Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • 9 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp, Bisnis Makin Cuan!

    9 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp, Bisnis Makin Cuan!

    Tingkatkan penjualan onlinemu dengan memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi whatsapp.

    Saat ini, makin banyak media yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan sebuah bisnis, termasuk dengan menggunakan media WhatsApp. Jika kamu memahami cara jualan di WhatsApp yang baik, kamu bisa meningkatkan profit penjualanmu dengan mudah, lho!

    Namun, ternyata belum banyak orang yang mengetahui cara memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai media untuk jualan secara online. Untuk itu, kami sudah menyiapkan tips dan cara jualan online laris di WhatsApp yang bisa kamu aplikasikan untuk menjalankan usahamu.

    Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

    Agar kamu bisa mengoptimalkan penjualan dalam bisnis, kamu perlu mengatur strategi pemasaran yang menarik. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan menggunakan media WhatsApp. Apa saja langkah-langkahnya? Simak penjelasannya berikut ini.

    1. Buat Target dan Rencana Bisnis yang Jelas

    Sebuah bisnis bisa berjalan jika memiliki landasan dan perencanaan usaha yang jelas. Perencanaan yang dibuat digunakan untuk menjalankan bisnis agar terarah, terkontrol, dan menjaga bisnis agar sesuai dengan rencana bisnis yang telah dibuat.

    Kamu bisa membuat target jangka pendek dan jangka panjang sesuai dengan kondisi perekonomian saat itu, sehingga bisnis yang dijalankan memiliki tujuan yang realistis.

    Selain itu, dengan membuat perencanaan yang matang, bisnis yang dijalankan menjadi lebih siap untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ke depannya.

    2. Gunakan WhatsApp Business

    Salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis adalah menggunakan WhatsApp Business. Meskipun banyak media yang bisa kamu pilih untuk memasarkan produk dan layanan yang kamu jual, belum banyak orang yang mengetahui bahwa aplikasi WhatsApp juga bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis.

    Akan tetapi, pastikan kamu tidak menggabungkan urusan pribadi dengan bisnis yang kamu jalankan. Nah, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di WhatsApp Business.

    Di sini, kamu bisa mencantumkan lebih banyak informasi bisnis seperti deskripsi bisnis yang kamu tawarkan, katalog produk, dan kebutuhan lain yang akan memudahkan para pelanggan mengetahui produk serta layanan yang kamu tawarkan. Selain itu, bisnismu pun bisa mendapatkan penilaian yang positif dari layanan yang kamu berikan secara profesional menggunakan WhatsApp Business ini.

    3. Jalin Kerja Sama dengan Supplier 

    WhatsApp Business juga bisa kamu gunakan untuk berbisnis tanpa modal, lho! Caranya adalah dengan menjalin kerja sama dengan supplier terbaik untuk menjadi seorang dropshipper

    Menjadi seorang dropshipper merupakan cara yang paling mudah untuk berbisnis tanpa modal sama sekali. Kamu hanya perlu memasarkan produkmu menggunakan WhatsApp Business kepada para calon pelanggan yang kamu miliki. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

    Baca juga: Inilah Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir dalam Bisnis

    Manfaatkan fitur yang tersedia pada WhatsApp Business untuk meningkatkan penjualan bisnis yang kamu kelola.

    4. Atur Kontak Konsumen

    Menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan merupakan salah satu tips agar bisnis yang kamu kelola bisa berjalan dengan baik. Sebab, pelanggan yang senang dengan layanan yang kamu berikan bisa saja menjadi pelanggan tetap yang terus akan membeli produk-produk yang kamu tawarkan.

    Oleh sebab itu, menyusun dan membuat kategori pelanggan-pelanggan yang potensial menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menghubungi dan melakukan penawaran produk kepada para pelanggan potensial tersebut.

    5. Buat Katalog Bisnis

    Fitur lain yang tidak boleh kamu sia-siakan adalah membuat katalog untuk bisnis yang kamu kelola. WhatsApp Business memiliki beragam fitur yang bisa meningkatkan penjualan bisnis kamu, salah satunya adalah katalog bisnis. 

    Katalog ini berfungsi sebagai media untuk mempromosikan produk dan layanan yang kamu miliki. 

    Nah, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunggah gambar produk ke dalam katalog WhatsApp adalah sebagai berikut.

