bisnis ini dipercaya mampu memudahkan pergerakan, pengelolaan, dan kontrol bisnis oleh pemiliknya. Selain itu, dapat membantu kinerja para karyawan agar lebih rapi, terkoordinasi dengan baik, dengan memanfaatkan waktu kerja seefisien mungkin. 


Roni Ramadhan, pemilik bisnis dari Citra Florist yang berpusat di Surabaya, mengungkapkan bahwa keberanian untuk mengambil #langkahmajoo lah yang akhirnya membawa bisnisnya pada sebuah kisah sukses. Awalnya seluruh transaksi dan kegiatan yang ada di Citra Florist dilakukan serta dicatat secara manual. Kesalahan hitung, catatan yang tidak rapi pun menjadi satu kendala tersendiri. Otomatis, kinerja pemilik dan karyawan menjadi susah untuk terfokus pada karya mereka karena masih harus membagi pikiran dengan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi.

Aplikasi digital turut membantu program promo Citra Florist.

Roni menyatakan bahwa sebelumnya dia sudah pernah mencoba menggunakan aplikasi digital untuk membantunya dalam mengelola bisnis. Namun, semakin hari aplikasi tersebut dirasakan semakin membebani karena biaya berlangganannya yang terus naik. Belum lagi penggunaan aplikasi yang dirasa cukup rumit dan tidak praktis untuk dilakukan baik olehnya maupun para karyawannya. 


Salah satu karyawan Roni yang bertugas sebagai admin, Sherin Farahdilla mengatakan bahwa kinerjanya sangat terbantu dengan diterapkannya digitalisasi di Citra Florist. Tidak ada lagi waktu lembur di malam hari hanya untuk mencocokkan catatan dan rekapan stok barang atau transaksi satu per satu. Sherin menambahkan bahwa selain menghemat waktu, mereka juga bisa menghemat biaya operasional bisnis. 


Selain itu, menurut Sherin fitur-fitur yang ada pada aplikasi digital memudahkan mereka dalam bekerja. Fitur kasir secara otomatis membantu dalam mencatat transaksi keluar atau masuk. Fitur stok barang membantu mereka mengetahui produk mana saja yang paling diminati konsumen, produk mana yang sudah harus di-restock, juga produk yang mungkin penjualannya kurang bagus. Apalagi, di Citra Florist ini ada banyak sekali jenis bunga, baik yang segar atau kering. Akan cukup memusingkan bila semuanya dicatat secara manual.


Untuk produk yang mungkin kurang banyak diminati oleh konsumen, juga produk baru yang akan diperkenalkan, Citra Florist bisa memanfaatkan fitur promo yang ada di aplikasi digital. Fitur promo dapat menjadwalkan kapan promo akan digelar, seperti apa promonya, dan produk apa saja yang akan dipromosikan dengan harga khusus. 


Sebagai pemilik bisnis yang mengalami pasang surut, Roni merasakan bahwa dengan penggunaan aplikasi digital pada bisnisnya, secara otomatis perkembangan kenaikan atau bahkan penurunan omzet bisa mudah untuk dihitung dan dibandingkan. Apalagi saat ini, Citra Florist sudah memiliki beberapa outlet


Hal ini terjadi karena laporan keuangan dan transaksi yang ada pada aplikasi digital bersifat real time. Laporan bisa dilihat harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Jadi, secara otomatis pemilik bisa dengan mudah memastikan apakah bisnisnya mengalami peningkatan atau tidak dan dapat segara menentukan langkah apa yang akan ditempuh berikutnya. 


Roni menyatakan rasa senang atas hadirnya majoo di bisnisnya. Saat mengetahui majoo dari iklan media sosial, Roni mencoba untuk mensinkronisasikan majoo dengan bisnisnya dan ternyata cocok. Ditambah biaya berlangganan yang murah, membuat Roni merasa lebih pas menggunakan aplikasi digital ini di Citra Florist. 


Namun, dari seluruh fitur yang ada di majoo, yang membuat Roni dan para karyawannya merasa puas adalah karena aplikasi digital yang satu ini sangat mudah untuk digunakan. Tidak ribet. Semua orang bisa dengan mudah memahami dan menjalankannya. Tidak salah jika Roni Ramadhan dan Citra Florist layak kita sebut sebagai sebuah bisnis yang sukses melakukan transformasi digital. 


Roni bahkan menyarankan bagi para pemilik usaha di luar sana agar berani mengambil #langkahmajoo untuk segera beralih dari metode manual ke metode digital dengan menggunakan aplikasi yang akan lebih memudahkan kamu dalam meraih kesuksesan. Nah, bagaimana? Sudahkah kamu  menerapkan digitalisasi pada bisnismu? Tertarik untuk mencoba? Yuk, segera! 


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist

Setelah melakukan #langkahmajoo transformasi digital dari kinerja manualnya, kini Citra Florist merasakan makin keuntungan dan kemudahan yang didapat.

Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi

Aplikasi digital ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dalam analisis data. Pemilik usaha Garis Kota sudah membuktikan hal ini.

Pantau Bisnis dari Mana Saja Seperti Salon So'Ju

Dengan mengambil #langkahmajoo, pemilik Salon So’Ju berhasil mengelola usahanya dan menjaga kepuasan pelanggan tanpa perlu beranjak dari tempatnya berada. Cukup dengan ponsel dan laptop, semua data yang sudah terintegrasi dengan internet dapat diakses den

Manajemen Usaha Bebas Manipulasi ala Si Janda Ngamuk Cafe

Dengan mengambil #langkahmajoo, Si Janda Ngamuk Cafe berhasil memperbaiki manajemen internalnya dan membuatnya lebih rapi dan teratur.
Whatsapp