Intip Cara Membuat Konten yang Menarik Paling Ampuh!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, "Bagaimana, sih, cara membuat konten yang bikin audiens tertarik untuk melihatnya?" 

Kamu enggak perlu khawatir, karena kita semua menginginkan konten yang bisa relate dengan banyak orang dan tentunya enggak hanya berhenti di situ aja, bukan? 

Nah, di artikel ini, kita akan membahas cara membuat konten yang menarik; mulai dari cara menentukan tujuan konten, riset keyword, hingga memanfaatkan media visual untuk membuat konten yang catchy. 

Karena kita akan belajar bersama-sama mengenai cara membuat konten yang menarik, yuk, intip tipsnya di artikel ini, ya.

Baca Juga: Menyesuaikan Konten Instagram Bisnis untuk Pelanggan

Cara Membuat Konten yang Menarik di Instagram

Sebelum kamu membuat konten menarik di Instagram, ada beberapa langkah yang bisa kamu ketahui terlebih dahulu, lho! Yuk, simak tujuh tips cara membuat konten menarik di Instagram berikut ini!

1. Menentukan Tujuan yang Jelas

Pertama-tama, kamu perlu menentukan tujuan pembuatan konten. Mungkin kamu ingin mengedukasi audiens, memberikan hiburan, atau tujuan lainnya. Having clear goals akan membantu kamu fokus dalam membuat konten, ya. 

2. Menentukan Look dan Voice

Setelah mempunyai tujuan yang jelas, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu menentukan tampilan (look) dan karakter suara (voice) kontenmu. Bagaimana tampilan warna dan font yang akan kamu gunakan? Tampilan yang konsisten dapat menjadi ciri khas brand-mu, lho! Voice juga akan mencerminkan karakter brand dan cara berinteraksi dengan audiens.

3. Kenali Target Audiesmu

Mengenali target audiensmu sangatlah penting, nih! Kamu bisa melakukan analisis tentang target audiensmu, mulai dari pain and gain  mereka hingga demografinya. Dengan mengenali target audiensmu, kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan preferensi mereka, ya.

4. Manfaatkan Feed, Story, dan Reels

Instagram menawarkan beragam bentuk konten, mulai dari feed, story, IGTV, hingga reels. Manfaatkan semua bentuk konten ini agar target audiensmu tidak bosan dengan konten yang monoton. 

5. Menggunakan Teknik Copywriting

Saat membuat konten, pastikan kamu memperhatikan dan menggunakan teknik copywriting yang menarik. Headline konten perlu dipikirkan dengan baik karena ini yang pertama kali dilihat audiens. Pastikan informasi dalam konten ditulis dengan jelas dan manfaatkan caption untuk penjelasan tambahan. 

6. To be Creative

Jadilah orang kreatif yang membuat konten. Kamu bisa memilih topik yang beragam dan manfaatkan fitur Instagram untuk berkreasi. Misalnya, untuk brand fashion wanita, kamu bisa membuat konten games di story, fun fact di feed, atau inspirasi OOTD (Outfit ff The Day) dengan menggunakan reels. 

7. Membuat Jadwal Posting Konten yang Konsisten

Konsistensi adalah kunci dalam membuat konten. Buatlah jadwal posting yang konsisten agar audiensmu mengetahui waktu waktu kontenmu diunggah. Dengan adanya konsistensi ini, target audiensmu akan melihat keaktifan dan keseriusanmu dalam menyajikan konten.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan lebih siap untuk menyajikan cara membuat konten digital yang menarik dan konsisten di Instagram, ya.

Baca Juga: Konten yang Menarik: Jenis dan Etika

Bagaimana cara membuat konten yang menarik?

Cara Membuat Konten yang Menarik di TikTok

Setelah mengetahui cara membuat konten menarik di Instagram, pastinya akan lebih seru jika kita membahas cara membuat konten menarik di TikTok. Bagi kamu yang masih baru menggunakan aplikasi TikTok, kamu bisa membuat konten menarik dan masuk ke FYP (For Your Page). Bagaimana caranya? Yuk, simak di bawah ini, ya! 

1. Atur Pencahayaan dengan Baik

Pencahayaan merupakan salah satu kunci penting dalam membuat konten TikTok yang menarik. Pastikan menggunakan pencahayaan yang tepat untuk membuat kontenmu terlihat lebih keren dan menarik. 

2. Memilih Lagu yang Hits dan Trending

Pemilihan lagu juga sangat berpengaruh pada pembuatan konten di TikTok, lho! Pilihlah lagu yang sesuai dengan kontenmu. Lagu yang sedang trending bisa membuat kontenmu lebih mudah masuk ke FYP. 

3. Manfaatkan Teknik Cinematography

Meskipun masih pemula, tidak ada salahnya mencoba beberapa teknik cinematography, nih! Teknik ini akan memberikan kesan jika konten yang kamu buat lebih berkelas, terlihat bagus, dan profesional, sehingga memiliki peluang besar muncul di FYP dan mendapatkan banyak views dan likes.  

4. Mengedit Konten dengan Aplikasi Editor

Untuk membuat konten yang menarik di TikTok, kamu bisa menggunakan aplikasi editor untuk menambahkan animasi, efek, dan filter pada kontenmu. Cara ini akan membuat kontenmu terlihat lebih estetik dan menarik perhatian audiens.  

Beberapa aplikasi editing yang bisa kamu coba, antara lain CapCut, Kinemaster Pro, Vizmato, Funimate, VN, dan Inshot. Dengan mengikuti tips di atas, kontenmu diharapkan bisa dengan mudah masuk ke FYP dan menjadi viral. 

Baca Juga: Apa Itu Content Plan dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara Membuat Konten yang Menarik di Toko Online

Selain di Instagram dan TikTok, kamu juga perlu membuat konten menarik di toko online bisnismu, lho! Tak hanya platform media sosial saja yang membutuhkan konten menarik, tapi toko online milikmu pun membutuhkannya. Cara membuat konten menarik di toko online, yakni: 

1. Mengenali Target Audiensmu

Sebelum membuat konten, langkah pertama harus kamu lakukan adalah menganalisa target audiens dari bisnismu secara online. Cobalah untuk menentukan profil mereka, pahami pain and gain mereka, dan kumpulkan informasi info cara mereka biasanya berinteraksi dan melakukan sesuatu secara online. Semua ini akan membantu kamu dalam membuat konten yang lebih relevan dan menarik. 

2. Menetapkan Tujuan Kontenmu

Penting bagi bagi untuk mengetahui tujuan yang ingin kamu capai lewat konten bisnismu. Tujuan konten harus spesifik, terukur, tercapai, relevan, dan ada batas waktunya (SMART). 

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan, nge-expand brand, atau bikin pengguna lebih engaged, kamu bisa mengetahuinya dari tujuan kontenmu ini. Pasalnya dengan tujuan konten yang jelas,  kontenmu akan lebih efektif dan fokus. 

3. Riset Kata Kunci yang Tepat

Riset kata kunci atau keyword itu langkah penting untuk bikin konten yang menarik dan bisa dioptimalkan pada mesin pencari. Cobalah untuk memakai alat pencarian kata kunci untuk mencari kata kunci yang relevan dengan bisnismu. 

Lihat juga volume pencarian dan persaingan kata kunci untuk memilih kata kunci yang pilih yang tepat. Dengan memilih kata kunci yang spesifik dan relevan, tentunya kontenmu akan muncul di hasil pencarian halaman paling depan, ya. 

4. Membuat Content Plan 

Setelah mengetahui target audiens dan tujuan kontenmu, langkah selanjutnya adalah membuat content plan (rencana konten) yang menarik. Kamu bisa menentukan jenis konten yang tepat buat toko online kamu, misalnya artikel blog, video, infografis, atau mem-posting di media sosial. 

Pastikan konten yang dibuat relevan dan bermanfaat untuk target audiensmu. Bangunlah struktur konten yang menarik dan mudah diikuti. Selain itu, kamu perlu menggunakan gaya penulisan yang sesuai dengan bisnismu, ya. 

5. Optimalkan Konten Bisnismu dengan SEO

Membuat konten bisnis online-mu akan lebih mudah dengan menggunakan SEO. Caranya dengan memasukkan kata kunci ke judul, paragraf awal, dan bagian penting lainnya di kontenmu.

Buatlah judul dan meta deskripsi yang menarik dan optimalkan kata kunci yang sudah kamu pilih. Penting untuk diperhatikan, bahwa kecepatan dan pengalaman pengguna situs website bisnismu untuk meningkatkan peringkat SEO konten, ya. 

6. Memadukan Media Visual

Media visual, seperti visual image/photo dan video, bisa membuat kontenmu lebih menarik dan audiens lebih engaged. Pakailah visual image/photo dan video yang relevan dan resolusi tinggi untuk membantu menjelaskan informasi yang kamu sampaikan dari kontenmu.

Pertimbangkan juga  untuk memasukkan infografis, grafik, atau ilustrasi yang diharapkan informasi dari konten tersebut tersampaikan dengan baik kepada audiens. Tak lupa untuk membuat kualitas visual dan pemilihan warna sesuai dengan brand-mu sehingga menarik perhatian audiens. 

7. Promosi dan Distribusi Konten Bisnismu

Konten yang bagus tak akan sia-sia jika tidak dipromosikan dan didistribusikan dengan baik. Kamu bisa mencari tahu saluran pemasaran yang tepat untuk menyampaikan ke target audiensmu, misalnya dengan memilih saluran marketing media sosial, email marketing, atau online platform, dan lainnya. 

Bagikan kontenmu secara konsisten dan sebaiknya berinteraksilah dengan audiens lewat saluran marketing ini, ya. Jangan lupa melibatkan influencer atau mitra bisnis untuk menambah jangkauan konten dan meningkatkan brand exposure.

Aplikasi majoo ads

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa membuat konten, khususnya untuk marketing, memang butuh perjuangan dan waktu yang tak sebentar, bukan? 

Dampak dari pembuatan konten yang menarik dan bagus  bisa membawa banyak keuntungan, mulai dari meningkatkan brand awareness, citra positif, hingga meningkatkan penjualan. Pasti kamu penasaran ingin mencoba membuat konten yang menarik seperti di atas, bukan? 

Nah, bagi kamu yang memiliki bisnis dan ingin meningkatkan penjualan dengan iklan digital, kamu bisa menggunakan aplikasi majo yang mempunya layanan majoo Ads. Layanan ini merupakan  pembuatan konten dan iklan digital yang akan menjangkau lebih banyak pelanggan dan tentunya meningkatkan sales. 

Selain itu, kamu juga bisa menikmati banyak fitur menarik lainnya dan bisa membantu semua operasional bisnismu, lho! 

Yuk, berlangganan aplikasi majoo segera untuk bisnismu yang lebih maju, ya!

 

Sumber Data:

  • https://glints.com/id/lowongan/cara-membuat-konten-berkualitas/

  • https://www.dewaweb.com/blog/cara-membuat-konten-instagram/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo