Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Praktis dan Mudah: Cara Membuat Contoh CV Bahasa Inggris

    Praktis dan Mudah: Cara Membuat Contoh CV Bahasa Inggris

    Membuat dan menuliskan sebuah Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu langkah yang penting saat melamar kerja.

    Membuat dan menuliskan sebuah Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu langkah yang penting saat melamar kerja. Meski demikian, nyatanya masih ada sebagian orang yang merasa kesulitan saat menulis CV, terutama dalam bahasa Inggris. Lantaran itulah, ada banyak orang yang membutuhkan contoh CV bahasa Inggris agar bisa membuatnya dengan baik dan benar.

    Saat ini, kemampuan bahasa Inggris sudah menjadi salah satu hal yang wajib kamu miliki. Jika kamu sedang dalam posisi mencari pekerjaan, mungkin kamu akan sering melihat salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

    Membuat contoh CV bahasa Inggris saat melamar kerja juga bisa dijadikan sebagai bukti bahwa kamu bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan baik. Kemampuan ini secara otomatis akan menambah peluangmu dilirik perusahaan yang kamu inginkan.

    Baca juga: Apa itu CV? Inilah Contoh CV yang Menarik HRD

    Unsur Penting dalam Pembuatan Contoh CV Bahasa Inggris 

    Sebelum melihat berbagai contoh CV bahasa Inggris yang bisa kamu tiru dan modifikasi ulang, sebaiknya pahami lebih dulu unsur apa saja yang perlu ada dalam pembuatan CV berbahasa Inggris. 

    Pada dasarnya, contoh CV bahasa Inggris memiliki beberapa unsur struktur penulisan yang sama dengan CV dalam bahasa Indonesia. Perbedaan yang paling terlihat hanyalah pada bahasa yang digunakan. Unsur-unsur struktur penulisan tersebut antara lain: 

    Penggunaan Tata Bahasa

    Tidak bisa dimungkiri, sebagian orang terkadang masih merasa bingung dan kesulitan dalam membuat contoh CV bahasa Inggris, dengan alasan penggunaan tata bahasanya. Kenapa? Karena berbeda dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris terdapat 3 pola kalimat yang biasanya digunakan past tense, present tense, dan future tense.

    Dalam membuat CV berbahasa Inggris, biasanya pola kalimat yang digunakan adalah past tense untuk pekerjaan yang sudah kamu selesaikan dan present tense untuk pekerjaan yang masih kamu lakukan sampai saat ini.

    Selain itu, untuk membuat CV bahasa Inggris terlihat lebih menarik, kamu bisa mengganti subjek kalimat dengan kata ganti kepemilikan. Misalnya, I menjadi my/mine atau my manager menjadi hers/his.

    Dengan canggihnya teknologi, ada beberapa tools atau aplikasi yang bisa kamu unduh gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek penggunaan tata bahasa yang tepat dalam CV bahasa Inggris. 

    Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca

    Unsur dalam struktur penulisan CV yang berikutnya adalah ejaan dan tanda baca. Penggunaan ejaan dan tanda baca yang terdapat dalam bahasa Inggris umumnya tidak begitu berbeda jauh dengan bahasa Indonesia.

    Untuk memastikan ejaan dan tanda baca yang kamu gunakan sudah tepat, kamu bisa mengecek pilihan katanya ke kamus. Ingat, kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca bisa menimbulkan kesalahpahaman bagi orang yang membacanya. 

    Perhatikan struktur penulisan yang ada dalam pembuatan contoh CV bahasa Inggris! 

    Gunakan Layout dan Struktur yang Mudah Dibaca

    Membuat CV bahasa Inggris yang menarik bukan berarti kamu bisa membuat CV secara asal-asalan, hanya dengan alasan agar terlihat semakin menarik dan unik. Kamu perlu memastikan bahwa layout dan struktur yang kamu gunakan sudah tepat. 

    Kenapa begitu? Menggunakan layout yang baik akan menjadikan CV yang kamu buat terlihat lebih rapi, selain itu isinya pun bisa terbaca dengan mudah. Jika layout dan struktur CV yang kamu buat berantakan, recruiter akan sangat kesulitan membaca CV-mu.

    Hal yang Harus Ada pada Contoh CV Bahasa Inggris

    Tidak jauh berbeda dengan CV dalam bahasa Indonesia, secara umum, ada beberapa hal yang harus ada di dalam contoh CV bahasa Inggris sebagai penggambaran dirimu, yakni:

    Data Diri dan Skill yang Dibutuhkan

    Saat kamu melamar sebuah pekerjaan, bukan berarti semakin banyak prestasi dan skill yang kamu cantumkan akan membuat CV kamu semakin menarik.

    CV yang kamu berikan layaknya first impression dirimu untuk dilihat oleh para recruiter. Jadi, pastikan kamu memasukkan skill dan prestasi yang penting dan ada kaitannya dengan pekerjaan yang akan kamu kerjakan nantinya. 

    Data diri memang merupakan hal yang penting untuk kamu cantumkan dalam CV kita. Namun, ada beberapa data diri yang sebetulnya tidak perlu kamu masukan dalam CV kamu. Misalnya, informasi mengenai fisik kamu (tinggi dan berat badan), bila tidak diminta, lalu latar belakang pendidikan dari awal sampai akhir, atau pengalaman kerja atau organisasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu lamar saat ini. 

    Baca juga: Portofolio adalah: Definisi, Fungsi, dan Contoh Portofolio

    Pengalaman Kerja dan Organisasi yang Sesuai

    Seperti sudah disebutkan tadi, meskipun kamu memiliki segudang pengalaman kerja dan organisasi, bukan berarti kamu harus memasukkan seluruhnya ke dalam CV. 

    Ingat, membuat CV itu harus singkat, padat, dan jelas, supaya dapat meningkatkan peluang kamu terpilih menjadi salah satu kandidat terbaik. Pastikan kamu tidak mencantumkan pengalaman kerja dan organisasi sebelumnya, pastikan hal tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Contohnya, kamu tidak perlu memasukan pengalaman dalam bermain musik, jika kamu ingin melamar pada bagian teknisi..

    Baca juga: 5 Contoh Daftar Riwayat Hidup atau curriculum vitae ( CV )

    13 Contoh CV Bahasa Inggris

    Berikut beberapa contoh CV bahasa Inggris dengan struktur penulisan yang baik dan layout yang sederhana tapi tetap menarik. Konsep ini bisa kamu tiru dan modifikasi sesuai dengan data pribadimu. 

    (Freepik.com)

    (Contohsurat.com)

    (Freepik.com) 

    (Freepik.com)


    (Scribd.id)

    (Andijulio.blogspot.com)


    (Freepik.com)

    (Bindoline.com)

    (Freepik.com)

    (Slideshare.net)

    (Freepik.com)


    (Wahyublahe.id)


    (Blogspot.com)

    Kesimpulan

    Curriculum Vitae (CV) merupakan suatu dokumen atau berkas penting yang perlu disiapkan jika kamu ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. CV bukan hanya bisa dibuat dalam bahasa Indonesia, namun juga bahasa Inggris atau bahasa lainnya, sesuai dengan kebutuhan.

    Contoh CV bahasa Inggris diperlukan sebagian orang untuk mengetahui seperti apa struktur penulisan dan pembuatannya dengan baik dan benar. Pastikan kamu perhatikan dengan cermat apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan saat membuat dan menulis CV berbahasa Inggris. Jangan sampai pihak perusahaan mendapat penilaian buruk tentang kamu hanya dari proses pengiriman dan pembuatan CV ini. 

    Bagi perusahaan yang mungkin sedang membuka rekrutmen karyawan, ada baiknya bila menggunakan bantuan aplikasi yang terintegrasi pada satu sistem. Sehingga proses recruitment yang dilakukan dengan praktis dan hemat waktu. Salah satu aplikasi yang dapat membantu mengelola karyawan adalah aplikasi Majoo. Bukan hanya itu, majoo juga punya beberapa fitur lainnya yang bisa membantu operasional perusahaan. Jadi, tidak akan ada ruginya berlangganan majoo. Cobain, yuk!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.