Pentingnya Aplikasi Keuangan dalam Situasi New Normal

Aplikasi keuangan merupakan sesuatu yang penting untuk mempermudah pelaku usaha dalam menjalankan bisnis di masa new normal

Aplikasi keuangan merupakan sebuah program untuk mengelola keuangan dalam berbagai aspek secara mendetail dan juga menyeluruh. Aplikasi semacam ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk perorangan, dan terutama untuk menjalankan bisnis. Terlebih di masa new normal seperti sekarang, penggunaan aplikasi untuk mengatur keuangan akan sangat membantu setiap pelaku usaha dalam bertahan menghadapi dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Apa saja, sih, yang bisa dilakukan oleh aplikasi pengelola keuangan?

 

1. Membantu manajemen inventori

Dalam setiap bisnis, alur keluar-masuk produk yang sehat, dengan efisiensi yang tinggi tanpa hambatan, akan sangat menentukan keberlanjutan bisnis tersebut ke depannya. Aplikasi wirausaha serta keuangan dapat mempermudah pengaturan inventaris bisnis. Beberapa aplikasi, misalnya saja aplikasi majoo, mampu mencatat stok persediaan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam menjalankan bisnis, menampilkan pemberitahuan saat ada persediaan yang sudah habis dan perlu dibeli ulang, dan juga produk apa saja yang paling laris dibeli oleh pelanggan. Dengan pengelolaan inventori yang baik, pelaku usaha dapat menekan sejumlah biaya pengeluaran, sehingga margin keuntungan pun dapat ditingkatkan.

 

2. Mempermudah pembayaran cashless

Selain membantu dalam manajemen inventori, aplikasi pengelolaan keuangan bagi bisnis mempermudah pembeli dalam melakukan pembayaran secara digital, suatu anjuran yang banyak diikuti di masa new normal untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Selain menjaga tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi dan membantu program pemerintah mewujudkan cashless society, pemanfaatan aplikasi pengatur keuangan juga memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha. Dengan pencatatan yang akurat dan faktual, pelaku usaha tidak perlu repot melakukan banyak penyesuaian untuk menyediakan pilihan pembayaran nontunai yang penting bagi pengembangan bisnis ini.

 

3. Membuat laporan keuangan bulanan secara tepat dan akurat

Laporan keuangan yang tidak rapi akan sangat merepotkan pelaku usaha untuk melakukan evalusasi terhadap bisnisnya. Selain itu, laporan keuangan yang buruk dapat memunculkan potensi terjadinya kesalahan di masa mendatang, baik kesalahan operasional maupun kesalahan saat menyusun strategi bisnis, yang nantinya dapat memberikan masalah yang serius dan bahkan membuat bisnis mengalami kerugian yang terlalu besar. Seperti kebanyakan aplikasi wirausaha maupun keuangan lainnya, aplikasi majoo mampu membuat laporan keuangan secara otomatis, tetapi tetap akurat, sehingga pelaku usaha dapat dengan tenang menyusun rencana bisnis untuk mengembangkan bisnisnya di masa new normal seperti sekarang.

Pemanfaatan aplikasi keuangan membantu pelaku usaha menyusun strategi pengembangan bisnis yang akurat

Masih ada banyak lagi keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi keuangan, terlebih di saat new normal seperti sekarang ini, di mana ada banyak perubahan, baik secara tren perilaku maupun arus pendapatan bisnis, yang mungkin akan membuat para pelaku usaha merasa kewalahan untuk melakukan penyesuaian. Aplikasi majoo, sebagai contohnya, tidak hanya mempermudah manajemen inventori serta pelaporan keuangan yang akurat, tetapi juga mengumpulkan serta menampilkan data untuk mempermudah analisis bisnis, memungkinkan pelaku usaha meningkatkan keuntungan bisnis secara signifikan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Pentingkah UMKM Memiliki Website Bisnis Khusus?

Menyediakan website bisnis tersendiri untuk sebuah usaha tentu bukan sesuatu yang aneh. Namun, apa manfaatnya untuk pelaku UMKM?

5 Alasan Pentingnya Analisis Bisnis dalam Era Digital

Proses pengumpulan, evaluasi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data atau lebih dikenal sebagai analisis bisnis makin penting di era digital ini.

Manfaat Membuat Strategi Pemasaran dengan Analisis Laba Rugi

Analisis laba rugi dapat membantu pelaku usaha dalam menyusun strategi pemasaran dan juga penjualan. Namun, sebenarnya apa manfaat melakukan analisis ini?

Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM

Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
Whatsapp