    • Pastikan WhatsApp Business yang kamu miliki merupakan aplikasi dengan versi terbaru. Sebab, fitur katalog hanya ada pada WhatsApp Business dengan versi yang paling baru.
    • Masuk ke menu pengaturan atau “Setting”.
    • Pilih menu “Katalog”.
    • Klik ikon (+) atau “Tambah Produk atau Layanan” untuk upload foto ke katalog.
    • Pilih foto atau video produk dari galeri ponsel.
    • Isi deskripsi pelengkap foto.
    • Pilih “Simpan” dan katalog WhatsApp Business kamu telah selesai dibuat.

    Membuat desain katalog yang bagus bisa meningkatkan daya tarik pelanggan terhadap produk dan layanan yang kamu berikan, lho. Jadi, pastikan kamu membuat katalog sebaik dan semenarik mungkin, agar pelanggan terpikat dengan layanan dan produk dari perusahaanmu.

    6. Gunakan ChatBot WhatsApp

    Jika kamu mendapatkan kesulitan saat membalas banyaknya pesan dari pelanggan yang masuk, coba manfaatkan ChatBot WhatsApp untuk menanggulanginya. ChatBot merupakan fitur dari aplikasi WhatsApp Business yang bisa membantu kamu berbicara dengan pelanggan melalui pesan otomatis.

    Dengan adanya ChatBot ini, kamu bisa membalas pesan pelanggan tanpa harus melakukannya secara manual. Penggunaan ChatBot ini tentunya bisa membuat pekerjaanmu jadi lebih efisien dengan tetap memenuhi kebutuhan para pelangganmu.

    Namun, ada beberapa hal yang terkadang tidak bisa dijawab oleh ChatBot, sehingga kamu tetap harus memastikan seluruh pesan dari pelanggan yang masuk.

    7. Manfaatkan Broadcast sebagai Media Promosi

    Setelah kamu membuat katalog produk pada WhatsApp Business, kini saatnya untuk melakukan promosi kepada para calon pelangganmu. 

    Memanfaatkan broadcast sebagai media promosi merupakan strategi yang baik untuk memastikan pelanggan mendapatkan informasi terkini dari produk dan layanan yang kamu tawarkan.

    Apalagi, jika sebelumnya kamu sudah menyiapkan konten iklan yang menarik terkait produk atau promo yang sedang berlaku. Dengan menggunakan broadcast, kamu hanya perlu membuat satu pesan untuk dikirimkan ke beberapa nomor sekaligus.

    Namun, untuk mengirimkan broadcast ini juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu memperhatikan etika saat mengirimkan pesan, seperti penggunaan bahasa dan waktu untuk mengirimkan pesan tersebut. Jangan sampai pelanggan malah merasa terganggu dengan adanya pesan yang kamu kirimkan.

    8. Lakukan Promosi Melalui WhatsApp Stories

    Selain menggunakan broadcast, media promosi lain yang bisa kamu manfaatkan adalah WhatsApp stories. Berbeda dengan broadcast yang hanya bisa dikirimkan ke beberapa orang saja, melakukan promosi produk menggunakan stories bisa menjangkau lebih banyak orang.

    Sebab, kamu tidak perlu membuat kelompok pesan untuk mengirimkan informasi atau program promo dari produk yang kamu tawarkan. Kamu hanya perlu mempostingnya di WhatsApp stories dan tunggu pelanggan yang menghubungi terlebih dahulu.

    9. Sediakan Metode Pembayaran yang Mudah dan Aman

    Setelah kamu membuat serangkaian produk dan media pemasarannya, kamu juga harus menyediakan metode pembayaran yang aman dan mudah untuk dilakukan. 

    Hal ini perlu kamu perhatikan, agar pelanggan yang telah melakukan proses pemesanan tidak membatalkan pesanan mereka karena kesulitan untuk melakukan proses pembayaran.

    Baca juga: 5 Trik Marketing Lewat WhatsApp, Bikin Bisnismu Melesat!

    Cara Menambah Produk di WhatsApp 

    Jika kamu tertarik memanfaatkan WhatsApp Business untuk keperluan bisnis yang dijalankan, kamu bisa mengunduh aplikasi WhatsApp di App Store atau Google Play Store. Selanjutnya, untuk mengaktifkan layanan WhatsApp Business kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    1. Pastikan aplikasi WhatsApp Business sudah selesai diunduh di ponselmu.
    2. Login dengan memasukkan nomor ponsel yang kamu gunakan.
    3. Masuk ke menu pengaturan atau “Setting”.
    4. Pilih “Fitur Bisnis”.
    5. Pilih “Katalog”.
    6. Pilih ikon tanda tambah (+) atau “ Tambah Produk atau Layanan”.
    7. Pilih foto produk dari galeri ponsel.
    8. Isi judul, deskripsi, dan harga dari produk tersebut.
    9. Pilih “Simpan”.

