Ketahui Profitabilitas Perusahaan dengan Analisis Dupont!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Dalam dunia bisnis, pemahaman yang mendalam tentang kinerja keuangan sebuah perusahaan adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat. Salah satu alat yang sangat berguna dalam menganalisis profitabilitas dan efisiensi suatu perusahaan yaitu dengan menggunakan analisis dupont.

Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep analisis dupont dengan lebih dalam, dan bagaimana analisis ini dapat membantu kita memecah ROE (Return on Equity) perusahaan menjadi komponen-komponen yang lebih mudah dimengerti. Yuk, simak artikel ini sampai selesai! 

Baca Juga: Profitabilitas Adalah: Pengertian, Rasio, Contoh

Apa yang Dimaksud Analisis Dupont?

Dalam dunia bisnis, kita sering ingin tahu seberapa baik sebuah perusahaan dalam menghasilkan uang dari modal yang telah diinvestasikan, bukan? Jadi, kita mengetahui perusahaan tersebut efisien dalam mengelola aset dan keuntungan atau tidak. Cara untuk mengetahuinya dengan menggunakan analisis dupont.

Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh DuPont Corporation pada tahun 1920, yang kemudian dikenal sebagai analisis dupont. Model analisis ini dianggap bermanfaat untuk mencegah kesimpulan yang salah dalam menganalisis keuntungan suatu perusahaan. Analisis dupont adalah kerangka kerja persamaan keuangan yang melibatkan beberapa langkah dan memberikan gambaran tentang kinerja bisnis secara mendasar.

Analisis dupont secara komprehensif menjelaskan elemen-elemen utama yang berpengaruh dalam menghitung laba atas ekuitas atau Return on Equity (ROE) perusahaan. Melalui pendekatan ini, investor dapat fokus pada poin inti kinerja perusahaan.

Analisis dupont memiliki satu indikator fundamental utama, yaitu Return on Equity (ROE), yang digunakan dalam perhitungannya. 

Kenali Fungsi Analisis Dupont

Analisis dupont bukan hanya alat analisis keuangan biasa, tetapi juga merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk memahami kesehatan dan performa suatu perusahaan secara lebih mendalam. Berikut ini mari kita lihat fungsi-fungsi penting dari analisis dupont ini. 

Mengidentifikasi Faktor Penyebab Profitabilitas

Salah satu fungsi utama dari analisis dupont adalah metode untuk membantu menggali faktor-faktor yang mendasari profitabilitas perusahaan. Dengan memecah laba bersih menjadi komponen-komponen seperti margin laba bersih dan perputaran aset, analisis ini memungkinkan kita untuk melihat apakah peningkatan atau penurunan profitabilitas disebabkan oleh faktor internal (misalnya, efisiensi operasional) atau eksternal (misalnya, perubahan dalam pasar). 

Mengukur Efisiensi Penggunaan Modal

Analisis dupont membantu kita menilai seberapa efisien perusahaan menggunakan modalnya untuk menghasilkan laba. Dengan membandingkan perputaran aset dengan margin laba bersih, kita dapat melihat apakah perusahaan memaksimalkan penggunaan asetnya atau jika ada potensi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan modal. 

Mengidentifikasi Risiko Keuangan

Dengan mempertimbangkan unsur leverage dalam analisis dupont, kita dapat mengidentifikasi sejauh mana perusahaan menggunakan utang atau modal pinjaman untuk meningkatkan ROE perusahaan. Cara ini tentunya akan membantu kita dalam memahami tingkat risiko keuangan yang dihadapi perusahaan, karena leverage yang tinggi dapat meningkatkan potensi kerugian jika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana. 

Menginformasikan Pengambilan Keputusan

Analisis dupont memberikan informasi yang sangat berharga bagi para investor, manajer, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan memahami komponen-komponen ROE dan faktor-faktor yang memengaruhinya, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait investasi, strategi bisnis, dan pengelolaan keuangan. 

Evaluasi Kinerja Perusahaan Secara Komprehensif

Analisis dupont menggabungkan beberapa aspek kinerja keuangan menjadi satu gambaran lengkap tentang kesehatan bisnis. Evaluasi ini memungkinkan kita untuk lebih memahami perusahaan dalam mencapai tingkat profitabilitas yang ingin dicapai. 

Baca Juga: Mengenal Profit Margin: Konsep Dasar dan Cara Menghitungnya

 Apa itu analisis dupont?

