QRIS, Satu Langkah Penting Menuju Digitalisasi Bisnis!


QRIS memudahkan pelanggan melakukan pembayaran nontunai dan membantu pelaku usaha mewujudkan digitalisasi bisnis.

Digitalisasi bisnis saat ini merupakan salah satu pilihan yang paling banyak diminati oleh para pelaku usaha; bukan sekadar untuk bergaya semata, tetapi karena dengan melakukan digitalisasi terhadap lingkungan operasional bisnis yang dijalankan, baik dari awal proses hingga layanan purnajual di akhir, ada banyak manfaat yang dapat dipetik oleh pelaku usaha.

Menerapkan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard di tempat usaha merupakan salah satu langkah di antaranya yang tak boleh sampai ketinggalan. Namun, apa pentingnya memasang kode QR di tempat usaha?

QRIS Mendorong Pembayaran Nontunai yang Efektif

Alasan pertama mengapa penerapan kode QR ini menjadi sesuatu yang penting dalam menjalankan operasional bisnis adalah kemudahan yang ditawarkannya dalam menyukseskan pembayaran nontunai.

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, kontak fisik yang tak dapat dihindari saat melakukan pembayaran tunai termasuk satu hal yang sebisa mungkin harus dihindari; tidak hanya oleh pelanggan saja, tetapi juga oleh pelaku usaha. Maka dari itu metode pembayaran nontunai pun menjadi pilihan alternatif pembayaran yang aman dan sesuai dengan langkah-langkah untuk meminimalkan efek pandemi.

Melalui pembayaran nontunai, kontak fisik antara pelanggan dengan penjual dapat dihindari karena pembayaran dilakukan secara digital. Terlebih apabila pembayaran tersebut dilakukan dengan kode QR. Tidak seperti pembayaran dengan kartu debet maupun kredit yang tetap membutuhkan kontak fisik melalui mesin EDC sekalipun tergolong sebagai pembayaran nontunai, pembayaran melalui kode QR menghilangkan adanya kebutuhan untuk melakukan kontak fisik secara menyeluruh.

Pelanggan hanya perlu memindai kode QR yang disediakan, kemudian menyelesaikan pembayaran dari gawainya. Mudah, bukan?

Digitalisasi bisnis menjadi lebih mudah dengan QRIS dan aplikasi majoo.

Memudahkan Pembayaran dengan Berbagai e-Wallet dengan Satu Kode QR

Keunggulan lain yang juga ditawarkan oleh QRIS adalah cakupannya yang sangat luas dan sudah termasuk berbagai platform e-wallet yang banyak digunakan.

Tingginya kebutuhan akan pembayaran digital memunculkan banyak sekali platform e-wallet yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk menyelesaikan transaksi. Setiap platform tersebut juga dilengkapi dengan berbagai keuntungan dan kerugian masing-masing, sehingga pelanggan pun bebas untuk memilih platform dompet digital yang benar-benar sesuai dengan kebutuhannya.

Masalahnya, setiap platform e-wallet ini kemudian membutuhkan mesin EDC atau perangkat yang berbeda, dan pelaku usaha pun harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyediakan peranti tersebut apabila ingin menjangkau seluruh jenis pembayaran melalui e-wallet, bukan?

Untungnya, sebagai kode QR yang menjadi standar nasional, kini pelaku usaha tak perlu memiliki seluruh perangkat yang dibutuhkan untuk melayani setiap transaksi dengan platform yang berbeda. Pelaku usaha cukup menyiapkan satu kode QR saja yang dapat diproses oleh seluruh platform dompet digital tersebut.

Tentunya dengan standar kode QR nasional ini, pelaku usaha dapat menghemat banyak sekali biaya, tetapi tetap dapat melayani seluruh transaksi yang dilakukan oleh setiap pelanggan, terlepas dari apa platform e-wallet yang mereka gunakan masing-masing.

Produk Resmi dari Bank Indonesia

Tak perlu khawatir jika kamu ingin menggunakan QRIS untuk memulai digitalisasi pembayaran di tempat usahamu. Berbeda dengan banyak produk teknologi keuangan yang semakin lama kian banyak menjamur, kode QR dengan standar nasional ini merupakan produk yang dikeluarkan langsung oleh Bank Indonesia.

Nama Bank Indonesia yang menjadi kiblat bagi setiap aktivitas perekonomian serta perbankan di Indonesia dapat menjadi jaminan untuk mulai menerapkan pembayaran menggunakan standar kode QR ini; baik dari segi keamanannya serta legalitas yang dimilikinya.

Bagaimanapun juga, produk ini diluncurkan oleh Bank Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan setiap pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah, dalam menyediakan pilihan pembayaran bagi setiap pelanggannya. Pendaftarannya pun cukup mudah, dan setelah mendaftar, kamu akan menerima kode QR universal yang akan langsung tersambung dengan tempat usahamu.

Dengan produk yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia ini, kamu bisa memberikan pilihan pembayaran yang lebih banyak bagi pelanggan setiamu, membantu menjaga agar tingkat kepuasaan serta retensinya lebih tinggi dan bisnis pun menjadi lebih mudah untuk maju dan berkembang.

Agar lebih efektif lagi, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi majoo untuk mengintegrasikan sistem pembayaran yang berlaku di tempat usahamu dengan kode QR standar Indonesia ini. Sehingga, setiap pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan setiamu tidak hanya dengan mudah terselesaikan melalui pembayaran nontunai yang aman, tetapi juga secara langsung tercatat dalam pembukuan bisnismu.

Selain itu, dengan integrasi dalam sistem aplikasi majoo, setiap pembayaran yang dilakukan dengan memindai kode QR memungkinkanmu untuk secara langsung mengirimkan struk pembelian kepada pelanggan lewat aplikasi WhatsApp, terlebih apabila pelanggan yang melakukan transaksi tersebut juga mengikuti program keanggotaan yang mungkin kamu terapkan. Jadi, proses digitalisasi bisnis yang dilakukan pun benar-benar menyeluruh tanpa membutuhkan adanya kontak fisik dengan pelanggan.

Mendaftar untuk memiliki kode QR bagi tempat usaha melalui aplikasi majoo juga mudah, kamu dapat melakukannya dengan cepat tanpa perlu menghabiskan banyak waktu serta tenaga. Jadi, tunggu apa lagi? Buat bisnismu go digital secepatnya dan kelola bisnismu secara mudah bersama aplikasi majoo!


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Menilik Kaitan Ekosistem Digital dengan Kemajuan Usaha Kecil
Dunia akan terus bergerak ke arah serba digital. Bila usaha kecil ingin turut ambil cuan, perlu mulai melibatkan diri dalam ekosistem digital.
6 Alasan Kolaborasi Bisa Membantu Pertumbuhan Bisnis
Kolaborasi adalah alat bantu luar biasa untuk memajukan usaha kecil, mulai dari membantu menyelesaikan persoalan hingga menekan biaya operasional.
Tahun Baru, Perlukah Mengajukan Pinjaman Modal Usaha?
Tambahan modal usaha dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Memasuki tahun yang baru, apakah mengajukan pinjaman modal adalah suatu hal yang perlu dilakukan?
Business Plan 2022, Mendorong Pertumbuhan Bisnis
Situasi ekonomis diprediksi mulai membaik pada tahun 2022. Karena itu, usaha kecil perlu memiliki business plan agar bisa mencapai tujuan dan growth.
Whatsapp