    Kelebihan Jualan Online Menggunakan WhatsApp

    WhatsApp ternyata tidak hanya berfungsi sebagai layanan untuk bertukar pesan saja, tapi juga bisa kamu manfaatkan sebagai media untuk berjualan secara online. Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah WhatsApp Business.

    Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi WhatsApp, hal ini tentu memberi peluang yang cukup besar untuk membuat produk daganganmu dikenal banyak orang.

    Lalu, apa saja kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan WhatsApp sebagai media jualan online? Nah, ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan jualan di WhatsApp.

    1. Mudah Digunakan

    Kelebihan menggunakan WhatsApp terutama WhatsApp Business adalah kemudahan dalam menggunakannya. WhatsApp Business mempunyai tampilan sederhana yang bisa dengan mudah dipahami bahkan oleh pengguna yang baru menggunakan aplikasi ini.

    2. Memiliki Pesan Otomatis

    WhatsApp Business mempunyai kelebihan lain berupa fitur pesan otomatis yang bisa kamu andalkan untuk membalas pesan dari pelanggan secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu standby untuk membalas pelanggan secara manual.

    Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur ini untuk bisa mengirimkan pesan balasan kepada pelanggan secara otomatis. Nah, ada tiga fitur pesan otomatis yang terdapat pada aplikasi ini, yakni:

    • Greeting Message

      Greeting message bisa kamu gunakan untuk menyambut atau menyapa pelanggan baru dengan menggunakan pesan otomatis yang dikirim.

    • Away Message

      Saat kamu tidak memiliki waktu untuk membalas pesan yang masuk dari para pelanggan secara langsung, kamu bisa memanfaatkan away message ini untuk melakukannya.

    • Quick Replies

      Sedangkan quick replies bisa kamu manfaatkan untuk membalas pesan yang masuk menggunakan shortcut pesan yang telah disimpan sebelumnya.

    3. Meningkatkan Brand Awareness 

    Dengan memanfaatkan fitur yang ada pada WhatsApp Business, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness pada bisnis kamu, lho! Sebab, kamu bisa menampilkan detail bisnis yang kamu jalankan dengan lebih profesional. 

    Selain itu, seluruh informasi seperti deskripsi bisnis, kontak, alamat email, hingga situs website bisa kamu tampilkan pada profile kontak WhatsApp Business kamu, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk yang kamu jual bisa meningkat. 

    4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan 

    Penggunaan WhatsApp Business ini juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan yang kamu miliki. Kamu bisa meningkatkan efisiensi waktu untuk membalas pesan yang dikirimkan pelanggan saat mengaktifkan fitur ChatBot pada WhatsApp Business kamu.

    Pelanggan bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang ingin mereka ketahui terkait produk, layanan, pengiriman, hingga keluhan dengan lebih cepat. Pelayanan yang tepat dan cepat inilah yang bisa memberikan kepuasan terhadap pelanggan yang membeli produk dari perusahaanmu.

    5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

    Kelebihan WhatsApp Business yang terakhir adalah bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk yang kamu pasarkan. 

    Pasalnya, setiap pelanggan yang merasa puas dengan layanan yang kamu berikan berpotensi untuk memicu keinginan untuk membeli produk dan layanan yang kamu tawarkan lagi.

    Perasaan yang dirasakan pelanggan ini bisa menjadi indikator dari kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan tersebut. 

    Baca juga: Mengoptimalkan Online Shop, Mempertahankan Bisnis UMKM

    Penutup

    Itu tadi beberapa tips jualan di WhatsApp yang bisa kamu aplikasikan pada bisnis yang sedang kamu kelola. Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa tidak hanya strategi promosi saja yang perlu kamu perhatikan, tapi kamu pun harus menyediakan metode pembayaran yang aman dan mudah digunakan oleh pelanggan.

    Nah, untuk mendukung aspek penting tersebut, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi POS seperti majoo untuk melengkapi strategi marketing yang telah kamu lakukan.

    Dengan aplikasi POS majoo, kamu bisa melakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan dengan yang lengkap dengan lebih mudah. Kamu juga bisa mengontrol dan melakukan evaluasi secara online pada setiap transaksi yang terjadi dalam bisnismu. Dengan begitu, kamu perjalanan bisnis jadi terasa lebih efektif dan efisien.

    Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh majoo untuk memudahkan kamu mengelola bisnis dan keuangan dengan lebih baik. Yuk, berlangganan sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!