10 Cara Foto Produk yang Ampuh Bikin Sales Melonjak!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Cara foto produk yang menarik yaitu dengan menyiapkan konsep yang matang. 

Daya tarik visual memang bisa memengaruhi penjualan. Pasalnya, foto produk dengan visual yang menarik bisa membuat pelanggan memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Di era revolusi industri 4.0 transaksi jual beli banyak dilakukan secara online yang mana konsumen tidak bisa menyentuh barang secara langsung. Dari sini, foto produk yang menarik sangatlah penting untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana cara foto produk yang menarik agar konsumen tertarik dan membeli produk dari bisnismu? Yuk, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Foto Produk Jadi Estetik dan Menarik!

Definisi Foto Produk

Foto produk adalah foto yang dibuat dengan tujuan untuk memperlihatkan secara visual kepada konsumen tentang penampilan dan karakteristik produk. Foto produk digunakan dalam berbagai konteks, misalnya untuk katalog, brosur, website, iklan, dan media sosial.

Tujuan utama dari foto produk adalah untuk menarik perhatian konsumen, menggambarkan produk dengan jelas, dan membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Dalam foto produk, biasanya diperlihatkan dengan jelas tentang fitur-fitur, ukuran, warna, tekstur, dan detail lainnya yang relevan dengan produk tersebut. Foto produk yang baik akan memberikan kesan yang positif dan memikat bagi calon pembeli. 

Cara Foto Produk Menarik

Kini, banyak seller yang melakukan foto produk dengan menggunakan handphone dan hasilnya tak kalah bagus dengan hasil jepretan dari kamera profesional. Untuk memaksimalkannya, yuk, ikuti cara foto produk dengan hp yang menarik di bawah ini! 

Cari Inspirasi Foto Produk yang Menarik

Langkah pertama adalah mencari inspirasi foto produk yang menarik. Carilah foto-foto produk serupa yang tersedia di internet, seperti melalui Google, Instagram, Pinterest, atau foto produk dari brand yang kamu sukai.

Setelah kamu mencarinya, kamu akan menemukan contoh foto produk yang menarik sehingga kamu bisa meniru beberapa aspeknya, misalnya sudut pengambilan, konsep, atau properti yang digunakan. Namun, kamu perlu explore kreativitasmu agar tidak terlihat serupa secara keseluruhan, ya. Ingat metode yang populer di industri bisnis dan kreatif, yaitu ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). 

Tentukan Konsep Foto Produk

Selain mencari referensi, cara membuat foto produk yang menarik dengan menentukan konsep foto produk. Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya kesamaan dengan referensi dan juga memperlihatkan keunikan produkmu.

Misalnya, jika kamu menjual sepatu lari secara online, kamu bisa menggunakan konsep orang yang sedang berlari menggunakan sepatu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menentukan kesan atau suasana yang ingin ditampilkan dalam foto, mislanya kesan elegan, ceria, colorfull dan lain sebagainya. 

Menyiapkan Tempat dan Background Foto

Penting sekali untuk menyiapkan tempat khusus untuk momotret produk agar kamu dapat fokus pada pekerjaan dan menghindari kesulitan dalam menambahkan peralatan dan properti yang akan digunakan.

Pastikan tempat yang kamu pilih memiliki pencahayaan yang baik. Selain itu, sediakan background yang memungkinkan produk terlihat dengan jelas. Biasanya, background yang digunakan untuk memotret produk adalah warna putih, tapi kamu juga bisa menggunakan latar belakang berwarna untuk menciptakan kontras yang lebih menarik, ya. 

Menggunakan Model atau Properti Pendukung

Untuk membuat foto produkmu semakin menarik, tambahkan properti pendukung atau menggunakan jasa model. Cara ini akan mencegah foto produk terlihat monoton dan membantu produk terlihat lebih meyakinkan dan menarik.

Misalnya, untuk foto produk kopi kemasan sachet, kamu bisa menambahkan cangkir dengan seduhan kopi untuk melengkapi tampilan foto produkmu. Bisa juga menambahkan bubuk kopi dan biji kopi sebagai elemen lain. 

Gunakan Tools Pembantu

Meskipun kamu hanya menggunakan handphone, tentu ada cara untuk berkreasi, bukan? Gunakan peralatan bantu kamera seperti tripod, pencahayaan tambahan, atau peralatan lainnya untuk menghasilkan kualitas foto produk yang lebih baik. 

Atur Pencahayaan

Pilihlah tempat dengan pencahayaan yang baik. Jika tidak tersedia, kamu dapat menggunakan pencahayaan tambahan seperti lampu studio untuk mendapatkan pencahayaan yang optimal pada produk.

Selain itu, manfaatkan sinar matahari siang atau sore untuk memotret produkmu. Kamu bisa menciptakan konsep sunset atau tampilan yang terkena sinar matahari langsung untuk produk kecantikan.

Baca Juga: Membuat Foto Produk: Jenis, Cara, Tips, dan Fungsi

Dalam dunia fotografi, terdapat dua sumber pencahayaan utama:

  • Natural light (cahaya alami)

Ini adalah sumber pencahayaan yang ideal. Pastikan untuk mengambil foto saat siang hari ketika matahari sedang terang, sehingga kamu dapat memanfaatkan cahaya alami secara optimal.

  • Artificial light (cahaya buatan)

Jika cahaya alami tidak tersedia atau tidak memadai, kamu dapat menggunakan cahaya buatan. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan perlengkapan pencahayaan buatan ini melalui berbagai marketplace atau toko fotografi terdekat. 

Atur Setting Kamera Handphone

Selanjutnya, penting untuk kamu mengatur setting kamera handphone dengan baik karena hal ini akan mempengaruhi hasil akhir foto. Sesuaikan resolusi foto, kualitas foto (HDR), penggunaan flash, dan pastikan fokus terkunci sebelum mengambil foto agar foto tidak blur. 

Ambil Foto dari Berbagai Angle, Pose, atau Posisi

Saat memotret produk, jangan puas dengan satu hasil saja, ya. Cara memfoto produk bisa dilakukan dengan mengambil beberapa foto dari berbagai angle, posisi, dan pose yang berbeda. Ini akan memungkinkanmu memiliki variasi foto yang lebih banyak saat melakukan seleksi foto nanti. 

Gunakan Alat Edit Foto

Setelah proses pemotretan selesai, pilihlah foto terbaik yang telah kamu ambil. Namun, jangan berhenti di situ saja, kamu bisa meningkatkan kualitas foto dengan melakukan editing. Sesuaikan kontras, kecerahan, exposure, saturasi, ketajaman, dan elemen lainnya.

Terdapat banyak aplikasi pengeditan foto yang dapat kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengedit foto bawaan pada ponselmu. Selain memperbaiki kualitas, tambahkan juga unsur-unsur lain untuk mempercantik hasil foto produkmu, ya. 

Tambahkan Watermark

Langkah terakhir adalah menambahkan watermark. Penambahan watermark ini penting jika kamu beroperasi dalam bisnis yang memiliki banyak kompetitor. Dengan menyertakan watermark tentunya akan mencegah foto produkmu diambil tanpa izin dari kompetitor atau pihak lain.

 

Aplikasi Editing Foto

Setelah kamu mengetahui cara foto produk yang menarik, tentunya kamu perlu mengetahui aplikasi untuk editing foto produkmu, bukan? Berikut ini beberapa aplikasi editing foto yang bisa kamu gunakan, antara lain: 

Lightroom

Aplikasi ini adalah salah satu turunan dari Adobe Photoshop yang cukup populer di kalangan masyarakat. Berbeda dengan Adobe Photoshop, Lightroom difokuskan pada pengeditan cahaya, warna, dan ketajaman foto.

Untuk mengedit foto agar terlihat lebih menarik dan berkualitas, kamu bisa menggunakan berbagai fitur di dalam aplikasi ini, misalnya contrast, straighten, clarity, exposure, sharpening, saturation, dan lain sebagainya.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan preset yang sudah tersedia, lho! Benefit yang bisa kamu dapat yaitu kamu dapat menyimpan preset yang pernah digunakan sebelumnya sehingga kamu tidak perlu lagi mencari preset baru untuk digunakan kembali. 

SnapSeed

Snapseed adalah salah satu aplikasi editing foto yang dapat kamu gunakan untuk mengedit foto. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur exposure, cahaya, kontras, dan tune images. Kelebihan dari aplikasi Snapseed dibandingkan dengan aplikasi lainnya adalah adanya fitur healing yang memungkinkan kamu menghapus objek yang tidak diinginkan di dalam foto. 

VSCO

Bagi kamu yang ingin menonjolkan aspek fotografi pada foto-foto yang akan kamu unggah ke media sosial atau marketplace, VSCO adalah solusinya. VSCO adalah salah satu aplikasi editing foto yang populer dan menawarkan beragam preset menarik.

Selain itu, VSCO juga menyediakan berbagai fitur seperti exposure, contrast, straighten, clarity, sharpening, saturation, highlights save, dan shadows save yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan foto berkualitas sesuai keinginan. 

Foodie

Bagi para pelaku bisnis kuliner, aplikasi Foodie adalah aplikasi editing foto yang kamu butuhkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat membuat foto makanan dan minuman lebih berkualitas sehingga bisa membangkitkan selera makan. Foodie juga menyediakan berbagai preset dan efek yang dapat digunakan sesuai kebutuhan foto proodukmu. 

PhotoRoom

Jika kamu ingin memiliki foto produk dengan latar belakang estetik tapi belum memiliki perlengkapan yang mendukung, kini kamu tak perlu khawatir, nih! Kamu dapat mengandalkan aplikasi PhotoRoom yang dapat menghapus latar belakang foto dan menggantinya dengan latar belakang estetik dengan mudah hanya dengan satu kali klik.

Kamu juga bisa menambahkan teks pada gambar guna melengkapi katalog produkmu. Selain itu, ukuran foto dapat disesuaikan dengan media sosial dan marketplace yang kamu gunakan. 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang cara foto produk menarik beserta aplikasi untuk edit foto produkmu. Hasil foto yang baik tentunya mampu memberikan benefit pada bisnismu, sehingga customer-mu tertarik untuk membeli produk tersebut dan menghasilkan penjualan produk.

Bagi kamu pelaku usaha, ternyata sangat penting untuk memahami tren social media marketing di tahun 2023 ini. Dengan memahami tren pemasaran media sosial, persiapan bisnismu pun akan jauh lebih matang.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi majoo yang memiliki fitur omnichannel. Fitur ini dapat mengelola penjualan beragam jenis toko online dari satu aplikasi. Jadi, kamu tidak perlu mengunggah promosi melalui masing-masing platform toko online milikmu karena fitur omnichannel majoo sudah terintegrasi ke semua toko online yang sudah kamu daftarkan.

Sungguh mudah, bukan? Yuk, gunakan aplikasi majoo segera!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo