Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Pengertian Budget Plan dan Cara Efektif untuk Membuatnya

    Pengertian Budget Plan dan Cara Efektif untuk Membuatnya

    Apa yang dimaksud dengan budget plan?

    Percaya atau tidak, budget plan bukan hanya dibutuhkan untuk keperluan perhitungan keuangan pribadi, namun juga untuk perusahaan atau bisnis. Jika tidak ada perencanaan yang baik dalam hal anggaran keuangan, bisnis akan kacau karena tidak ada batasan yang bisa dijadikan sebagai panduan. 

    Budget plan atau perencanaan anggaran akan membantu kamu dalam membandingkan dan melacak pendapatan dan pengeluaran perusahaan untuk periode tertentu, umumnya perencanaan dibuat bulanan. 

    Selain itu, budget plan akan menunjukkan berapa banyak uang yang ingin kamu hasilkan, lalu membandingkannya dengan pengeluaran yang kamu butuhkan – seperti sewa dan asuransi – serta beberapa pengeluaran tidak terduga lainnya. 

    Pengertian Budget Plan

    Pengertian budget plan atau rencana anggaran adalah bagan yang berfungsi untuk menunjukkan aliran uang, baik dalam kehidupan pribadi maupun bisnis. Budget plan merupakan rencana anggaran yang dapat membantu kamu dalam menentukan pengeluaran serta menyesuaikan kebiasaan pengeluaran yang kurang penting. .

    Dengan melakukan sedikit penyesuaian pada anggaran, kamu sebagai pemilik perusahaan mungkin akan memiliki kemampuan untuk menabung lebih banyak atau mengalokasikan sebagian dana ke pos-pos yang lain. 

    Baca juga: Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Prinsip, & Tipsnya

    Komponen yang Ada dalam Budget Plan

    Sebenarnya, tidak ada pakem yang pasti mengenai komponen yang ada dalam budget plan, Intinya, harus mengandung 3 hal, yaitu: 

    1. Variable cost (pengeluaran yang bisa berubah setiap bulannya)
    2. Fixed cost (pengeluaran yang tetap setiap bulannya, seperti gaji karyawan dan tagihan sewa bangunan)
    3. Expected income (pemasukan bulanan).

    Di luar itu, kamu bisa menambahkan sendiri kira-kira anggaran apa yang akan masukkan ke dalam budget plan perusahaanmu. 

    Fungsi Budget Plan 

    Dari penjelasan mengenai pengertian budget plan tadi, sebenarnya sudah bisa kamu simpulkan bahwa ada beberapa fungsi budget plan yang memang sangatlah penting. Fungsi budget plan tersebut antara lain adalah:

    • Sebagai alat komunikasi yang menghubungkan berbagai divisi atau unit di dalam perusahaan.
    • Sebagai tolok ukur hasil operasional perusahaan yang sesungguhnya.
    • Sebagai kontrol atau pengendali manajemen perusahaan.
    • Sebagai motivasi karyawan perusahaan untuk bekerja secara efektif sesuai dengan tujuan operasi perusahaan.
    • Sebagai perbandingan untuk melakukan evaluasi kinerja perusahaan.
    • Sebagai pedoman kerja perusahaan.
    • Untuk meminimalisir peluang terjadinya utang atau kewajiban perusahaan yang tidak terbayarkan.
    • Sebagai perkiraan penghematan.

    Bagaimana Cara Membuat Budget Plan?

    Lantaran fungsinya yang penting, sebagai pemilik bisnis atau perusahaan, kamu perlu tahu cara membuat budget plan yang ringkas, praktis namun tetap efisien. Beberapa langkah berikut bisa kamu coba.

    Lakukan Peninjauan Asumsi Budget Plan Sebelumnya

    Asumsi budget plan atau yang biasa disebut dengan asumsi anggaran adalah perkiraan biaya atau ekspektasi keuangan perusahaan. Sebelum kamu melakukan cara membuat budget plan untuk periode terbaru, sebaiknya tinjau kembali asumsi anggaran di periode sebelumnya. Tujuannya adalah untuk menemukan bagian yang perlu ditingkatkan, dipertahankan, atau justru dikurangi. 

    Susun Budget Plan Berdasarkan Masing-Masing Divisi

    Sebaiknya, kamu membuat budget plan untuk masing-masing divisi yang ada di perusahaan. Bukan hanya untuk perusahaan atau bisnis dalam skala besar, perusahaan yang masih kecil pun bisa melakukan ini. 

     Bagaimana cara membuat budget plan yang efektif bagi perusahaan?

    Lakukan Identifikasi Kemacetan

    Kemacetan yang dimaksud dalam bisnis adalah saat terjadi masalah dalam pengembangan proyek, yang akhirnya menunda penyelesaian proyek tersebut. Biasanya, kemacetan seperti ini terjadi saat staf perusahaan ternyata tidak memiliki akses ke sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan proyek. 

    Kamu bisa mencoba untuk melakukan identifikasi bagian mana yang kira-kira menjadi faktor terjadinya kemacetan. Dengan begitu, kamu bisa memulai untuk mengatur ulang anggaran agar tidak terjadi kemacetan yang sama di periode berikutnya. 

    Memprediksi Pendapatan yang Akan Diterima

    Saat membuat budget plan, sangat penting untuk mengetahui jumlah pendapatan yang tersedia di perusahaan, sehingga kamu bisa membagi anggaran sesuai jumlah pendapatan yang ada. Dalam hal ini, kamu bisa menerapkan analisis profitabilitas perusahaan untuk membantu memprediksi pendapatan yang tersedia tahun depan dengan lebih baik. 

    Baca juga: Memahami Arti, Cara Menghitung, serta Rasio Profitabilitas

    Menentukan Perkiraan Pengeluaran Tambahan

    Langkah selanjutnya dalam cara membuat budget plan perusahaan adalah dengan menentukan perkiraan pengeluaran tambahan. Dalam anggaran perusahaan, mengetahui perkiraan pengeluaran adalah hal yang sangat penting. Gunanya agar pihak perusahaan dapat menentukan pengeluaran potensial dan mengalokasikan keuangan untuk berbagai pengeluaran.

    Buatlah Proyeksi Cash Flow 

    Membuat budget plan sama artinya dengan proses memperkirakan angka-angka pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Kamu harus mengupayakan agar angka-angka yang ada dalam perencanaan anggaran tersebut tetap realistis dan tidak mengada-ada. Melebih-lebihkan cash flow hanya akan membuat kamu mendapatkan harapan palsu dan masalah besar di kemudian hari

    Melakukan Tinjauan Anggaran Secara Teratur

    Umumnya, ada banyak perusahaan yang membuat dan menyusun budget plan mereka untuk kepentingan selama setahun, otomatis persiapannya pun dilakukan setahun sekali. 

    Namun, tidak ada salahnya kamu melakukan peninjauan anggaran perusahaan secara teratur, tanpa harus menunggu periodenya habis. Misalnya, satu atau dua bulan sekali. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. 

    Lakukan Analisis Pembelian

    Banyak pemilik bisnis yang hanya memperhatikan pengeluaran terbesar mereka, tetapi tidak dengan pengeluaran kecil. Padahal, hal tersebut sangatlah berbahaya bagi kondisi keuangan perusahaan. Pengeluaran kecil, apabila sering dilakukan, jatuhnya akan sama saja. 

    Membuat Paket Anggaran Perusahaan

    Paket anggaran perusahaan adalah dokumen yang berisi informasi secara rinci mengenai anggaran perusahaan, mencakup pula berbagai informasi tentang perubahan terbaru, perbandingan dari anggaran tahun sebelumnya, solusi kemacetan dan hambatan umum, informasi biaya bertahap dan perkiraan pendanaan untuk tahun tersebut. 

    Kamu bisa membagikan dokumen tersebut ke seluruh anggota perusahaan, dengan tujuan agar membantu para staf merasa terlibat dalam budget plan perusahaan dan dapat membantu mereka menyadari pentingnya pengelolaan anggaran perusahaan. 

    Contoh Budget Plan Perusahaan

    Berikut beberapa contoh budget plan perusahaan yang bisa kamu jadikan sebagai sumber referensi dalam menyusun budget plan untuk perusahaanmu. 

    Contoh budget plan perusahaan dengan usaha/bisnis kebab:

    (Sumber: pinterest)

    Contoh budget plan perusahaan dalam hal gaji karyawan:

    (Sumber:culturopedia.net)

    Kesimpulan

    Pengertian budget plan atau rencana anggaran adalah bagan yang berfungsi untuk menunjukkan aliran uang, baik dalam kehidupan pribadi maupun bisnis. Budget plan merupakan rencana anggaran yang dapat membantu kamu dalam menentukan pengeluaran serta menyesuaikan kebiasaan pengeluaran yang kurang penting. .

    Membuat dan menyusun budget plan sangat penting bagi para pemilik bisnis. Dengan melakukan proses perencanaan anggaran yang baik, pastinya akan lebih memudahkan kamu dalam menindaklanjuti rencana bisnis dan mengetahui kemajuan proses dari rencana tersebut secara menyeluruh.

    Budget plan berkaitan erat dengan kondisi keuangan perusahaan, dan tentunya laporan keuangan. Tanpa adanya laporan keuangan yang dibuat dengan rapi dan teratur, budget plan pun tidak akan bisa dibuat secara efektif. Itulah sebabnya, kamu harus memastikan laporan keuangan perusahaan atau bisnismu sudah dibuat dengan sangat optimal. Laporan keuangan yang disusun secara baik, rapi, dan teratur akan memberikan gambaran bahwa perusahaan berada dalam kondisi baik dengan kinerja bisnis yang mumpuni. 

    Selain dengan menguasai ilmu akuntansi yang baik, adanya sumber daya akuntan yang layak, kamu juga perlu membekali bisnismu dengan aplikasi keuangan lengkap seperti majoo. Sebagai rekan operasional bisnismu yang terbaik, majoo juga menyediakan berbagai fitur menarik bagi pemilik bisnis seperti kamu untuk membantu pencatatan transaksi yang terjadi. Masih penasaran? Cobai berlangganan sekarang, yuk! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!