Dunia bisnis memang sangat kompetitif dan kerap dianggap keras. Namun, bukan berarti bisnismu tak bisa berkembang. Meskipun persaingan tak bisa dihindari, ada juga peluang-peluang untuk melakukan kolaborasi bisnis.
Berkolaborasi dengan usaha kecil lainnya memungkinkan kamu mendiversifikasi target pasar, menjangkau pasar baru, serta meningkatkan kualitas produk atau layananmu.
Sebelum bicara lebih lanjut tentang alasan-alasan yang kayak membuatmu memutuskan untuk berkolaborasi, mari samakan persepsi terlebih dahulu: Apa yang dimaksud dengan melakukan kolaborasi?
Kolaborasi bisnis adalah kerja sama antara dua organisasi bisnis atau lebih untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan yang mungkin lebih menantang bila dicapai sendiri oleh satu bisnis.
Dengan menggabungkan keahlian, perspektif, dan keterampilan dari orang dan organisasi yang berbeda, semua pihak yang terlibat akan lebih mampu berinovasi dan berkembang.
Kalau kamu masih belum yakin untuk berkolaborasi, di bawah ini beberapa alasan kamu perlu berkolaborasi dengan bisnis lain.
Maju Bersama
Kolaborasi membantu usaha kecil bersaing dengan merek yang lebih besar melalui penggabungan pengetahuan, jangkauan konsumen, dan teknologi.
Kedua atau beberapa bisnis kecil akan berkembang sebagai hasil dari upaya gabungan bisnis-bisnis tersebut untuk saling membantu.
Pasalnya, mungkin sulit bagi bisnis kecil untuk membangun diri mereka sendiri jika mereka menghadapi bisnis dengan sumber daya keuangan dan kekuatan karyawan yang lebih besar.
Melalui kolaborasi, bisnis kecil bisa maju atau tumbuh bersama karena bisnis-bisnis yang berkolaborasi akan mendapat manfaat dari kerja sama tim.
Memperluas Network
Umumnya, bisnis kecil berkolaborasi dengan menghubungkan lingkaran profesional. Maka dari itu, kolaborasi membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan jaringan yang lebih luas daripada yang dapat dilakukan oleh bisins masing-masing.
Lebih dari itu, pengusaha sukses memiliki minat yang sama untuk bertemu orang baru, membangun kontak, dan memperluas jaringan.
Tidak heran bila kamu ingin sukses dalam bisnis kamu perlu terus membuat koneksi baru, membentuk aliansi, dan menjangkau audiens baru.
Menghemat Waktu dan Biaya
Sebagai pemilik bisnis, kamu pasti sudah tahu betapa berharganya waktu sebagai sumber daya. Menariknya, dengan berkolaborasi dengan bisnis kecil lain, kamu bisa menghemat waktu. Bagaimana caranya?
Ketika kamu berkolaborasi, kamu akan memiliki tim pengalaman dan wawasan yang lebih kaya serta beragam. Dengan begitu, kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memecahkan masalah dan merencanakan produk atau pemasaran baru.
Makin banyak orang dengan berbagai wawasan serta pengalaman yang mengerjakan proyek, makin banyak waktu yang kamu hemat.
Tak hanya itu, dalam hubungan kolaboratif, biaya-biaya pun dibagi. Kamu mungkin dapat anggaran yang lebih besar karena biaya ditanggung bersama.
Bahkan, anggaran lebih besar tersebut mungkin diperoleh sambil memotong biaya yang perlu kamu keluarkan jika bekerja sama dengan perusahaan lain. Pastikan perjanjian kerja sama mencakup pembagian biaya pengembangan dan pemasaran.
Mendorong Inovasi
Kolaborasi bisa memicu inovasi karena setiap orang yang terlibat dalam kerja sama kemungkinan membawa seperangkat keterampilan, pengetahuan, pendekatan, pengalaman, dan ide yang berbeda.
Bekerja sama dan merangkul perbedaan-perbedaan ini dapat memberi jalan bagi ide-ide baru melalui kombinasi perspektif yang unik. Wajar saja jika kolaborasi dianggap sebagai kunci inovasi yang konstan.
Bukan rahasia lagi, inovasi dibutuhkan di tengah pasar yang kompetitif bila kamu ingin bisnismu terus bertahan. Maka dari itu, tak berlebihan jika kolaborasi bisnis dianggap strategi yang perlu dilakukan supaya bisnis makin maju.
Baca juga: Alasan Penting Perlunya Ada Inovasi Bisnis pada UMKM
Apalagi dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, siklus hidup produk pun jadi lebih pendek. Dengan kata lain, kamu memerlikan biaya R&D yang sangat besar untuk menciptakan produk baru.
Akan tetapi, melalui kolaborasi, bisnis dapat menyatukan sumber daya untuk memangkas biaya dan saling menguntungkan dari inovasi.
Menyelesaikan Masalah Bisnis
Bukan tanpa alasan crowdsourcing kian populer belakangan ini, yaitu terdapat kekuatan dalam jumlah. Jika satu orang tidak dapat menyelesaikan suatu tugas sendiri, maka dua, tiga, atau beberapa orang mungkin bisa menemukan solusinya.
Logika tersebut juga berlaku dalam bisnis. Cobalah ingat kembali, tantangan baru-baru yang kamu temui dalam bisnis. Apakah kamu menghubungi mentor, mitra, atau sumber tepercaya lainnya untuk meminta saran atau panduan?
Kamu pun dapat melakukannya saat berkolaborasi dengan bisnis kecil lain karena kamu memiliki lebih banyak orang yang menangani masalah. Makin sulit suatu masalah dipecahkan, makin mendesak bagi kamu untuk melakukan kolaborasi.
Salah satu manfaat terbesar dari kolaborasi ialah kesempatan berbagi pengetahuan. Dalam setiap interaksi yang kamu lakukan dengan seseorang di luar lingkaran terdekat, kamu dapat belajar sesuatu yang berharga dan menyelesaikan masalah yang mungkin sebelumnya belum kamu ketahui solusinya.
Seperti telah disebutkan sebelumnya, beberapa kolaborasi bisnis yang paling berhasil mencakup dua atau lebih profesional yang menghadirkan perspektif, keahlian, dan pengetahuan yang berbeda.
Penambahan perspektif baru bisa memberikan hasil lebih dari sekadar yang kamu harapkan. Apakah kamu siap menjadikan kolaborasi dengan usaha kecil lainnya sebagai bagian dari strategi bisnismu?
Kalau kamu masih membutuhkan inspirasi strategi bisnis lainnya, baca lebih lanjut di sini.