Cara Buat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Contohnya

Ditulis oleh Nisa Destiana

article thumbnail

Ketahui cara buat surat lamaran kerja yang baik dan menarik.

Cara buat surat lamaran kerja idealnya diketahui oleh setiap calon karyawan atau pelamar kerja. Pasalnya, surat tersebut akan menjadi gerbang pembuka dan memperbesar peluang seseorang diterima di suatu posisi pekerjaan.

Apabila surat lamaran yang kamu buat sudah benar dan menarik, recruiter atau HRD tentu akan mempertimbangkan kamu sebagai calon karyawan potensial.

Nah, kami akan berbagi cara buat surat lamaran kerja yang baik dan benar, termasuk format serta contohnya. Kamu yang akan melamar kerja, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Cara Buat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Kini surat lamaran kerja mungkin lebih banyak dikirimkan melalui email. Namun, masih ada pelamar kerja yang mengirimkan surat lamaran kerja dalam bentuk dokumen fisik.

Kali ini, kita akan membahas baik cara buat surat lamaran kerja online maupun manual atau yang berbentuk dokumen fisik.

Cara buat surat lamaran kerja secara manual

Bagi kamu yang mau membuat surat lamaran secara manual, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan perangkat untuk menulis surat lamaran, mulai dari personal computer (PC) atau laptop, kertas, printer, dan lain-lain.
  2. Sebelum mulai menulis, bacalah contoh surat lamaran kerja supaya kamu tidak salah.
  3. Jika persiapan sudah matang, kamu bisa mulai menulis surat lamaran. Jangan lupa cantumkan kalimat sapaan sebelum membuka isi suratnya.
  4. Perkenalkan diri secara singkat, lalu paparkan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang kamu miliki.
  5. Selanjutnya, tulis kemampuan diri secara singkat dan sebutkan posisi yang akan dilamar.
  6. Apabila ada, silakan sertakan lampiran surat referensi kerja.
  7. Tutup surat tersebut dengan kalimat penutup yang baik dan harapan supaya kamu bisa bergabung di perusahaan tersebut. Lengkapi dengan salam, nama lengkap, dan tanda tangan.
  8. Setelah selesai, sebaiknya kamu tidak langsung mengirimkan surat tersebut. Koreksi kembali dan pastikan tidak ada yang keliru.

Cara buat surat lamaran kerja online

Dibandingkan dengan surat lamaran kerja berbentuk fisik, sekarang surat lamaran kerja lebih banyak dibuat secara online. Berikut ini cara buat surat lamaran kerja online atau melalui email

  • Buat berkas surat lamaran dalam bentuk PDF

Sedikit berbeda dengan pembuatan surat lamaran secara manual, surat lamaran pekerjaan online perlu diubah menjadi bentuk file PDF. Lalu, kamu kirimkan melalui email perusahaan.

Di samping surat lamaran, Curriculum Vitae (CV) juga perlu diubah ke dalam bentuk PDF. Upayakan semua file tersebut tidak lebih dari 2 MB.

Baca juga: Praktis dan Mudah: Cara Membuat Contoh CV Bahasa Inggris

  • Perhatikan subject dan body email

Subject email kerap menjadi bagian yang luput dari perhatian, misalnya tidak mencantumkan judul email atau judulnya tidak sesuai.

Dalam pengiriman surat lamaran kerja melalui email, berkas-berkas dikirimkan lewat attachment. Akan tetapi, kamu tetap tidak boleh mengabaikan bagian body email

Pada body email, kamu bisa menuliskan identitas diri, nomor kontak, dan cara kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut. Gunakan bahasa yang formal dan jelas.

 Lengkapi surat lamaran dengan dokumen CV dan berkas pendukung lainnya.

  • Lampirkan persyaratan untuk posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan

Setiap perusahaan biasanya mencantumkan persyaratan yang berbeda untuk lowongan pekerjaan yang tersedia. Pastikan kamu melampirkan berkas persyaratan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Seperti surat lamaran dan CV, berkas tersebut juga bisa kamu lampirkan dalam bentuk PDF.

Ada perusahaan yang meminta semua berkas masuk dalam satu folder. Perhatikan juga detail ketentuan seperti ini. Bila berkas harus masuk dalam satu folder, kamu bisa mengirimkan berkas lamaran dalam format ZIP, RAR, dan lain-lain.

  • Periksa ulang semua persyaratan sebelum email dikirim

Tak sedikit orang kehilangan kesempatan kerja karena kurang cermat saat mengirimkan lamaran. Maka dari itu, kamu perlu memeriksa ulang lamaranmu sebelum email dikirim. Berikut ini poin-poin yang perlu kamu cek.

  • Pastikan alamat email yang kamu gunakan dan kamu tuju aktif.
  • Periksa subject dan body email. Perbaiki bila ada penulisan-penulisan yang keliru.
  • Perhatikan bentuk file yang kamu kirim. Pastikan sudah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan oleh perusahaan.

Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Beberapa dari kamu, mungkin kamu belum memiliki gambaran yang jelas tentang surat lamaran kerja. Supaya lebih terbayang tentang bentuk surat lamaran kerja yang baik, silakan lihat contoh surat lamaran kerja berikut ini.

 



 

Dari contoh surat lamaran kerja di atas, kita bisa bedah formatnya secara rinci. Mari simak detail format surat lamaran kerja yang baik di bawah ini!

  • Tempat dan tanggal penulisan

Pertama, kamu perlu menuliskan tempat dan tanggal surat lamaran kerja. Letakkan tempat serta tanggal penulisan surat di bagian kanan atas surat. Pastikan tidak ada bagian yang disingkat, baik tempat maupun tanggal.

  • Cantumkan detail informasi perusahaan yang dituju

Tujuan surat merupakan komponen esensial dalam sebuah surat lamaran. Saat menulis tujuan surat, kamu cukup tulis yang terhormat atau “Yth.” Lanjutkan kata tersebut dengan penerima surat. 

Makin baik jika kamu sudah mengetahui dengan jelas siapa yang menerima resume agar lebih personal. Setelah itu, tepat di bawah tujuan surat tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

  • Tuliskan salam pembuka dan kata pengantar

Setelah kamu menulis nama staf perusahaan yang dituju serta alamat perusahaan, saatnya kamu merancang surat lamaran kerja yang menarik. Namun, sebelum memulai membuat bagian isi, kamu perlu menulis salam pembuka terlebih dahulu.

Kamu dapat menggunakan salam pembuka yang cukup umum, misalnya “Dengan hormat”. Setelah salam pembuka, kamu dapat langsung menjelaskan sumber informasi lowongan pekerjaan yang sedang dilamar.

  • Biodata pribadi

Selanjutnya, kamu perlu menulis identitas diri. Informasi yang perlu kamu cantumkan, antara lain nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat email, dan nomor HP.

  • Tuliskan pengalaman kerja dan keahlianmu

Berikutnya, kamu bisa menuliskan pengalaman kerja dan keahlian yang kamu miliki. Usahakan kamu menuliskan kemampuan yang relevan terhadap pekerjaan untuk meningkatkan kemungkinan kamu diperhatikan oleh tim rekrutmen.

  • Penutup

Di bagian penutup, sebaiknya kamu menulis harapan agar diterima dan ditutup dengan ucapan terima kasih. Tidak lupa, kamu perlu mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap tepat di bawah penutup.

Baca juga: 9 Berkas Lamaran Kerja yang Perlu Kamu Siapkan!

Itulah pembahasan surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu sudah lebih memahami cara buat surat lamaran kerja.

Dari sisi pemilik usaha, pengelolaan karyawan memang tidak mudah. Untuk memudahkan para pebisnis, gunakan aplikasi wirausaha dengan fitur manajemen karyawan. Yuk, cek di sini!



Referensi:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menulis-surat-lamaran-kerja/
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221010144526-289-858600/cara-bikin-surat-lamaran-kerja-yang-benar-dan-contohnya
  • https://www.merdeka.com/gaya/cara-membuat-surat-lamaran-kerja-online-yang-bakal-menarik-perhatian-hrd-kln.html 

Sumber Gambar:

  • Freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo