Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Alasan Penting Perlunya Ada Inovasi Bisnis pada UMKM

    Mengapa inovasi bisnis memiliki peran yang penting?

    Seorang pebisnis pastinya menyadari bahwa perkembangan bisnis yang sangat cepat secara otomatis semakin memperketat persaingan yang ada di antara kompetitor. Untuk itulah, diperlukan adanya inovasi bisnis. Dalam bisnis apa saja inovasi ini diperlukan? Jawabannya adalah semua jenis bisnis, termasuk UMKM.

    Bentuk inovasi bisnis sebenarnya bukan hanya terletak pada pembaruan produk yang dijual, melainkan bisa diterapkan pada banyak hal lainnya. Seperti, renovasi toko offline atau outlet, inovasi di metode pembayaran, strategi marketing yang lebih up to date, sampai dengan perluasan pasar. 

    Baca juga: Inovasi dalam Strategi Marketing Bisnis, Perlukah?

    Mengapa UMKM Perlu Melakukan Inovasi Bisnis?

    Lantas, kenapa ya inovasi bisnis ini diperlukan saat pemilik bisnis menjalankan bisnisnya, termasuk bidang UMKM? Beberapa alasan berikut mungkin bisa membantu kamu untuk lebih memahaminya.

    Tren Bisnis yang Terus Berubah

    Kita semua tahu bahwa yang namanya tren bisnis akan terus berubah, bisa ke arah yang sama sekali baru atau malah kembali ke tren-tren yang memang sempat hype beberapa waktu sebelumnya. Intinya, tren pasar ini bergerak dinamis.

    Apa yang terjadi jika kamu sebagai pegiat UMKM tidak melakukan inovasi bisnis? Usaha yang kamu jalankan akan ketinggalan dan tergerus cepatnya pergerakan tren. 

    Bila kamu lebih cermat, akan terlihat dengan jelas bahwa setiap harinya muncul pelaku bisnis dengan berbagai inovasi yang diterapkan. Bukan hanya pada bisnis yang dijalankan secara offline, namun juga bisnis online. Tidak mau berinovasi artinya merelakan bisnismu kalah dengan kompetitor dan tenggelam dalam persaingan pasar. 

    Konsumen Cenderung Menyukai Produk Baru

    Adanya kecenderungan ini harusnya membuat para pegiat UMKM menjadi lebih peka. Produk baru yang dimaksud bukan hanya barang yang benar-benar baru diciptakan dan belum pernah ada sebelumnya, bisa juga merupakan barang-barang yang diberi sentuhan baru sebagai bentuk inovasi. 

    Inovasi bisnis pada produk bisa dalam bentuk pergantian kemasan, tambahan ingredients tertentu, adanya varian rasa atau aroma baru, dan sebagainya. 

    Inovasi bisnis perlu dilakukan oleh para pegiat UMKM. 

    Agar Tidak Kehilangan Momen

    Dalam tren bisnis, mungkin kamu akan mendapati ada waktu-waktu atau momen tertentu saat suatu produk menjadi viral dan menjadi sangat dicari oleh para konsumen. Misalnya, saat booming minuman boba atau sabun berbahan dasar herbal. 

    Kamu bisa memanfaatkan momen-momen seperti itu untuk lebih meningkatkan omset. Jika tidak berani melakukan inovasi, kamu akan kehilangan momen. Jika sudah begitu, kamu akan menyesal. Penyesalan memang datangnya di akhir kan, ya. 

    Mempertahankan Bisnis

    Mempertahankan lebih sulit dibandingkan memulai. Pernah dengar pepatah itu? Ya, kalimat tersebut memang bukan omong kosong. Memulai bisnis, meskipun juga tidak mudah, namun bisa dilakukan secara bertahap sambil belajar. 

    Namun, mempertahankan bisnis adalah hal lain. Diperlukan adanya skill dan pemahaman bisnis yang lebih dalam. Inovasi yang kamu jalankan bisa membantu kamu mempertahankan bisnis dengan cara menambah jumlah pelanggan dan perluasan pasar. 

    Baca juga: Ekspansi adalah Perluasan. Simak Definisi Ekspansi di Sini!

    Memenangi Persaingan

    Seperti yang sudah disinggung tadi, saat kamu melakukan sebuah inovasi bisnis, secara tidak langsung kamu akan diminta untuk terus menghadirkan ide-ide baru dan mutakhir. Jika tidak, produk yang kamu tawarkan akan sama saja nilainya dengan produk milik kompetitor. 

    Bila produk yang kamu hasilkan dari UMKM sama dengan milik kompetitor, persaingan bisnis akan menjadi lebih ketat. Artinya juga produkmu tidak memiliki nilai lebih yang menonjol dan bisa menarik minat konsumen. Dengan melakukan inovasi bisnis, maka persaingan akan bisa diminimalisir. 

    Meningkatkan Pendapatan dan Keuntungan 

    Mendapatkan keuntungan tentunya merupakan tujuan utama pelaku UMKM. Dengan adanya keberanian untuk melakukan inovasi, peluang untuk mendapatkan profit atau omset dalam jumlah besar pun terbuka lebar. 

    Baca juga: 5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Usahamu Lebih Sukses

    Sekarang sudah tahu kan mengapa inovasi bisnis memegang peranan penting dalam perkembangan UMKM? Jika saat ini kamu sedang menjalankan UMKM dalam skala yang masih kecil, penerapan inovasi di berbagai aspek merupakan solusi yang bisa kamu coba. 

    Menjadi pelaku bisnis yang inovatif, artinya memiliki keberanian untuk berpikir secara positif, berani mengambil risiko, siap dengan segala kritik, tapi tetap mampu menghadapi segala ketakutan akan perubahan. Singkatnya, inovasi bisnis adalah suatu hal yang perlu dilakukan demi meraih hasil yang lebih positif. 

    Namun, satu hal yang perlu kamu ingat adalah inovasi bisnis biasanya memerlukan dana lebih. Baik untuk menambah bahan baku, mengganti peralatan, mengubah metode pemasaran, dan lain-lain. Jadi, pastikan keuangan bisnismu sudah stabil terlebih dulu sebelum mulai melakukan inovasi. Dengan kondisi keuangan yang baik, kamu bisa dengan mudah mengembangkan bisnis dengan strategi yang tepat.

    Langkah yang bisa kamu terapkan adalah dengan mempersiapkan aplikasi keuangan yang akan membantumu dalam hal operasional bisnis. Aplikasi kasir online dari majoo adalah aplikasi yang memberikan kemudahan dalam berbisnis. Mulai dari pencatatan seluruh transaksi masuk dan keluar, menerima semua jenis pembayaran, dan menyimpan seluruh data transaksi dengan aman. Kondisi keuangan yang tercatat dengan aman akan membuat proses inovasi menjadi lebih nyaman dilakukan. Cobain sekarang, yuk! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.