Apa Saja Komponen Analisis Dupont?

Dalam analisis dupont, kita akan memecah profitabilitas sebuah perusahaan menjadi beberapa komponen kunci untuk memahami perusahaan mencapai tingkat Return on Equity (ROE) mereka dengan lebih baik. Tentu saja analisis dupont memiliki beberapa komponen penting, komponen tersebut, antara lain: 

1. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin)

Komponen yang pertama yaitu margin laba bersih. Margin laba bersih mengukur seberapa besar persentase dari pendapatan perusahaan yang berubah menjadi keuntungan bersih setelah semua biaya dan pajak dibayarkan. Semakin tinggi margin ini, semakin baik perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari setiap penjualan. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.

rumus margin laba bersih

2. Perputaran Aset (Asset Turnover)

Komponen kedua adalah perputaran aset. Komponen ini mengukur seberapa efisien perusahaan menggunakan asetnya (seperti inventaris, mesin, dan properti) untuk menghasilkan pendapatan. Semakin tinggi perputaran aset, semakin efisien perusahaan dalam menggunakan modalnya untuk menghasilkan pendapatan. Rumus yang digunakan yakni:

rumus perputaran aset

3. Leverage

Komponen satu ini mencerminkan sejauh mana perusahaan menggunakan utang atau modal pinjaman untuk meningkatkan ROE. Leverage bisa memberikan potensi keuntungan yang lebih besar, tetapi juga membawa risiko keuangan yang lebih tinggi, lho! Rumus yang digunakan dalam komponen ini adalah sebagai berikut:

rumus leverage

Yang satu ini memang bukan komponen dari analisis dupont tetapi ROE adalah hasil akhir dari analisis ini. ROE adalah ukuran akhir dari seberapa baik perusahaan menghasilkan keuntungan dari modal ekuitas pemegang sahamnya. Jadi, kita bisa menggunakan rumus berikut untuk mengetahui cara menghitung analisis dupont.

cara menghitung analisis dupont.

Jadi, dalam analisis dupont kita memecah ROE menjadi tiga komponen kunci, yaitu margin laba bersih, perputaran aset, dan leverage. Komponen ini akan membantu kita dalam memahami apa saja yang memengaruhi profitabilitas sebuah perusahaan dan perusahaan dapat melakukan perbaikan untuk mencapai hasil yang lebih baik. 

ROE adalah hasil akhir yang mencerminkan kinerja keseluruhan perusahaan dari segi profitabilitas ekuitas, ya. 

Baca Juga: Apa Perbedaan ROA dan ROE? Jawabannya Ada di Sini, Lho!

Cara Membaca Analisis Dupont

Setelah mengetahui komponen dasar dari analisis dupont, tentunya kamu ingin mengetahui cara membaca analisis dupont, bukan? Yuk, simak di bawah ini, ya! 

1. Mulai dengan ROE

Langkah pertama dalam membaca analisis dupont adalah melihat angka ROE perusahaan. ROE adalah hasil akhir dari analisis ini dan mencerminkan seberapa baik perusahaan menghasilkan keuntungan dari ekuitas pemegang sahamnya. Semakin tinggi ROE, semakin baik kinerja perusahaan dalam memanfaatkan modalnya. 

2. Memperhatikan Margin Laba Bersih

Selanjutnya, perhatikan komponen pertama, yaitu margin laba bersih. Dengan memperhatikan komponen satu ini, kita akan mengetahui besaran persentase dari pendapatan perusahaan yang berubah menjadi keuntungan bersih. Jika margin laba bersih tinggi, perusahaan telah melakukan efisiensi dalam mengelola biaya dan mendapatkan laba dari setiap penjualan. 

3. Mengevaluasi Perputaran Aset

Perhatikan komponen kedua, yaitu perputaran aset.  Komponen satu ini bisa mengukur efisiensi perusahaan dalam menggunakan asetnya untuk menghasilkan pendapatan. Semakin tinggi angka perputaran aset, semakin baik perusahaan dalam memaksimalkan penggunaan modalnya. 

4. Menganalisis Leverage

Terakhir, mempertimbangkan komponen leverage. Komponen leverage ini mencerminkan sejauh mana perusahaan menggunakan utang atau modal pinjaman untuk meningkatkan ROE. Leverage yang tinggi dapat memberikan potensi keuntungan lebih besar, tetapi juga membawa risiko keuangan yang lebih tinggi. 

5. Melihat Hubungan Antara Ketiga Komponen

Penting untuk melihat hubungan antara ketiga komponen dalam analisis dupont. Misalnya, ROE yang tinggi dapat dihasilkan dari margin laba bersih yang tinggi atau perputaran aset yang tinggi, atau keduanya. Namun, kita juga perlu memperhatikan dampak leverage dalam mencapai ROE tersebut, ya. 

6. Membandingkan dengan Industri dan Tren Historis

Selain itu, kita perlu membandingkan angka-angka dalam analisis dupont dengan perusahaan sejenis dalam industri yang sama. Cara ini akan membantu kita untuk menentukan kinerja perusahaan di industri tersebut. Selain itu, perhatikan tren historis untuk melihat kinerja perusahaan – semakin baik atau memburuk.

Dengan membaca analisis dupont laporan keuangan secara cermat, kita dapat memahami faktor-faktor yang memengaruhi profitabilitas perusahaan dan membuat keputusan yang lebih baik terkait investasi atau strategi bisnis. Analisis dupont memberikan gambaran yang lebih dalam terkait kinerja perusahaan, ya. 

Contoh Analisis Dupont

Untuk memberikan gambaran lebih nyata tentang cara analisis dupont bekerja, mari kita lihat contoh berikut ini, ya.

Untuk tahun 2022, PT Sejahtera Makmur memiliki laporan keuangan berikut:

  • Laba Bersih: Rp1.000.000.000

  • Pendapatan Total: Rp10.000.000.000

  • Total Aset: Rp5.000.000.000

  • Modal Saham (Ekuitas Pemegang Saham): Rp2.000.000.000

Sekarang, mari kita hitung komponen-komponen analisis dupont ini.

1. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin)

Margin Laba Bersih = (Rp1.000.000.000 / Rp10.000.000.000) x 100% = 10%

Margin Laba Bersih PT Sejahtera Makmur adalah 10%, yang berarti 10% dari pendapatan total berubah menjadi keuntungan bersih.

2. Perputaran Aset (Asset Turnover)

Perputaran Aset = Rp10.000.000.000 / Rp5.000.000.000 = 2

Perputaran Aset adalah 2, yang berarti PT Sejahtera Makmur menghasilkan pendapatan dua kali lipat dari total aset yang mereka miliki.

3. Leverage

Leverage = Rp 5.000.000.000 / Rp 2.000.000.000 = 2,5

Hasil leverage adalah 2,5 yang mengindikasikan bahwa PT Sejahtera Makmur menggunakan utang atau modal pinjaman sekitar 2,5 kali dari modal sahamnya untuk menghasilkan keuntungan.

4. Return on Equity (ROE)

ROE = Margin Laba Bersih x Perputaran Aset x Leverage

ROE = 10% x 2 x 2,5 = 25%

ROE PT Sejahtera Makmur adalah 25%, yang mencerminkan seberapa baik perusahaan ini menghasilkan keuntungan dari ekuitas pemegang sahamnya.

Dengan melihat contoh ini, kita dapat melihat bahwa analisis dupont dapat memecah ROE menjadi komponen-komponen yang dapat diidentifikasi dan diukur. Hal ini membantu kita memahami faktor-faktor yang memengaruhi profitabilitas perusahaan dan memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang lebih informatif terkait investasi atau strategi bisnis, ya.

Aplikasi akuntansi

Kesimpulan

Analisis dupont adalah alat analisis yang menyediakan kerangka kerja untuk memahami kinerja dasar suatu bisnis melalui langkah-langkah keuangan yang terstruktur. Kamu dapat menerapkan model ini untuk mengukur profitabilitas ekuitas perusahaan atau untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan investasi.

Dengan data yang berkualitas, kamu akan lebih mudah membuat penilaian bisnis yang tepat. Jika kamu menghadapi kesulitan dalam mengelola data keuangan secara manual, kamu dapat memanfaatkan aplikasi majoo yang memiliki fitur akuntansi. Aplikasi majoo akan membantu kamu dalam mencatat dan melaporkan data keuangan dengan cepat, akurat, dan secara real-time, sehingga menghemat waktu dan memberikan hasil yang dapat diandalkan.

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang aplikasi majoo!

 

Sumber Data:

https://www.simulasikredit.com/apa-itu-dupont-analysis-definisi-dupont-analyisis/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo