Cara Franchise yang Benar dan Aman untuk Bisnismu

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Cara franchise yang benar dan aman untuk bisnismu agar terhindar dari risiko


Franchise atau waralaba adalah salah satu opsi bisnis yang diminati oleh banyak orang. Dalam memilih menjadi franchisee, kamu memiliki peluang besar untuk memulai bisnis dengan brand yang sudah dikenal dan terpercaya. Bisnis ini menawarkan berbagai keuntungan, seperti dukungan sistem dan prosedur yang sudah terbukti efektif, pelatihan, dan bantuan pemasaran.


Bisnis franchise adalah model bisnis di mana pemilik bisnis (franchisor) memberikan izin kepada individu atau perusahaan (franchisee) untuk menjalankan bisnis di bawah mereknya. Dalam hubungan ini, franchisee akan membayar biaya awal dan royalti tertentu kepada franchisor.


Bisnis franchise bekerja dengan konsep pembagian hak atas merek atau lisensi antara franchisor dan franchisee. Dalam skema ini, franchisee diharapkan menjalankan bisnis sesuai dengan aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh franchisor.

Mengelola Bisnis Franchise

Setelah memilih franchisor dan memulai bisnis, tahap selanjutnya adalah pengelolaan bisnis. Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

Pengelolaan Keuangan yang Baik

Pengelolaan keuangan yang baik sangat penting dalam bisnis franchise. Kamu perlu melakukan pencatatan dan laporan keuangan secara rutin dan teliti untuk memastikan bisnis berjalan dengan sehat.

Penyediaan Layanan Berkualitas

Menyediakan layanan berkualitas akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan loyalitas mereka. Selalu berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Promosi dan Pemasaran yang Tepat

Lakukan promosi dan pemasaran secara tepat untuk menarik pelanggan baru. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, iklan online, atau metode pemasaran lain yang efektif.


Menjalankan bisnis franchise memang memerlukan pemahaman dan persiapan yang matang. Dengan cara franchise yang benar dan aman, kamu bisa menghindari risiko dan sukses mengembangkan bisnis franchise.

Langkah-Langkah Franchise yang Benar dan Aman

langkah-langkah franchise yang benar dan aman untuk membantu kamu sukses dalam bisnis franchise

Berikut adalah langkah-langkah franchise yang benar dan aman untuk membantu kamu sukses dalam bisnis franchise:

Melakukan Riset Mendalam

Melakukan riset tentang bisnis franchise dan brand yang kamu pilih sangat penting. Cari tahu sebanyak mungkin tentang merek tersebut, termasuk reputasinya, track record, dan dukungan yang ditawarkan kepada franchisee.

Memahami Kontrak Franchise

Sebelum menandatangani kontrak franchise, pastikan kamu memahami semua ketentuan dan kewajiban yang ditetapkan. Jika perlu, mintalah bantuan dari penasihat hukum.

Mempersiapkan Dana yang Cukup

Mempersiapkan dana yang cukup untuk menjalankan bisnis franchise sangat penting. Biaya franchise, biaya operasional, dan dana darurat harus dipertimbangkan dalam perencanaan keuanganmu.

Strategi Mengembangkan Bisnis Franchise

Setelah memahami cara memulai dan mengelola bisnis franchise, kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengembangkan bisnis ini. Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan:

Peningkatan Produk dan Layanan

Produk dan layanan yang berkualitas adalah kunci dari keberhasilan bisnis franchise. Maka dari itu, upayakan peningkatan produk dan layanan secara berkelanjutan untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

Ekspansi Lokasi

Jika bisnis sudah stabil dan memiliki arus kas yang sehat, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi lokasi. Tambahkan outlet di lokasi strategis yang potensial untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Pelatihan dan Pengembangan Tim

Kualitas tim juga mempengaruhi suksesnya bisnis franchise. Lakukan pelatihan dan pengembangan tim secara rutin untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas tim.

Mengatasi Tantangan dalam Menjalankan Bisnis Franchise

Menjalankan bisnis franchise tentunya memiliki tantangan tersendiri. Maka dari itu, memahami tantangan apa saja yang mungkin dihadapi sangat penting sebagai langkah antisipasi.

Adanya Pembatasan dari Franchisor

Sebagai franchisee, kamu harus mematuhi aturan dan sistem yang telah ditetapkan oleh franchisor. Hal ini tentu saja memberikan pembatasan bagi kamu untuk berinovasi dan membuat keputusan bisnis. Jadi, pastikan kamu memilih franchisor yang memberikan ruang cukup bagi franchisee-nya untuk berkembang.

Pengelolaan Keuangan

Mengelola keuangan dalam bisnis franchise bisa menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari biaya awal yang harus dikeluarkan, pembayaran royalti, sampai dengan pengelolaan operasional sehari-hari. Untuk itu, perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan.

Pemilihan Lokasi yang Strategis

Menentukan lokasi untuk membuka outlet franchise adalah hal yang penting. Lokasi yang strategis dapat mempengaruhi jumlah kunjungan konsumen dan tentunya penjualan. Kamu perlu melakukan riset pasar dan analisis lokasi sebelum memutuskan tempat yang tepat.

Mengoptimalkan Bisnis Franchise

Setelah memahami langkah-langkah menjadi franchisee dan mengetahui tantangan yang mungkin dihadapi, selanjutnya kita perlu membahas bagaimana cara mengoptimalkan bisnis franchise.

Pelayanan Pelanggan yang Prima

Pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu membangun reputasi bisnis. Jadi, selalu berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kamu.

Melakukan Promosi dan Pemasaran yang Tepat

Untuk mengembangkan bisnis franchise, kamu perlu melakukan promosi dan pemasaran yang tepat. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, iklan online, atau metode pemasaran lainnya yang efektif.

Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Meningkatkan kualitas produk dan layanan adalah cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Jangan ragu untuk melakukan inovasi dan peningkatan secara berkelanjutan.

Selain meningkatkan kualitas produk, memantau stok produk juga tidak kalah pentingnya untuk bisnismu. Optimalisasikan manajemen inventorimu dengan aplikasi inventori Majoo!

Menyikapi Tantangan dalam Bisnis Franchise

Seperti bisnis lainnya, bisnis franchise juga memiliki tantangan. Berikut beberapa cara menyikapi tantangan tersebut:

Penyesuaian dengan Perubahan

Bisnis harus bisa beradaptasi dengan perubahan, baik itu perubahan pasar, teknologi, atau regulasi. Mampu beradaptasi dengan perubahan dapat membantu bisnis tetap bertahan dan berkembang.

Menghadapi Kompetisi

Kompetisi dalam bisnis franchise bisa sangat ketat. Untuk itu, kamu perlu mencari cara untuk menonjol dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

Mengelola Konflik

Konflik bisa muncul dalam berbagai aspek bisnis, seperti antara tim, dengan franchisor, atau bahkan dengan pelanggan. Kemampuan mengelola konflik akan sangat menentukan kelancaran bisnis.


Menjadi franchisee sukses memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan persiapan yang matang, pemahaman yang baik tentang bisnis franchise, dan strategi yang tepat, kamu bisa menjalankan bisnis franchise dengan sukses.

Menghindari Risiko dalam Bisnis Franchise

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari risiko dalam bisnis franchise:

Memilih Brand Franchise yang Tepat

Memilih brand franchise yang tepat sangat penting. Pilih brand dengan track record yang baik, dan yang produk atau jasanya sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Memiliki Rencana Bisnis yang Jelas

Sebuah rencana bisnis yang jelas dan realistis dapat membantu kamu menghindari risiko kegagalan. Rencana ini harus mencakup analisis pasar, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan.

Menerima Dukungan dari Franchisor

Menerima dukungan dari franchisor, seperti pelatihan, bantuan pemasaran, dan konsultasi bisnis, dapat membantu kamu menghindari risiko dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul.

Mengembangkan Bisnis Franchise dengan Sukses

Setelah memahami cara franchise yang benar dan aman, selanjutnya adalah bagaimana kamu bisa mengembangkan bisnis franchise tersebut:

Membangun Hubungan yang Baik dengan Franchisor

Hubungan yang baik dengan franchisor bisa menjadi kunci sukses bisnismu. Dengan hubungan yang baik, kamu bisa mendapatkan dukungan dan bantuan yang lebih maksimal.


Bisnis franchise bisa menjadi pilihan yang baik bagi yang ingin memulai bisnis dengan risiko yang lebih terukur. Namun, sukses dalam bisnis franchise membutuhkan pemahaman dan persiapan yang matang. Semoga langkah-langkah dan tips di atas bisa membantu kamu untuk memulai dan mengembangkan bisnis franchise dengan benar dan aman.

Cara Memilih Franchisor yang Tepat

Dalam menjalankan bisnis franchise, memilih franchisor yang tepat adalah langkah krusial. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan:

Reputasi dan Track Record

Cari tahu tentang reputasi dan track record franchisor. Cek testimoni dan ulasan dari franchisee lain, dan pastikan franchisor memiliki reputasi yang baik dan telah sukses di bidangnya.

Dukungan dan Bantuan

Periksa dukungan dan bantuan yang ditawarkan franchisor kepada franchisee. Apakah mereka menyediakan pelatihan, bantuan pemasaran, atau dukungan lainnya yang bisa memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis?

Kondisi Kontrak Franchise

Baca dan pahami kondisi kontrak franchise. Pastikan hak dan kewajiban antara franchisor dan franchisee jelas dan adil.

Memahami Izin Usaha Franchise

Dalam menjalankan bisnis franchise, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah izin usaha franchise

Dalam menjalankan bisnis franchise, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah izin usaha franchise. Izin ini sangat penting dan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum kamu memulai bisnis franchise.


Izin usaha franchise adalah dokumen legal yang diperlukan oleh setiap perusahaan yang ingin menjalankan model bisnis franchise. Izin ini dikeluarkan oleh pihak berwenang dalam pemerintahan dan berfungsi untuk menjamin bahwa perusahaan telah memenuhi semua persyaratan dan regulasi yang berlaku. Proses pengajuan izin usaha franchise biasanya melibatkan beberapa langkah, antara lain:

Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Sebelum mengajukan izin usaha franchise, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen, seperti identitas pemilik usaha, akta pendirian perusahaan, dan surat pernyataan bahwa bisnis kamu siap untuk menjadi franchise.

Mengajukan Permohonan

Setelah semua dokumen siap, kamu dapat mengajukan permohonan izin usaha ke pihak berwenang. Pengajuan biasanya dilakukan secara online melalui website resmi instansi pemerintah yang berwenang.

Menunggu Proses Verifikasi dan Peninjauan

Setelah pengajuan, akan ada proses verifikasi dan peninjauan dari pihak berwenang. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada kebijakan instansi yang bersangkutan.

Mendapatkan Izin Usaha Franchise

Jika semua persyaratan telah dipenuhi dan permohonan kamu disetujui, kamu akan mendapatkan izin usaha franchise. Izin ini biasanya dikeluarkan dalam bentuk surat resmi dan bisa digunakan sebagai legalitas bisnis kamu.







Langkah-langkah Menjadi Franchisee Sukses

Melakukan Riset Merek Franchise

Langkah pertama menjadi franchisee sukses adalah melakukan riset mendalam tentang merek franchise yang ingin kamu jalankan. Cari informasi tentang reputasi merek, tingkat keberhasilan, dan dukungan yang ditawarkan kepada franchisee.

Membuat Rencana Bisnis yang Sistematis

Setelah memilih merek franchise, buatlah rencana bisnis yang sistematis. Dalam rencana ini, harus memuat analisis pasar, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan. Ini akan membantu kamu memahami potensi bisnis dan tantangan yang mungkin dihadapi.

Mendapatkan Pendanaan yang Tepat

Pendanaan adalah aspek penting dalam bisnis. Kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk menjalankan bisnis franchise, termasuk biaya lisensi, biaya awal, dan operasional bisnis.

Tips Sukses Menjadi Franchisee

Selalu Mempelajari dan Mematuhi Sistem Franchise

Menjadi franchisee berarti kamu harus mematuhi sistem yang sudah ada. Selalu belajar dan pastikan kamu memahami setiap aspek dari sistem tersebut.

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Franchisor

Komunikasi yang baik dengan franchisor dapat membantu kamu memahami bisnis lebih baik dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul.

Bangun Tim yang Solid

Bisnis tidak bisa berjalan sendiri. Kamu perlu memiliki tim yang solid dan kompeten untuk menjalankan bisnis franchise.


Menjadi franchisee yang sukses memerlukan persiapan dan pemahaman yang baik tentang bisnis franchise. Dengan memahami langkah-langkah dan tips yang disampaikan dalam artikel ini, kamu bisa membangun bisnis franchise yang sukses dan menguntungkan.

Membangun dan mengembangkan bisnis franchise memang memerlukan kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Namun, dengan pemahaman yang baik, strategi yang tepat, dan sikap yang positif, kamu bisa menjadi franchisee sukses dan membawa bisnismu ke level selanjutnya. Semoga tips dan saran di artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam perjalanan bisnis franchisemu. Selamat berusaha dan sukses selalu!


Sumber Data:

  • https://www.finansialku.com/cara-membuat-franchise-sendiri/
  • https://izin.co.id/indonesia-business-tips/2021/01/15/izin-usaha-franchise/
  • https://legistra.id/berita/cara-membuat-franchise
  • https://unsplash.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo